Sukses

Jadi Pahlawan, Anjing Ini Selamatkan Domba dari Kebakaran Australia

Meski keselamatannya terancam, anjing ini tetap menyelamatkan domba-domba milik majikannya.

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran hutan Australia yang terjadi sejak September lalu berdampak terhadap berbagai sektor. Tidak hanya hutan yang habis dilalap si jago merah, kebakaran juga merembet ke permukiman penduduk. 

Kebakaran yang diperkirakan telah menewaskan sekitar setengah miliar satwa ini sangat sulit diatasi karena lahan yang terbakar sangat luas. Selain itu banyak warga yang kehilangan mata pencaharian karena banyak pertanian, gudang, hingga peternakan yang ikut terbakar.

Namun ada sebuah kisah heroik yang membangkitkan secercah harapan pada kebakaran ini. Kisah ini datang dari seekor anjing pekerja bernama Patsy yang berhasil menyelamatkan kawanan domba milik majikannya di lahan pertanian.

Pada saat itu pemilik Patsy yang bernama Cath Hill sedang disibukkan dengan memadamkan api dengan tangki air dan traktornya. Mengetahui hal itu, anjing jenis border collie ini langsung menyelamatkan domba-domba tersebut dari kebakaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyelamatkan domba-domba saat majikannya memadamkan api

Allow me to introduce Patsy the wonder dog. In the early hours of 31 December 2019, while fire in Corryong was bearing down them, she and my brother rounded up the sheep and brought them to the safest paddock on the farm. She then found a safe spot while my brother fought the fire with a tractor and a tank of water. Almost all sheep are safe, along with the hay bales and silage, the shearing shed, and both farm houses. My brother doesn’t do social media, but Patsy does. Great job little girl 🙂 Update 7 January 2020 - Patsy and her family are busy cleaning up the farm and helping others get sorted out. You can help too! They would love you to donate to these bushfire relief fundraising collections: https://www.wildlifevictoria.org.au/?view=article&id=145:helping-wildlife-during-bushfires&catid=11:wildlife-information https://blazeaid.com.au/donations/how-donate/ https://www.redcross.org.au/campaigns/disaster-relief-and-recovery-donate Update 5 January 2020 - Patsy is now on Instagram! https://www.instagram.com/p/B67HA-xHJSH/?igshid=126abkbj2hytc #patsythecorryongwonderdog #strongincorryong Update 4 January 2020 - Patsy’s story is spreading, so for those people who would like to donate funds to help the Upper Murray community, please support these links which are confirmed to be genuine and keep sharing Patsy’s post 🙂 https://www.parksideproduce.net.au/products/feed-for-fire-gift-voucher https://www.gofundme.com/f/xycjem-cudgewa-has-burnt?utm_source=customer&utm_medium=copy_link&utm_campaign=p_cp+share-sheet https://www.gofundme.com/f/a-little-town-and-its-community-need-some-help?utm_source=customer&utm_medium=copy_link&utm_campaign=p_cp+share-sheet

Posted by Cath Hill on Friday, 3 January 2020

Meski keselamatannya terancam, anjing berusia 6 tahun ini tetap menyelamatkan domba-domba milik majikannya. Patsy menggiring domba-domba tersebut ke tempat teraman di pertanian ketika pemiliknya memadamkan api. Berkat Patsy dan pemiliknya, hampir semua domba berhasil diselamatkan.

Tak hanya itu persediaan jerami, gudang geser, dan rumah-rumah pertanian juga terselamatkan. Berkat aksinya, Cath Hill membagikan foto anjing pahlawan itu. Ia tengah duduk di lahan pertanian yang hangus bersama domba-domba yang telah diselamatkannya dengan latar belakang langit berselimut asap pekat.

Salah satu foto juga menunjukkan situasi saat Patsy melakukan penyelamatan dengan api semakin dekat di belakangnya seakan siap membakar sekelilingnya. Setelah aksi penyelamatan yang dilakukan oleh Patsy, Cath pergi untuk memberi ucapan selamat kepadanya atas pekerjaan yang dilakukannya dengan baik. Cath juga merekam Patsy yang sedang duduk di ladang yang terbakar.

"Hai Patsy, apakah kamu bisa mendengar domba-domba itu? Itu semua pekerjaanmu, bagus sekali. Kamu juara kecil, gadis yang baik". ucap Cath Hill seperti dikutip Liputan6.com dari Metro, Kamis (8/1/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini