7 Pesona Taman Wisata Maribaya Bandung, Destinasi Alam yang Menyejukkan

Oleh Husnul Abdi pada 20 Jan 2020, 21:06 WIB
Diperbarui 20 Jan 2020, 21:06 WIB
The Lodge Maribaya

Liputan6.com, Jakarta Taman wisata Maribaya Bandung menjadi salah satu destinasi alternatif liburan yang menyenangkan. Maribaya Bandung merupakan pilihan tepat bagi kamu yang ingin merasakan kesejukan pegunungan di wilayah Bandung Barat. 

Taman Wisata Maribaya Bandung ini berada di kawasan Taman Hutan Raya Juanda yang memberi kesan alam menyejukkan dengan pepohonan pinus dan udara khas pegunungannya. Selain itu Maribaya Bandung merupakan destinasi yang mudah dijangkau dari Kota Bandung. Kawasan ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Taman wisata Maribaya Bandung terdiri dari berbagai destinasi yang lengkap. Berada di sebelah timur Lembang, lokasinya yang berupa pegunungan membuat tempat ini memiliki potensi wisata alam yang asri dan menyejukkan. Ada beberapa tempat yang dapat dikunjungi di kawasan wisata Maribaya Bandung.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/1/2020) tentang taman wisata maribaya bandung

2 dari 4 halaman

The Lodge Maribaya dan Curug Maribaya

Curug Maribaya
Curug Maribaya (sumber: disparbud.jabarprov)

The Lodge Maribaya

Destinasi pertama yang bisa kamu kunjungi di taman wisata Maribaya Bandung adalah The Lodge Maribaya, yang dikenal sebagai wisata kekinian di kawasan Maribaya. The Lodge Maribaya merupakan tempat wisata outdoor yang menawarkan berbagai fasilitas menarik. Tempat ini menjadi tujuan andalan para wisatawan yang berlibur ke Lembang Bandung.

Terdapat beragam aktivitas yang bisa dilakukan di salah satu destinasi di taman wisata Maribaya Bandung ini. Di sini pengunjung bisa berkemah, bersepeda mengelilingi hutan pinus, atau berfoto di wahana yang instagramable. Wahana ini menjadi tempat foto yang paling banyak diminati dengan beragam bentuk seperti balon udara, zip bike, sky swing dan masih banyak lagi.

Curug Maribaya

Taman wisata Maribaya Bandung selanjutnya dan merupakan lokasi wisata yang paling dikenal di Maribaya adalah air terjunnya yang masih asri. Curug Maribaya berada di Kampung Cikondang, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Curug Maribaya dialiri oleh dua sungai yaitu sungai cigulung dan cikawari.

Di kawasan ini pengunjung dapat menyaksikan 3 air terjun sekaligus yaitu curug cikawari, curug cigulung, dan curug cikoleang. Curug Maribaya menawarkan suasana asri dengan suara gemercik air yang segar. Pengunjung juga bisa turun ke air terjun untuk bermain air.

3 dari 4 halaman

Curug Omas Maribaya, Kebun Begonia, dan Tebing Keraton

Bandung
Tebing Keraton, Bandung. (pergidulu.com)

Curug Omas Maribaya

Tak cuma curung Maribaya, di kawasan taman wisata Maribaya Bandung ini wisatawan juga bisa menikmati keindahan air terjun Omas Maribaya yang satu lokasi dengan Taman Hutan Raya Juanda. Lokasinya tak jauh dari curug Maribaya membuat orang kerap salah menganggap dua curug ini sama.

Curug Omas merupakan air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 30 meter dengan kedalaman air mencapai 10 meter. Curug ini juga merupakan titik pertemuan antara dua sungai Cikawari dan sungai Cigulun yang menjadi satu aliran yang disebut sungai Cikapundung Hulu.

Curug Omas Maribaya tak cuma bisa dinikmati keindahannya dari bawah, di kawasan hutan raya ini pengunjung bisa menyaksikan keindahan curug dari atas jembatan yang membentang di atas air terjun.

Kebun Begonia

Wisatawan juga bisa menikmati hamparan kebun bunga di taman wisata Maribaya Bandung ini, tepatnya di Kebun Begonia. Kebun ini memiliki ragam bunga yang begitu memanjakan mata. Terdapa bunga Balinea, sejenis Begonia yang berasal dari Bali. Selain itu ada pula jenis bunga lain seperti salvia, impatiens, geranium, dan celosia.

Penataan kebun diatur semenarik mungkin untuk memberi kenyamanan bagi pengunjung. Bunga yang penuh warna dan bentuk menjadi objek foto yang instagramable. Pengunjung dapat dengan bebas mengabadikan momennya dengan latar belakang bunga-bunga yang segar. Terdapat pula taman bunga aneka warna dan spot foto menarik.

Tak hanya keindahan bunga yang dapat dinikmati, di sini pengunjung juga bisa bersantai ditemani dengan udara sejuk khas Lembang, Bandug. Tempat ini juga memiliki fasilitas menarik lain seperti outbound, wisata petik buah, hingga kafe.

Tebing Keraton

Tak jauh dari kawasan taman wisata Maribaya Bandung, wisatawan bisa mampir ke Tebing Keraton yang berlokasi di dalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda. Tebing Keraton merupakan kawasan tebing terjal dengan pemandangan super indah. Dari atas tebing, pengunjung bisa menyaksikan hijaunya Taman Hutan Raya Juanda.

Keindahan Tebing Keraton juga dipercantik dengan latar belakang gunung Tangkuban Perahu yang menyejukkan. Tebing Keraton menjadi tempat eksis untuk berfoto instagramable. Waktu yang paling tepat mengunjungi Tebing Keraton adalah saat menjelang matahari terbit.

4 dari 4 halaman

Maribaya Nature Hot Spring Resort dan Sky Bridge Tapak Halimun

Maribaya Nature Hot Spring Resort

Maribaya juga dikenal dengan pemandian air panasnya. Banyak orang mengunjungi taman wisata Maribaya Bandung ini untuk menikmati pemandian air panas di Maribaya Nature Hot Spring Resort. Tempat ini cukup populer bagi warga Bandung yang ingin merasakan sensasi pemandian air panas. Lokasi pemandian ini sudah lama ada dan direnovasi kembali pada 2015 silam dengan konsep yang lebih modern namun tetap natural.

Di sini pengunjung bisa merasakan berendam di air panas dengan kandungan belerang alami. Dipercaya air di pemandian ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Tak ayal lokasi ini tak pernah sepi pengunjung. Maribaya Nature Hot Spring Resort berada di Jl. Maribaya No.105/212 Lembang Bandung.

Sky Bridge Tapak Halimun

Destinasi di taman wisata Maribaya Bandung selanjutnya adalah Sky Bridge Tapak Halimun yang masih berada di dalam tempat wisata Hot Spring Resort Maribaya. Di tempat ini, kamu bisa mengunjungi berbagai tempat yang disediakan, seperti rumah hobbit, serta pemadangan air terjun yang menyejukkan mata.

Jembatan Tapak Halimun ini memiliki panjang sekitar 200 meter dan membuat kamu dapat melihat indahnya pemandangan taman wisata Maribaya Bandung dari atas. Jembatan ini juga dijadikan sebagai salah satu spot favoritnya para pengunjung untuk berfoto.

Lanjutkan Membaca ↓