Sukses

12 Tempat Wisata di Ternate, dari Alam hingga Sejarah

Ternate menawarkan destinasi menarik hati.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Ternate punya beragam pilihan mulai dari sejarah, alam, hingga religi. Ternate merupakan sebuah pulau di Maluku Utara. Selama berabad-abad, Ternate adalah pusat benteng Portugis dan VOC Belanda untuk perdagangan rempah-rempah.

Kini Ternate berkembang sebagai kota yang penuh pesona wisata. Pulau Ternate sebagian besar bergunung dan berbukit hijau. Ternate juga menyimpan catatan sejarah sejak masa kolonialisme. Ini membuat tempat wisata di Ternate punya beragam pilihan. Tempat wisata di Ternate didominasi wisata alam yang eksotis dan asri. Tak cuma itu, tempat wisata di Ternate juga menyuguhkan pengalaman sejarah yang tak terlupakan.

Tempat wisata di Ternate bisa jadi pilihan berlibur di Maluku Utara. Beragam tempat wisata di Ternate menyuguhkan pesona kota Ternate yang unik dan memanjakan mata. Berikut tempat wisata di Ternate yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat wisata di Ternate: Wisata Pantai

Pantai Falajawa

Pantai Falajawa memiliki lokasi yang sangat strategis, tepatnya di Jl. Pahlawan Revolusi, Muhajirin, Ternate Tengah. Berlokasi di pinggir jalan besar, pantai ini menjadi destinasi favorit masyarakat. Di pantai ini juga terdapat landmark kota Ternate berupa tulisan balok Ternate yang banyak dijadikan latar belakang foto. Di sini pengunjung bisa menikmati keindahan pantai sekaligus suasana Kota Ternate yang ramai.

Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha terletak di Desa Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate. Pantai ini berpasir hitam dengan airnya yang sangat jernih. Wilayah pantai ini biasa digunakan untuk snorkeling dan diving. Airnya yang sangat jernih membuat pengunjung dapat menyaksikan pemandangan bawah laut yang indah.

Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo berada tak jauh dari Pantai Sulamadaha. Pantai yang juga punya air yang jernih ini sangat memesona dengan latar belakang pulau Hiri. Pantai ini juga memiliki pesona bawah laut yang luar biasa indah dengan ragam terumbu karang dan biota laut.

3 dari 6 halaman

Tempat wisata di ternate: Wisata Religi

Masjid Al Munawwar

Masjid Al Munawwar dibangun di bibir pantai yang menjadikan masjid ini ikon kota Ternate. Masjid Al Munawwar juga kerap disebut masjid terapung karena dari kejauhan masjin ini terlihat terapung di atas permukaan laut. Masjid ini dibangun pada lahan seluas 6000 hektare dengan kapasitas 15 ribu orang.

Keraton Kesultanan Ternate

Keraton Kesultanan Ternate merupakan salah satu peninggalan kerajaan Islam tertua di Nusantara. Menurut cerita, Kesultanan Ternate didirikan oleh Baab Mashur Malamo pada tahun 1257. Keraton ini dibangun dengan gaya arsitektur Cina. Bangunan Keraton Kesultanan Ternate kini dijadikan museum dan dapat dikunjungi oleh masyarakat.

4 dari 6 halaman

Tempat wisata di Ternate: Wisata Benteng

Benteng Tolukko

Benteng Tolukko adalah benteng peninggalan Portugis yang berada di Kelurahan Sangadji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate. Letak Benteng Tolukko mengikuti kontur bukit batuan dengan latar belakang ke arah Pulau Halmahera, Tidore dan Maitara. Letak yang strategis memudahkan untuk memantau kedatangan kapal dan mengerahkan pasukan ke pantai. Hingga kini bangunan Benteng Tolukko masih berdiri kokoh dan dijadikan destinasi sejarah wisatawan.

Benteng Kalamata

Benteng Kalamata juga merupakan benteng peninggalan Portugis. Benteng ini juga disebut Benteng Kayu Merah karena berada kelurahan Kayu Merah, Kota Ternate Selatan. Benteng Kalamata berada di garis pantai dan bagian belakang benteng terlihat pulau Tidore dan Maitara.

Benteng Oranje

Benteng Oranje adalah benteng peninggalan Belanda yang berada di pusat Kota Ternate. Benteng ini telah melalui proses revitalisasi oleh pemerintah setempat sehingga menjadi tempat wisata yang menarik banyak pengunjung.

5 dari 6 halaman

Tempat wisata di Ternate: Wisata Danau

Danau Tolire

Danau Tolire merupakan salah satu objek wisata unggulan di Pulau Ternate Provinsi Maluku Utara. Danau ini berada di kaki gunung api Gamalama. Danau Tolire Besar berbentuk seperti Loyang raksasa dan memiliki Luas sekitar 5 hektar. Danau ini terbagi menjadi dua bagian, Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil yang berjarak 200 meter. Ada satu aktivitas unik yang wajib dilakukan ketika mengunjungi danau ini. Dipercaya jika melempar sesuatu ke danau, bagaimana pun kuatnya lemparan dengan menggunakan batu atau benda lain, tidak akan pernah menyentuh air danau.

Danau Ngade

Danau Ngade merupakan tempat wisata di Ternate yang sangat terkenal. Danau ini memiliki keunikan tersendiri karena letaknya sangat dekat dengan pantai. Panorama danau Ngade bisa dilihat dari ketinggian bukit. Dari sini pengunjung akan disuguhkan pemandangan danau yang dikelilingi pepohonan hijau yang berbatasan dengan laut lepas dengan latar belakang Pulau Maitara dan Pulau Tidore.

6 dari 6 halaman

Tempat wisata di Ternate: Wisata gunung dan pulau

Gunung Gamalama

Gunung Gamalama adalah tempat wisata di Ternate yang tak boleh terlewatkan. Gunung ini adalah salah satu Gunung vulkanik tertinggi di Indonesia. Salah satu aktivitas terkenal di Gunung Gamalama adalah Ron Gunung atau mengelilingi kaki gunung. Kegiatan ini menempuh jarak kurang lebih 44 kilometer dengan mengunjungi berbagai destinasi yang ada di kaki Gunung Gamalama mulai dari benteng, keraton, danau dan banyak lagi.

Pulau Hiri

Pulau Hiri berada di sebelah utara Pulau Ternate. Pulau ini memiliki potensi wisata yang tak kalah indah dari wisata yang ada di Pulau Ternate. Di sini terdapat Pantai Tomajiko dengan batuan eksotis yang menjulang tinggi. Deburan ombak yang menghantam batu memberi suasana tenang dan damai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini