Sukses

5 Fakta Terbaru Usai Makam Lina Dibongkar, Dipindah di Ujungberung

Setelah makam Lina dibongkar, dilakukan autopsi.

Liputan6.com, Jakarta Mantan istri Sule, Lina Jubaedah dinyatakan meninggal pada Sabtu (4/1/2020)) dan sudah dimakamkan. Dua hari usai dimakamkan, putra sulung Sule, Rizky Febian melaporkan ada kejanggalan di tubuh Lina. 

Memproses lebih lanjut dari laporan tersebut, pada hari Kamis (9/1/2020) polisi dengan izin pihak keluarga membongkar makam Lina. Dua anak Lina, Rizky Febian dan Putri Delina ikut hadir menyaksikan proses pembongkaran makam ibunda yang terletak di Jalan Sekelimus, Kota Bandung. 

Sule sebagai mantan suami almarhumah Lina menyerahkan segala keputusan pada sang anak sulung, Rizky Febian."Iya semua sudah diserahkan kepada Iki (sapaan akrab Rizky Febian)," ucap kuasa hukum Rezky Febian, Bahyuni Zaini saat dampingi Iki di pemakaman, Kamis (9/1/2020).'

Setelah dibongkar, jenazah Lina akan diautopsi dan dipindahkan ke pemakaman lain. Berikut Liputan6.com ulas fakta usai makam Lina dibongkar, Jumat (10/1/2020) 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Makam Lina Dibongkar untuk Autopsi

Pada Kamis (9/1/2020) makam Lina yang terletak di Jalan Sekelimus, Kota Bandung dibongkar untuk di autopsi. Dari awak media, warga turut memadati tempat peristirahatan terakhir Lina. Saat pembongkaran makam Lina, Rizky Febian dan Putri Delina pun terlihat hadir memantau keadaan.

Adik bungsu Lina, Ariani mengatakan, proses pembongkaran makam Lina dilakukan sejak Kamis pagi. Setelah itu, jenazah Lina segera dilakukan autopsi. 

"Iya benar. Sudah selesai tadi pagi," kata Ariani pada Kamis (9/1/2020)

3 dari 6 halaman

2. Proses Autopsi di Makam

Jenazah Lina mantan istri Sule langsung diautopsi di pemakaman. Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga, saat dihubungi pada Kamis, 9 Januari 2020.

"Ya, sekarang sedang dalam proses autopsi. Proses autopsinya di makam," kata Saptono Erlangga.

Autopsi Lina dimulai pukul 10.00 WIB pada Kamis, 9 Januari 2020 dan melibatkan tim dokter forensik di RS Hasan Sadikin Bandung, Polrestabes Bandung dan Polda Jabar. Autopsi dilakukan untuk memeriksa bagian luar dan dalam organ tubuh, termasuk organ jantung.

"Autopsi oleh tim forensik akan berlangsung selama kira-kira 4-5 jam. Autopsi ini sudah seizin keluarga," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga.

 

4 dari 6 halaman

3. Hasil Autopsi Keluar 2 Minggu Lagi

Menurut Saptono  Erlangga, hasil dari autopsi jenazah Lina itu akan selesai setidaknya dalam dua pekan ke depan. "Paling lama 2 minggu (hasilnya)," ujarnya lagi.

Seperti uang diketahui, Rizky Febian melaporkan kejanggalan kematian ibunya, Lina Zubaedah ke Polrestabes Bandung. Laporan ini menyusul kecurigaan Rizky ada hal yang tak wajar atas kematian ibunya. Kakak dari Putri Delina ini menduga ada lebam pada tubuh mendiang Lina.

 

5 dari 6 halaman

4. Makam dipindahkan di Ujung Berung, Bandung

Pihak keluarga Lina Zubaedah mengatakan bila setelah autopsi selesai, jenazah akan dipindahkan ke Ujung Berung. Pemindahan dilakukan agar makam Lina dekat dengan makam ayah angkatnya. Sebelumnya tempat peristirahatan terkahir Lina terletrak di di Jalan Sekelimus, Kota Bandung

"Nanti kalau sudah selesai jenazah dimakamkan lagi di Ujung Berung. Makam keluarga juga di situ. Nanti dimakamkan di samping makam ayah angkat," jelas Ariani, adik Lina, dihubungi di kesempatan berbeda.

6 dari 6 halaman

5. Belum Ada Tersangka dalam Kasus Ini

Saat ini pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan atas kematian Lina mantan istri Sule. Untuk itu, belum ada pihak yang bisa disangkakan atas kasus tersebut.

"Belum ada terlapor, jadi baru melapor adanya kejanggalan dari kematian almarhumah," ucap Kombes Pol Saptono Erlangga.

Dalam kesempatan ini, Teddy juga dimintai keterangan oleh pihak kepolisian sebagai saksi. Selama olah TKP, Teddy sendiri bersikap kooperatif. Teddy sendiri membenarkan dirinya diperiksa oleh pihak Kepolisian. "Iya udah beres (olah TKP), udah pada pulang semua," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.