Sukses

5 Fakta Virus Corona, Ketahui Cara Mencegah Penularannya

Mulai tersebar di Tiongkok, kini virus corona sudah menular sampai Amerika Serikat

Liputan6.com, Jakarta Dunia sedang dihadapkan dengan masalah kesehatan baru. Yaitu sebuah virus baru yang menyerupai dengan SARS. Sebuah wabah virus yang 17 tahun lalu menewaskan 800 orang. Virus tersebut bernama Corona. Awalnya virus ini tersebar di Tiongkok. 

Sampai saat ini banyak sekali kabar mengenai penyebaran virus ini. Bahkan virus Corona ini sudah mencapai Amerika Serikat, usai warganya pulang dari Wuhan, Tiongkok dan positif terinfeksi virus Corona.

Selain Amerika Serikat, banyak negara tetangga Tiongkok yang mewaspadai penyebaran virus ini. Semua bandara yang berhubungan dengan kedatangan penumpang dari Tiongkok pun diperiksa dengan pemindaian termal yang wajib dilakukan oleh semua penumpang yang turun di Bangkok.

Selain penjagaan ketat, terdapat pula negara yang menutup bandaranya untuk kedatangan turis. Seperti yang dilakukan oleh Korea Utara.

Berikut Fakta-Fakta virus corona, cara penularan dan cara menceganya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Virus Corona diduga mirip dengan virus SARS dan sistem pernapasan

Dikutip dari Merdeka, Kamis (23/1/2020) virus Corona merupakan jenis "keluarga besar" dari virus yang menyebabkan infeksi. Yaitu mulai dari flu biasa hingga SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang merupakan sindrom pernapasan akut parah.

Ada pula virus yang menyebabkan penyakit yang tidak terlalu parah, tetapi ada juga beberapa penyakit yang jauh lebih parah seperti yang menyebabkan MERS (Middle East Respiratory Syndrome).

Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, virus ini pun mengarah pada virus Corona sebagai patogen yang menjadi penyebabnya.

3 dari 6 halaman

2. Sumber virus Corona, pertama kali muncul di Kota Wuhan, Tiongkok bagian tengah

Kasus pertama ditemukannya infeksi virus Corona ini di Wuhan, Tiongkok bagian tengah. WHO pun mennyatakan bahwa kemungkinan hewan yang menjadi sumber utama dari virus corona ini. Namun tak menutup kemungkinan bahwa penularan terhadap manusia dapat terjadi.

Mengutip dari Merdeka, Kamis (23/1/2020) Dokter spesialis Erlina Burhan dari Pokja Infeksi Pengurus Pusat PDPI juga mengatakan, kasus pneumonia berat ini dimulai dari sebuah pasar ikan yang juga menjual unggas di Wuhan, Tiongkok.

4 dari 6 halaman

3. Negara yang sudah terjangkit virus Corona

Sejumlah negara memang langsung mewaspadai virus Corona beberapa waktu terakhir ini. Berbabagi reaksi dari negara-negara di sekitar Tiongkok pun menggunakan caranya masing-masing.

Baik itu dengan menutup kedatangan turis asing hingga melakukan pemindaian termal secara wajib. Namun selain Tiongkok, sudah ada beberapa negara yang sudah terjangkit virus Corona. Seperti Korea Selatan, Thailan, Jepang dan Amerika Serikat.

5 dari 6 halaman

4. Penularan virus Corona dari manusia ke manusia

Virus Corona yang pada awalnya diduga berasal dari hewan. Kini sudah dinyatakan bahwa virus ini dapat menular dari manusia ke manusia yang sudah terinfeksi. Virus itu, yang pertama kali diidentifikasi di kota Wuhan di China tengah, diketahui telah menginfeksi hampir 300 orang dan telah menyebar ke setidaknya sejumlah negara lain.

"Saat ini, bisa dinyatakan secara afirmatif bahwa ada fenomena penularan dari manusia ke manusia," kata Zhong Nansan, kepala tim peneliti yang melakukan studi pada koronavirus pneumonia ini, dilansir dari Science Alert Kamis (23/1/2020).

6 dari 6 halaman

5. Cara mencegah penularan virus Corona yang dilakukan seperti mencegah virus MERS

Untuk mencegah terjangkitnya virus yang sedang menjadi ancaman dunia. Alangkah lebih baik untuk mencegah sebuah penyakit daripada mengobati dengan cara:

1. Selalu jalankan pola hidup sehat

2. ‎Menjaga kebersihan perorangan

3. Rajin Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Bila tangan tidak tampak kelihatan kotor, gunakan antiseptik

4. Bila diperlukan gunakan masker bila Anda sedang dalam kondisi tidak fit, memiliki penyakit kronik dan berada di kerumunan orang

5. Mematuhi praktek – praktek pengamanan makanan seperti menghindari daging yang tidak dimasak atau penyediaan makanan dengan kondisi sanitasi yang baik serta mencuci buah dan sayuran dengan benar

6. Menghindari kontak yang tidak perlu dengan hewan diternakkan, hewan peliharaan dan hewan liar.

 

Sampai saat ini belum ada vaksin khusus untuk virus Corona yang muncul dari Wuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini