Sukses

6 Manfaat Daun Oregano untuk Kesehatan, Kaya Antioksidan

Manfaat daun oregano untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun oregano tidak hanya untuk mempercantik dan menambah rasa makanan saja, namun juga dapat digunakan untuk kesehatan. Oregano sendiri merupakan tanaman herbal yang dimanfaatkan dalam bidang kuliner sebagai garnish atau taburan makanan seperti pizza, pasta, kentang goreng, dan lain-lain. 

Setiap 100 gram daun oregano terdapat berbagai kandungan nutrisi sebagai berikut, 4,28 gram lemak, 25 miligram sodium, 1260 miligram potasium, 68,92 gram karbohidrat dan 9 gram protein, termasuk vitamin A, C, B6, kalsium, zat besi dan magnesium.

Manfaat daun oregano untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisi tersebut. Tanaman herbal dari kelas Lamiaceae family ini bisa dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatannya tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/1/2020) tentang manfaat daun oregano untuk kesehatan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Menyehatkan Pencernaan

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun oregano yang pertama adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan antioksidan dalam daun oregano. Bahkan dibanding buah-buahan dan sayuran, daun oregano mengandung antioksidan 42 kali lebih banyak. Kandungan antioksidan inilah yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Daun oregano juga mengandung asam rosmarinic dan thymol. Keduanya merupakan senyawa antioksidan yang kuat, yang diketahui dapat mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Selain itu, daun oregano juga bersifat diuretik dan bisa dipakai untuk membersihkan lendir dan melindungi tubuh dari serangan pilek, flu, sakit kepala hingga gangguan pernapasan.

Menyehatkan Pencernaan

Manfaat daun oregano selanjutnya adalah untuk menyehatkan pencernaan. Oregano mengandung banyak serat, sehingga meskipun ukurannya kecil, oregano memiliki dampak besar pada sistem pencernaan.

Serat merupakan faktor penting untuk menyehatkan pencernaan. Bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah dan sayuran, termasuk daun oregano. Ada dua jenis serat, larut dan tak larut. Serat larut berfungsi menjaga kadar gula darah tetap terkendali, sementara serat tak larut, membantu kelancaran fungsi lambung. Nah, untuk melancarakan pembuangan feses, disarankan untuk mengonsumsi 15 gram serat setiap hari.

3 dari 4 halaman

Menyehatkan Jantung dan Detoksifikasi Tubuh

Kesehatan Jantung

Manfaat daun oregano bahkan dapat menjaga kesehatan jantung. Oregano adalah bentuk alami dari asam lemak omega-3, yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Asam lemak omega-3 juga membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan pada sistem kardiovaskular, sehingga membantu mencegah aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Detoksifikasi Tubuh

Manfaat daun oregano selanjutnya adalah untuk detoksifikasi tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa oregano dapat membantu fungsi hati dan mempercepat proses pengeluaran toksin.

Oregano mengandung banyak mangan, kalsium, zat besi, vitamin K, serat, dan berbagai senyawa organik lainnya. Kandungan tersebut membuat oregano sangat baik untuk detoksifikasi tubuh.

4 dari 4 halaman

Menyehatkan Tulang dan Meningkatkan Energi

Menyehatkan Tulang

Seperti yang telah disebutkan di atas, daun oregano kaya akan kalsium, zat besi dan mineral penting untuk kesehatan tulang. Kalsium di dalamnya dapat mendukung struktur tulang, sementara vitamin D bisa meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang.

Itulah kenapa, nutrisi yang ada di daun oregano bagus untuk mengurangi risiko penyakit osteoporosis atau radang sendi.

Meningkatkan Energi

Manfaat daun oregano berikutnya adalah dapat meningkatkan energi. Kandungan mineral dan zat besi di daun oregano dipercaya bisa memanjakan tubuh dengan memberi energi sepanjang waktu, meningkatkan sirkulasi darah, membantu mengoksidasi sel dan otot tubuh jadi lebih kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.