7 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Durian

Oleh Husnul Abdi pada 16 Jan 2020, 19:30 WIB
Diperbarui 16 Jan 2020, 19:30 WIB
Durian
Perbesar
Durian. (NICHOLAS YEO / AFP/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta Beberapa makanan dan minuman tidak boleh dimakan bersamaan dengan durian. Hal ini disebabkan karena berbagai kandungan pada durian dan makanan dan minuman tersebut yang dapat menyebabkan berbagai masalah terhadap tubuh.

Apalagi dengan cita rasa buah durian yang begitu enak, bisa membuat orang yang mengonsumsinya ketagihan. Terlalu berlebihan mengonsumsi durian tentu akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, apalagi jika ditambah dengan makanan dan minuman yang tidak sehat.

Makanan dan minuman yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan durian biasanya memiliki kandungan yang sama dengan durian. Karena itu, efek dari mengonsumsi durian dengan makanan tersebut akan terlalu berlebihan bagi tubuh, sehingga menyebabkan masalah kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/1/2020) beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan durian.

2 dari 4 halaman

Kopi dan Susu

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan durian. Kopi memiliki tingkat kafein yang tinggi sehingga mampu meningkatkan detak jantung. Selain itu, kopi juga bisa mengakibatkan suhu tubuh menjadi panas.

Efek yang sama juga dimiliki oleh durian, sehingga mengonsumsi makanan dan minuman ini secara bersamaan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Terutama untuk pengidap penyakit jantung.

Jadi kalau misalnya kamu mengonsumsi durian dan kopi secara bersamaan akan membuat jantung kamu terbebani dan bekerja lebih keras. Hal ini bisa membuat efek yang tidak baik diantaranya menderita insomnia berat, hipertiroidisme atau penyakit tiroid, serta memiliki riwayat serangan jantung.

Susu

Kandungan sulfur yang ada pada durian juga dimiliki oleh susu. Saat mengonsumsi durian dipadukan dengan susu, bisa membuat tubuh tidak bekerja secara maksimal ketika mengeluarkan dan menghancurkan toksin. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh John Manginang dan Hiroshi Gemma dari Tsukuba University, Jepang menghasilkan fakta bahwa kandungan tinggi sulfur yang ada dalam durian mampu menurunkan kinerja Aldehida dehydrogenase, yakni enzim yang berfungsi mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh.

Jadi saat kamu mengonsumsi durian ditambah susu, tubuh jadi tak maksimal lagi dalam mengeluarkan serta menghancurkan toksin.

3 dari 4 halaman

Daging dan Alkohol

Daging
Perbesar
Daging / Sumber: iStockphoto

Daging Sapi dan Kambing

Durian merupakan buah yang memberikan efek hangat atau panas setelah memakannya. Begitu pun daging sapi dan daging kambing. Jika keduanya dikonsumsi dalam waktu yang berdekatan, maka akan meningkatkan risiko terjadinya inflamasi atau peradangan pada tubuh.

Menjadi berbahaya juga memakan daging-dagingan ini berdekatan dengan durian ketika kamu punya gangguan pencernaan pada lambung, darah tinggi, ataupun kolesterol.

Alkohol

Alkohol menjadi salah satu minuman yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan durian. Durian mengandung zat yang bisa menghambat kinerja enzim di saluran cerna dalam mencerna alkohol.

Jika mengonsumsi durian dalam jumlah yang banyak bisa memicu efek perut kembung dan asam lambung naik, ketika ditambah minum alkohol, masalah kesehatan ini tentu akan menjadi jauh lebih parah.

4 dari 4 halaman

Kepiting, Terong, dan Soda

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Kepiting

Makanan selanjutnya yang tidak dianjurkan dimakan bersamaan dengan durian adalah kepiting. Keduanya memicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah, risiko serangan jantung, serangan stroke, hingga kenaikan kadar gula darah secara drastis.

Apabila ada seseorang yang mengidap kolesterol tinggi dan makan kepiting bersamaan dengan durian, tentunya akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kamu yang punya risiko kolesterol, hindari memakan kepiting berdekatan waktunya dengan konsumsi durian.

Terong

Sayuran memang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, begitu pula dengan terong. Namun, jangan sekali-kali makan terong bersamaan dengan durian. Sama seperti kopi, terong juga dapat menaikan suhu tubuh kamu apabila dikonsumsi. Apabila dikonsumsi secara bersamaan tentu tak baik bagi kesehatan, terutama bagi kamu yang mengidap sakit jantung.

Soda

Sama dengan kopi, soda juga mengandung kafein yang tinggi. Soda sendiri dapat meningkatkan frekuensi detak jantung pada tubuh, sehingga tidak boleh diminum bersamaan dengan durian. Selain itu, kandungan gula yang ada pada soda sangat tinggi.

Efek yang ditimbulkan dari mengonsumsi soda dan durian berlebih dapat meningkatkan tekanan darah tinggi, jantung, dan berpotensi diabetes.

Lanjutkan Membaca ↓