Sukses

5 Ciri WhatsApp Kita Diblokir Orang Lain, Periksa dengan Teliti

Ciri WA kita diblokir bisa dilihat dengan memeriksa beberapa indikator.

Liputan6.com, Jakarta Ciri WA kita diblokir kadang memang sulit untuk disadari karena tidak ada pemberitahuan. Sangat sulit untuk mengetahui apakah pesan WhatsApp yang kamu kirimkan pada seseorang hanya diabaikan atau memang kontakmu sudah diblokir.

Cara yang sudah pasti untuk mengetahui kamu diblokir atau tidak adalah dengan menanyakan secara langsung pada orang yang kamu curigai telah memblokir kontak WhatsApp-mu. Tentunya hal ini bukanlah suatu tindakan yang mudah dan mungkin akan menjadi percakapan yang tidak mengenakkan.

Ciri WA kita diblokir bisa dilihat dengan memeriksa beberapa indikator. Dengan tanda-tanda ini, seorang pengguna WhatsApp dapat memastikan apakah ia diblokir atau tidak. Dengan mengecek beberapa tanda ini, kamu bisa memperjelas status pesanmu, apakah hanya diabaikan untuk sementara ataupun sudah diblokir untuk selamanya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (11/1/2020) beberapa ciri WA kita diblokir oleh orang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Periksa Centang Pengiriman

Salah satu ciri WA kita diblokir bisa dilihat dengan memeriksa centang pengiriman. Centang biru WhatsApp adalah cara yang bagus untuk mengetahui apakah pesan Anda telah dikirim dan apakah sudah dibaca. Ini juga merupakan petunjuk untuk mengetahui apakah kamu telah diblokir.

Satu tanda centang abu-abu berarti pesan telah dikirim, dua tanda centang abu-abu berarti pesan telah diterima dan dua tanda centang biru berarti pesan telah dibaca. Jika telah diblokir, kamu hanya akan melihat satu centang abu-abu. Itu karena pesan akan dikirim, tetapi WhatsApp tidak akan mengirimkannya ke kontak tersebut.

Bisa jadi, ini mungkin berarti bahwa pengguna tersebut telah kehilangan ponsel mereka atau tidak dapat terhubung ke Internet. Tetapi bersamaan dengan langkah pertama, kamu bisa memastikannya dengan membandingkan melalui WhatsApp teman kamu yang lain.

Jika teman kamu yang lain mendapatkan centang dua abu-abu atau biru saat mengirim pesan pada orang yang memblokir kamu, sementara kamu masih mendapat centang satu, sudah dipastikan bahwa kontak WhatsApp-mu telah diblokir.

3 dari 6 halaman

Tidak Bisa Melihat Foto Profil

Ciri WA kita diblokir selanjutnya adalah tidak bisa melihat foto profilnya. Jadi jika mereka mengubah gambar profil mereka, kamu masih akan melihat fotonya yang lama, atau bahkan tidak ada foto sama sekali.

Namun, ada beberapa pengguna yang jarang mengubah profil mereka. Jadi bagi pengguna semacam ini sulit ditelusuri menggunakan cara ini. Seperti cara pertama dan kedua, bandingkanlah tampilan profilnya dari WhatsApp teman kamu yang lain.

4 dari 6 halaman

Periksa Status (Last Seen)

'Last seen' atau 'terakhir dilihat' merupakan status dimana atau kapan seseorang menggunakan WhatsApp. Jika status sedang online di WhatsApp berarti kontak tersebut sedang membuka WhatsApp dan terhubung ke Internet.

“Last seen” di WhatsApp mengacu pada terakhir kali kontak menggunakan WhatsApp. Melalui pengaturan privasi aplikasi, pengguna dapat mengontrol siapa yang dapat melihat 'last seen' mereka. Pengguna WhatsApp harus mencatat bahwa mereka tidak dapat bersembunyi online.

Ada beberapa alasan mengapa kamu mungkin tidak dapat melihat 'last seen' pengguna lain, seperti mereka mungkin telah mengatur pengaturan privasi mereka untuk menyembunyikan informasi ini atau sebaliknya kamu mungkin telah menetapkan pengaturan privasi untuk tidak membagikan 'last seen'. Terakhir tak adanya 'last seen' mengindikasikan ciri WA kita diblokir.

Untuk memastikannya lagi, kamu bisa membandingkan tampilan 'Last seen' orang yang terindikasi memblokir kamu di WhatsApp sendiri dengan WhatsApp orang lain.

Minta teman kamu untuk membuka WhatsApp, pastikan bahwa teman kamu juga memiliki kontak dari orang yang terindikasi memblokir kamu. Setelah itu lihat apakah 'last seen' muncul atau tidak. Jika muncul, dipastikan ini merupakan ciri WA kita diblokir.

5 dari 6 halaman

Melakukan Panggilan

Ciri WA kita diblokir selanjutnya adalah tidak bisa ditelepon atau melakukan panggilan. Melakukan panggilan baik itu panggilan suara maupun video merupakan salah satu cara yang sangat ampuh apakah WhatsApp kamu telah diblokir atau tidak.

Jika panggilan masih beredering atau bahkan diangkat, tandanya kamu belum diblokir. Sedangkan jika panggilan tersebut tidak terhubung maka bisa jadi kamu telah diblokir. Namun ada juga kemungkinan pengguna tersebut tidak tersambung Wi-Fi atau data seluler untuk dapat menerima panggilan, kamu bisa memeriksanya beberapa kali agar mendapat kepastian.

6 dari 6 halaman

Coba Undang ke Grup

Ciri WA kita diblokir selanjutnya adalah tidak bisa mengundangnya ke grup. Mulailah dengan membuat obrolan baru dalam bentuk grup dan menambahkan beberapa teman ke dalamnya. Jika teman-temanmu dapat dengan mudah dimasukkan maka ini bukanlah masalah.

Sekarang coba tambahkan kontak yang terindikasi memblokir kamu. Jika dapat menambahkannya ke grup, artinya kamu belum diblokir. Namun, jika kamu mendapatkan pesan kesalahan yang mengatakan bahwa kamu tidak memiliki otorisasi untuk menambahkannya, maka sudah pasti bahwa kamu telah diblokir.

Meskipun ini mungkin merupakan kesalahan teknis atau error, jika kamu dapat menambahkan orang lain sementara pada saat yang sama tidak dapat melihat apakah pemblokir yang dicurigai sedang online atau dapat menelepon atau mengirim pesan kepada mereka, maka hampir dapat dipastikan bahwa kamu telah diblokir.

Itulah beberapa ciri WA kita diblokir yang bisa kamu lihat dan periksa sebelum secara langsumg menanyakan kepada orangnya. Setidaknya kamu tidak akan terjebak dengan percakapan yang tidak mengenakkan dengan memeriksa hal-hal tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini