12 Tempat Wisata di Bandung Barat, Beri Kesejukan Pegunungan

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 13 Jan 2020, 10:30 WIB
Diperbarui 13 Jan 2020, 11:15 WIB
ilustrasi pegunungan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Bandung Barat cocok jadi destinasi berlibur di Kota Kembang. Bandung Barat merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Bandung. Tempat wisata di Bandung Barat ini bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor 23.8 km atau sekitar 45 menit dari pusat Kota Bandung.

Kawasan Bandung Barat dikenal dengan pariwisatanya yang identik dengan alam pegunungan. Tempat wisata di Bandung Barat memang didominasi kawasan pegunungan yang segar dan menenangkan. Ada berbagai macam pilihan tempat wisata di Bandung Barat untuk melepas penat.

Tempat wisata di Bandung Barat yang cukup terkenal adalah Lembang dan Maribaya. Tempat wisata di Bandung Barat ini menawarkan suasana alam pegunungan dengan beragam fasilitas lengkap. Berikut 12 tempat wisata di Bandung Barat yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (13/1/2020).

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bandung Barat

Curug Omas Maribaya
Curug Omas Maribaya (sumber: Indonesiakaya)

Curug Maribaya

Curug Maribaya berada di Kampung Cikondang, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Curug Maribaya dialiri oleh dua sungai yaitu sungai cigulung dan cikawari. Di kawasan ini pengunjung dapat menyaksikan 3 air terjun sekaligus yaitu curug cikawari, curug cigulung, dan curug cikoleang.

Curug Omas

Curug Omas merupakan air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 30 meter dengan kedalaman air mencapai 10 meter. Curug ini juga merupakan titik pertemuan antara dua sungai Cikawari dan sungai Cigulun yang menjadi satu aliran yang disebut sungai Cikapundung Hulu. Curug Omas Maribaya berada satu lokasi dengan Taman Hutan Raya Juanda.

Curug Malela

Curug Malela berada di di Kampung Manglid, Kecamatan Rongga, Bandung Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan lebar kurang lebih 50 meter. Rangkaian air terjun ini membentang hingga 1 kilometer menjadikannya Niagara Mini di Bandung Barat.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bandung Barat

Orchid Forest Cikole
Foto: Ahmad Ibo/ Liputan6.com.

Kebun Begonia

Kebun Begonia memiliki ragam bunga yang begitu memanjakan mata. Kebun Begonia berlokasi di Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Terdapa bunga Balinea, sejenis Begonia yang berasal dari Bali. Selain itu ada pula jenis bunga lain seperti salvia, impatiens, geranium, dan celosia.

Tak hanya keindahan bunga yang dapat dinikmati, di sini pengunjung juga bisa bersantai ditemani dengan udara sejuk khas Lembang, Bandung. Tempat ini juga memiliki fasilitas menarik lain seperti outbound, wisata petik buah, hingga kafe.

Orchid Forest

Orchid Forest Cikole berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, menawarkan pemandangan hutan sejuk dengan bunga anggrek berbagai jenis. Orchid Forest mengusung konsep eco tourism, sport tourism, dan edu tourism. Selain melihat keindahan anggrek, pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan hutan pinus, Rabbit House, Wood Bridge, Garden of Light, dan masih banyak lagi.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bandung Barat

The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya (Huyogo Simbolon)

The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya dikenal sebagai wisata kekinian di kawasan Maribaya. The Lodge Maribaya merupakan tempat wisata outdoor yang menawarkan berbagai fasilitas menarik.

Di sini pengunjung bisa berkemah, bersepeda mengelilingi hutan pinus, atau berfoto di wahana yang instagramable. Wahana ini menjadi tempat foto yang paling banyak diminati dengan beragam bentuk seperti balon udara, zip bike, sky swing dan masih banyak lagi.

The Farmhouse

Berlokasi di Lembang, wisata ini menawarkan suasana pertanian dan perkebunan ala Eropa. Suasana pegunungan yang segar menjadi daya tarik di kawasan ini.

Di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan hewan seperti biri-biri, burung, sapi, kelinci, dan banyak lagi. Tersedia pula persewaan busana ala Eropa untuk berfoto di lokasi ini. Ada pula rumah kurcaci khas Selandia Baru yang sering dilihat di film The Hobbit. Rumah-rumah hobbit ini cocok sebagi spot instagramable.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bandung Barat

Tebing Keraton
Pemandangan dari atas Tebing Keraton (Liputan6.com / Harun Mahbub)

Tebing Keraton

Tebing Keraton berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda. Tebing Keraton merupakan kawasan tebing terjal dengan pemandangan super indah.

Keindahan Tebing Keraton juga dipercantik dengan latar belakang gunung Tangkuban Perahu yang menyejukkan. Waktu yang paling tepat mengunjungi Tebing Keraton adalah saat menjelang matahari terbit.

Puncak Ciumbuleuit

Puncak Ciumbuleuit atau yang juga dikenal dengan Punclut merupakan salah satu wisata Bandung yang patut dikunjungi saat berada di Bandung. Tak jauh dari pusat kota, kamu dapat menyaksikan indahnya Kota Bandung dari ketinggian. Tempat ini juga gratis untuk dikunjungi dan selalu indah baik siang atau malam hari.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bandung Barat

De'Ranch Lembang
De'Ranch Lembang, kawasan wisata favorit di Bandung. foto: Instagram @deranchlembang

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang berlokasi di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kawasan ini memiliki luas lebih dari 7 hektar dengan sebuah danau bernama Situ Umar.

Di sini pengunjung bisa menikmati suasana pasar apung dengan sejuknya udara pegunungan. Selain pasar apung, pengunjung juga bisa mencoba wahana seperti memberi makan angsa atau ikan, panen sayur organik, memetik stroberi, ATV, menyewa perahu kano, perahu dayung dan sepeda air.

Bosscha

Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha kerap membuka kunjungan untuk individu, kelompok, instansi, sekolah, atau organisasi.

Dalam kunjungan ini pengunjung bisa melihat cara kerja teleskop Zeiss dan mendapat informasi astronomi di ruang multimedia. Pada malam hari, pengunjung juga bisa meneropong langsung dengan teleskop portable dan teleskop Bamberg. Jadwal kunjungan bisa dilihat langsung di laman bosscha.itb.ac.id/kunjungan.

De’Ranch Lembang

De’Ranch Lembang merupakan tempat wisata di Bandung Barat populer untuk keluarga. Wahana paling populer dari De’Ranch ini adalah menunggangi kuda layaknya koboi. Bahkan tempat wisata ini juga di desain sedemikian rupa sehingga mirip peternakan kuda di ala koboi di Meksiko.

Lanjutkan Membaca ↓