7 Manfaat Puasa Senin Kamis bagi Kesehatan, Sehatkan Jantung

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 21 Jan 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 21 Jan 2020, 15:00 WIB
[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah, dan Buka Puasa Hari ke-8, 24 Mei 2018

Liputan6.com, Jakarta Manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan dapat dilihat secara nyata. Puasa Senin Kamis merupakan ibadah puasa sunah yang umum dilakukan. Puasa ini merupakan salah satu puasa sunah yang sering dikerjakan Rasulullah.

Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam bersabda, " Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa." (HR. Tirmidzi)

Banyak orang melakukan puasa Senin Kamis untuk memperoleh keberkahan Allah. Namun, selain keberkahan, ada juga manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan. Masih banyak yang tidak mengetahui manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan. Padahal manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan begitu penting.

Manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan ini seperti mencegah penyakit, detoksifikasi, dan menurunkan berat badan. Manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan juga tak bisa dianggap remeh. Berikut 7 manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa(21/1/2020).

2 dari 8 halaman

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Doa Ramadan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Manfaat puasa Senin Kamis yang pertama adalah membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Selain berolahraga, cara mengeluarkan racun ini adalah dengan berpuasa. Saat seseorang berhenti mengonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, racun dapat dikeluarkan dengan efektif.

Pengeluaran racun bisa melalui keringat, buang air kecil, atau saat buang air besar. Jika racun-racun tersebut sudah keluar, maka tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar.

3 dari 8 halaman

Menurunkan kadar lemak

Ilustrasi lemak perut (Foto: iStock)
Ilustrasi lemak perut (Foto: iStock)

Lemak berlebih dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai masalah seperti kolesterol dan jantung. Oleh karena itu, kelebihan lemak dalam tubuh harus dihilangkan. Salah satu manfaat puasa Senin Kamis adalah membantu menghilangkan lemak tak sehat.

Saat berpuasa, tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi. Dengan begitu, lemak berlebih akan berkurang dan tubuh akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol.

4 dari 8 halaman

Mengistirahatkan organ pencernaan

Manfaat Kacang Polong
Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Sistem pencernaan sangat sibuk dan membutuhkan energi dalam jumlah besar. Sistem pencernaan bahkan dapat mengalirkan energi yang dibutuhkan untuk penyembuhan, perbaikan dan pemeliharaan umum tubuh. Karena itu, masuk akal untuk memberinya istirahat sesekali.

Sistem pencernaan manusia juga perlu istirahat dalam waktu tertentu agar bisa bekerja maksimal. Saat berpuasa senin kamis, pencernaan secara rutin akan beristirahat dari tekanan mencerna makanan.

Dengan begitu fungsi sistem pencernaan akan terus terjaga kinerjanya. Sistem pencernaan yang sehat akan membuat Anda jauh dari penyakit pencernaan seperti masalah lambung, sembelit, diare, dan masih banyak lagi.

5 dari 8 halaman

Mengontrol gula darah

Ilustrasi Gula Darah
Ilustrasi Gula Darah (sumber: iStockphoto)

Manfaat puasa Senin Kamis dapat mengatur tingkat gula darah. Puasa akan membuat tubuh menghancurkan glukosa untuk mendapatkan energi. Hal ini akan menurunkan produksi insulin tubuh. Hasilnya tubuh akan mengalami penurunan gula darah. Puasa Senin Kamis secara rutin juga mencegah lonjakan gula darah.

Manfaat puasa akan membantu mengurangi resistensi insulin. Mengurangi resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga memungkinkannya untuk memindahkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel dengan lebih efisien.

6 dari 8 halaman

Sehatkan jantung

Ilustrasi jantung
Sehatkan jantung (Foto: shutterstock)

Manfaat puasa Senin Kamis dapat menurunkan resiko aterosklerosis yakni penyumbatan arteri karena partikel lemak. Saat puasa pun lemak akan digunakan sebagai cadangan energi. Hormon adrenalin dan nonadrenalin juga akan berkurang. Hal tersebut membantu tubuh untuk menjaga metabolisme tetap stabil sehingga tekanan darah pun dapat turun.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa memasukkan puasa ke dalam rutinitas mungkin sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung. Puasa senin kamis secara rutin dapat membantu mengurangi kadar kolesterol "jahat" LDL dan trigliserida.

7 dari 8 halaman

Lancarkan metabolisme

Ilustrasi makanan sehat
Lancarkan metabolisme

Manfaat puasa Senin Kamis juga dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin. Dengan berpuasa tubuh harus bertahan berjam-jam tanpa makanan dan minuman, menggunakan sumber lemak, dan mengangkut racun dari tubuh.

Dengan berbuka menggunakan makanan bergizi seimbang metabolisme akan terbangun ulang dan meningkatkan level energi. Jenis makanan yang perlu dikonsumsi saat berbuka dan sahur di antaranya adalah buah-buahan yang kaya akan serat, sayuran, gandum, protein tanpa lemak, dan air mineral.

8 dari 8 halaman

Turunkan berat badan

Manfaat Melon
Bantu Menurunkan Berat Badan / Sumber: iStockphoto

Karena melancarkan metabolisme, puasa Senin Kamis bermanfaat untuk penurunan berat badan. Puasa ternyata lebih efektif daripada pembatasan kalori untuk kehilangan lemak. Puasa sekaligus juga bisa menjaga jaringan otot tetap kuat. Puasa memang tidak akan memberikan penurunan berat badan yang drastis. Namun, apabila Anda berpuasa dan memerhatikan nutrisi yang dikonsumsi maka penurunan berat badan dapat dicapai.

Selain itu, manfaat puasa Senin Kamis juga meningkatkan lemak darah dan membantu menurunkan berat badan. Archana Baju, seorang ahli diet klinis, mengatakan bahwa selama berpuasa, sel-sel ditekan dan hal tersebut dapat membantu menurunkan berat badan. Ahli diet dari Burjeel Hospital, Abu Dhabi ini juga mengatakan bahwa puasa dapat membantu menjaga kadar gula dan kolesterol darah.

Lanjutkan Membaca ↓