Sukses

Pernah Jualan Nasi Uduk, Ini 4 Fakta Cara Kevin Aprilio Kelola Keuangan

Sedari kecil, Kevin sudah memiliki bakat usaha.

Liputan6.com, Jakarta Kevin Aprilio pertama dikenal bersama grup bandnya Vierra yang kini bernama Vierratale. Bersama Vierratale, Kevin sudah menelurkan tiga judul album: My First Love (2009), Love, Love and Love (2011) dan Evolve (2016).

Terkait asmara, Kevin Aprilio akan segera menikahi kekasihnya yang bernama Vicy Melanie. Kevin dan Vicy sudah berpacaran lebih dari 4 tahun. Untuk tanggal pernikahan, Kevin masih menundanya karena masalah finansial. Kevin secara terang-terangan masih harus mengumpulkan uang untuk menikah.

Bicara tentang finansial, Kevin merupakan musikus yang pernah mengaku terlilit utang Rp 17 miliar. Meski begitu, Kevin berhasil bangkit dan melunasi semua utangnya. Diceritakan dari Addie MS, memang sedari dulu Kevin Aprilio merupakan anak yang sangat pintar mencari uang, seperti saat masih kecil ia berjualan nasi uduk.

Selain berjualan nasi uduk, masih banyak fakta lainnya tentang cara Kevin Aprilio mengelola keuangan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, empat fakta Kevin mengelola keuangan, Kamis (16/1/2020). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Jualan nasi uduk di sekolah

Menjadi anak seorang selebritas tidak membuat Kevin Aprilio malu untuk berjualan di sekolah. Saat masih di bangku sekolah dasar, pria kelahiran 7 April 1990 berjualan nasi uduk di sekolah. Sepulang sekolah, Kevin selalu bisa membawa uang Rp 20 ribu bahkan Rp 50 ribu.

"Uang jajannya dia abisin buat beli nasi uduk di warung pinggir jalan, dia bawa, taruh di loker. Kan gurunya beberapa bule-bule ya, jadi langganannya. Setiap pulang sekolah dia bawa uang Rp 50 ribuan, Rp 20 ribuan, selalu duitnya jadi banyak. Itu bakat bisnisnya ternyata dari situ," kata Addie MS seperti Liputan6.com kutip dari Dream.co.id, Selasa (14/1/2020).

3 dari 5 halaman

2. Menyewakan topi

Tidak hanya menjual nasi uduk, putra Addie MS tersebut juga menyewakan topi. Topi tersebut biasanya disewa saat jam olahraga karena saking panasnya. Perilaku jualan di sekolah itulah yang membuat Addie MS mengakui kalau putranya sangat berbakat dalam bisnis

"Misalkan olahraga enggak ada yang bawa topi gitu ya, kalau ada job kan sering dapat suvenir, dia bawa, dia sewain Rp 500 perak," tutur Addie seperti Liputan6.com kutip dari Dream.co.id, Selasa (14/1/2020).

4 dari 5 halaman

3. Kerja serabutan demi lunasi utang 17 miliar

Beberapa waktu lalu, Kevin Aprilio buka-bukaan terkait pengalaman pahitnya memiliki utang sebesar Rp 17 miliar. Utang sebesar itu didapatkannya di industri foreign exchange (forex) empat tahun yang lalu. Hutang yang besar tersebut hampir membuat Kevin mengakhiri hidupnya.

Kevin pun menjual semua harta kekayaan seperti tabungan, rumah hingga Ferrarinya. Tak hanya harta kekayaannya yang ia jual, Kevin juga kerja serabutan seperti menjadi marketing rumah, marketing asuransi dan masih banyak pekerjaan lainnya yang dilakukan Kevin.

"Sebenarnya ini misteri banyak yang tanya juga, gimana cara empat tahun ngumpulin 17 miliar? Sebenarnya kalau mau detail, agak kompleks ya karena memang enggak sesimpel itu. Jadi pada saat itu saya kerja serabutan. Saya sempet jadi marketingnya rumah-rumah, marketing asuransi, cobain jalan ini itu, banyak banget.

Istilahnya jadi makelar-lah ya, mediator. Sambil itu saya collecting royalti-royalti yang bisa saya kumpulkan dari RBT, dari karaoke, dari sumber-sumber musik, digitalnya juga, plus manggung," ungkap Kevin seperti Liputan6.com kutip dari KapanLagi.com (22/6/2019).

5 dari 5 halaman

4. Tak mau pernikahannya dibiayai orang tua

Terbaru, Kevin Aprilio memutuskan untuk menunda pernikahannya dengan Vicy Melanie karena sedang mengumpulkan uang. Meski orang tua ingin membantu uang pernikahan Kevin dan Vicy, keyboardist Vierratale tersebut tetap menolak bantuan orang tuanya tersebut.

"Ini Kevin pernikahannya enggak mau dibiayai oleh orangtua. Saya bilang 'Vin, enggak apa-apa, kewajiban aku, Vin. Orangtua di mana-mana memang kewajiban. Pokoknya dia tekad, 'Papa enggak boleh keluar duit, biar aku aja'," kata Addie MS di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020).

Kevin pun akhirnya lebih memilih menunda pernikahan sambil mempersiapkan keuangan agar lebih siap untuk menikah. Meski menolak bantuan orang tuanya, Addie MS cukup memaklumi dan selalu mendukung apa yang menjadi pilihan Kevin Aprilio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.