10 Jenis Bunga Hias Gantung yang Cantik, Bikin Rumah Lebih Indah

Oleh Husnul Abdi pada 06 Jan 2020, 12:15 WIB
Diperbarui 06 Jan 2020, 12:15 WIB
Jenis Bunga Hias Gantung
Perbesar
Jenis Bunga Hias Gantung (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Jenis bunga hias gantung bisa mempercantik tampilan rumah. Hal ini tentunya menjadi solusi bagi kamu yang ingin memperindah rumah dengan tanaman, namun rumah tak terlalu luas jika harus memajang tanaman hias di lantai.

Jenis bunga hias gantung bisa jadi alternatif memperindah rumah dan tentunya tidak memakan tempat. Kamu bisa memilih tanaman hias dengan berbagai macam warna yang indah sesuai dengan keinginan. Kamu juga tentunya harus mempertimbangkan warna rumahmu.

Jenis bunga hias gantung membuat nuansa rumah semakin segar. Rumah akan terlihat semakin asri dengan adanya bunga hias gantung di beberapa tempat yang cocok. Cara perawatannya perlu juga kamu perhatikan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/1/2020) tentang jenis bunga hias gantung.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bunga Anggrek dan Begonia

ilustrasi anggrek
Perbesar
ilustrasi anggrek (sumber: Pixabay)

Bunga Anggrek

Bunga anggrek mungkin adalah salah satu jenis bunga hias gantung yang paling digemari. Daya tariknya yang spesial dan elegan menjadikan jenis bunga hias gantung ini tampil sempurna dalam berbagai suasana. Terdapat ratusan jenis bunga anggrek.

Jenis tanaman hias gantung ini memiliki masa mekar yang melebihi masa mekar rata-rata bunga lainnya, hingga 6 minggu per masa mekarnya. Bunga Anggrek juga cocok untuk ditanami di dalam rumah, sebagai hiasan taman dalam rumah tanpa membutuhkan banyak perawatan.

Bibitnya sendiri juga cukup mudah didapatkan di Indonesia. Cukup tanam anggrek di temperatur ruang normal, rawat seadanya dan kamu akan mendapatkan rumahmu semakin cantik karenanya.

Bunga Begonia

Jenis bunga hias gantung berikutnya adalah Begonia. Begonia adalah genus dari tanaman berbunga abadi dalam keluarga Begoniaceae. Jenis bunga hias gantung ini terkenal karena bentuknya yang padat serta bentuk dari bunga hingga daunnya terlihat indah.

Terdapat hingga 1.500 jenis Begonia yang berasal dari Amerika, Afrika dan Asia Tenggara. Jenis bunga hias gantung Begonia juga cocok untuk ditanam di iklim tropis atau sub-tropis, termasuk Indonesia.

Bungan Begonia sebagai pilihan tanaman gantung sangat digemari sebagai bunga hias di beranda ataupun rumah karena bentuk daunnya yang padat dan ornamental. Rupa dedaunan jenis bunga hias gantung Begonia biasanya asimetris dan memiliki variasi warna yang memikat. Jenis tanaman hias gantung ini juga sudah kerap dijadikan sebagai hadiah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bunga Geranium dan Zygocactus

Bunga Geranium
Perbesar
Geranium / Sumber: Pixabay

Bunga Geranium

Jenis bunga hias gantung Geranium dikenal juga dengan sebutan Crane’s Bill. Geranium bisa ditemukan di hampir seluruh dunia, tetapi bunga ini berasal dari Afrika Selatan dan cocok untuk ditanam sebagai jenis tanaman hias gantung di negara tropis seperti Indonesia.

Jenis tanaman hias gantung ini cukup populer sebagai pilihan bunga hias di taman-taman depan rumah atau kebun rumah. Karakteristiknya yang menarik, yaitu bunga yang tampil dalam berbagai warna seperti merah, putih, merah mudah, biru ataupun ungu menjadikannya jenis bunga hias gantung yang menarik perhatian. Selain itu, Geranium juga bisa tumbuh mencapai 1,2 meter.

Zygocactus

Jika beberapa tanaman gantung nggak bisa terlalu sering terpapar sinar matahari, jenis bunga hias gantung Zygocactus justru akan lebih optimal pertumbuhannya karena sinar matahari. Namun, kamu perlu bersabar untuk melihat cantiknya bunga yang akan muncul.

Berasal dari famili kaktus, jenis bunga hias gantung Zygocactus membutuhkan cuaca yang cukup panas untuk bisa tumbuh dengan baik. Walaupun membutuhkan perawatan yang telaten, jenis tanaman hias gantung zygocactus bisa tumbuh lama dan awet karena sifatnya yang tahan panas.

Dari segi penampilan, jenis bunga hias gantung Zygocactus tampil beda dari jenis kaktus yang biasanya tandus, kering dan gersang. Bunganya bisa bermekaran dalam corak warna yang indah, mulai dari putih, merah, pink hingga kombinasi. Bentuknya yang tunduk ke bawah saat mekar juga menjadikannya semakin menarik jika digantung.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Petunia dan Portulaca

Petunia
Perbesar
Petunia (sumber: Unsplash)

Petunia

Jenis bunga hias gantung ini memiliki warna yang indah dan bervariasai serta mudah dipelihara.Bunga dari tanaman ini berbentuk terompet.

Untuk memastikan bahwa bunga Petunia tumbuh lebat, kamu harus menanamnya di tanah yang subur dengan kandungan air yang banyak.

Selain itu, pastikan bahwa tanaman hias gantung ini mendapatkan sinar matahari yang cukup. Untuk itu, tanaman ini lebih cocok untuk diletakkan di teras atau bagian depan rumah.

Portulaca

Jenis bunga hias gantung ini cocok ditanam di Indonesia yang memiliki iklim tropis dan hangat. Tanaman ini dikenal dengan nama Bunga Krokot. Nama lain dari tanaman ini adalah Bunga Pukul Sembilan, karena bunga ini akan mekar pada pukul sembilan dan akan berangsur layu pada saat siang.

Terdapat dua jenis Bunga Portulaca tergantung pada jenis daunnya. Daun yang berbentuk runcing lebih tahan terhadap cuaca dan lebih cocok menjadi tanaman penutup tanah.

Untuk jenis daun bulat, memiliki daya tahan terhadap cuaca yang lebih rendah dan membutuhkan perawatan ekstra. Warna dari bunga ini beragam, ada yang putih, pink, kuning, hingga ungu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tanaman Gantung Jenggot Putih dan Blaster Heart

Ilustrasi Tanaman Hias
Perbesar
Ilustrasi tanaman hias (dok. Pixabay.com/StockSnap/Putu Elmira)

Tanaman Gantung Jenggot Putih

Tanaman gantung jenggot putih atau Spanish Moss adalah tanaman yang biasa tumbuh di pepohonan. Bentuknya seperti rumput atau tali kusut yang menjuntai ke bawah, biasanya kalau di alam liar, burung menggunakannya untuk membuat sangkar, tapi laba-laba juga suka nih jadi penghuni tanaman jenggot putih.

Blaster Heart

Seperti namanya, tanaman gantung Sirih Blaster Heart ini memang masih ‘keluarga’ daun sirih. Daunnya yang berbentuk hati ini punya tekstur yang lebih licin dibanding daun sirih yang biasa kita temui ditanam di halaman luar rumah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Dischidia Geri dan Million Hearts

Tanaman Hias
Perbesar
Ilustrasi tanaman hias (instagram.com/plantsequalshappiness)

Dischidia Geri

Dischidia Geri atau terkenal dengan nama apple leaf ini memang warna keseluruhannya hijau dan dedaunan. Supaya tanaman gantung Dischidia Geri awet, hindari menggantungnya di depan jendela dan dekat pintu ya, posisikan ia jauh dari paparan sinar matahari secara langsung. Supaya tanaman gantung Dischidia Geri mu tetap happy, hindari memajangnya di tempat terpapar sinar matahari yang cukup terik ya.

Million Hearts

Tanaman gantung Million Hearts ini masih sejenis dengan Dischidia Geri. Bedanya, tanaman million hearts ini berbentuk hati. Tanaman ini juga tak bisa terkena cahaya terlalu panas, ia akan tetap cantik jika terpapar cahaya yang hangat saja, alias medium light.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya