7 Tanda-Tanda Kiamat Besar yang Sudah Terjadi di Zaman Rasul

Oleh Nisa Mutia Sari pada 04 Jan 2020, 15:25 WIB
Diperbarui 06 Jan 2020, 15:13 WIB
Tanda-tanda Kiamat Besar yang Sudah Terjadi

Liputan6.com, Jakarta Perdebatan mengenai tanda-tanda kiamat besar sudah terjadi sejak masa sahabat. Tanda-tanda kiamat besar yang sudah terjadi mungkin saja benar adanya. Ya, beberapa tanda-tanda kiamat besar pernah terjadi di zaman Rasul.

Apabila ada tanda-tanda kiamat besar yang sudah terjadi di masa sekarang, belum tentu itu menjadi tanda yang pasti. Bisa saja kejadian yang sama akan terjadi di masa mendatang karena Rasul sendiri tidak mengetahui kapan tanda-tanda tersebut terjadi.

Bisa saja kejadian yang sama akan terjadi di masa mendatang karena Rasul sendiri tidak mengetahui kapan tanda-tanda tersebut terjadi. Di balik perdebatan waktu dan urutan tanda-tanda kiamat besar yang masih belum pasti, namun tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengetahui tanda-tanda kiamat besar, terlepas itu sudah terjadi atau belum.

Berikut tanda-tanda kiamat besar yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (4/1/2020).

2 dari 5 halaman

Tanda-tanda Kiamat Kecil Menurut Islam

Tanda-tanda Kiamat Besar yang Sudah Terjadi
Tanda-tanda hari kiamat.

Tanda-tanda kiamat besar memang belum terjadi semuanya di Bumi. Bahkan bisa dibilang belum muncul sama sekali. Namun, perdebatan mengenai tanda-tanda kiamat besar pun diperkirakan pernah terjadi di zaman Rasul.

Mengimani tanda-tanda hari kiamat merupakan salah satu rukun iman selain Iman kepada Allah, Malikat, rasul, Al-Qur’an dan yang terakhir takdir baik maupun takdir buruk. Tanda-tanda kiamat kecil adalah tanda yang mendahului kiamat dalam kurun waktu yang lama dan merupakan sesuatu yang dianggap biasa. Tanda-tanda kiamat kecil sangat banyak, bahkan tanda-tanda kiamat kecil dapat dijumpai di kehidupan saat ini.

Beberapa tanda-tanda kiamat kecil tersebut sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul dan wafatnya Nabi Muhammad SAW merupakan tanda-tanda kiamat kecil yang suda ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW dan para sahabat.

Nabi Muhammad SAW diutus menjadi Rasul sebagai tanda-tanda kiamat kecil karena Nabi Muhammad SAW merupakan Nabi terakhir dan tidak akan ada lagi Nabi atau Rasul setelah beliau.

Berikut tanda-tanda kiamat kecil yang lainnya:

1. Saling berlomba-lomba meninggikan bangunan

2. Terjadinya banyak pembunuhan

3. Waktu yang berlalu terasa semakin singkat

4. Sering terjadi bencana alam seperti gempa bumi dan tanah longsor dan lain sebagainya.

5. Munculnya gaya hidup mewah dan manja di kalangan umat Islam

6. Orang Yang Baik Berkurang Sedang Yang Jahat Bertambah Banyak

7. Manusia mewarnai rambut di kepalanya dengan warna hitam supaya kelihatan muda

8. Negara Arab menjadi padang rumput & sungai

9. Pria menyerupai wanita dan wanita menyerupai pria

10. Bulan sabit terlihat besar

3 dari 5 halaman

Tanda-tanda Kiamat Besar Menurut Islam

Tanda-tanda Kiamat Besar yang Sudah Terjadi
Ilustrasi Hari Kiamat (iStock)

Tanda-tanda kiamat besar merupakan sebuah pengingat sebelum terjadinya kiamat besar. Hal ini sesuai dengan sebuah hadits dari Huzaifah bin Asid Al-Ghifari ra, yang berkata:

“Datang kepada kami Rasulullah SAW dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu beliau bersabda: “Apa yang kamu perbincangkan?”. Kami menjawab: “Kami sedang berbincang tentang hari kiamat”.

Kemudian Nabi SAW bersabda: “Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya”. Kemudian beliau menyebutkannya:

“Asap, Dajjal, binatang besar, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam Alaihissalam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia ke Padang Mahsyar mereka”. (HR Muslim)

4 dari 5 halaman

Tanda-tanda Kiamat Besar yang Sudah Terjadi

Tanda-tanda Kiamat Besar yang Sudah Terjadi
Ilustrasi (iStock)

Al-Qurthubi menyebutkan bahwa ada hadits lain yang menyebutkan tanda-tanda kiamat besar tersebut akan terjadi secara berurutan, yakni hadits Muslim dari Hudzaifah dalam riwayat yang berbeda, yang menyebutkan bahwa tanda yang pertama kali muncul adalah tiga gerhana.

Al-Qurthubi menjelaskan bahwa kejadian ini sudah pernah terjadi di masa Rasul SAW. Sedangkan tanda-tanda setelahnya masih banyak diperdebatkan urutannya. Berdasarkan kepastian urutannya masih diperdebatkan.

Begitu juga waktu kejadiannya. Ada yang menyebut bahwa sebagian sudah terjadi ada juga yang menyebutnya belum terjadi, bahkan perdebatan ini sudah terjadi pada masa sahabat. Apabila ada kejadian di masa sekarang yang sesuai dengan tanda-tanda kiamat besar yang sudah terjadi seperti disebutkan dalam berbagai hadits tersebut, belum tentu itu menjadi tanda yang pasti.

Bisa saja kejadian yang sama akan terjadi di masa mendatang karena Rasul sendiri tidak mengetahui kapan tanda-tanda tersebut terjadi.

Munculnya Asap atau Kabut yang Mematikan

Tanda-tanda kiamat besar yang sudah terjadi pertama adalah munculnya asap. Dukhan atau asap merupakan satu di antara tanda-tanda kiamat besar yang mengakibatkan penyakit seperti flu.

Penyakit akibat flu ini muncul di kalangan orang-orang beriman dan akan mematikan semua orang kafir.

Munculnya Dajjal

Tanda-tanda kiamat besar adalah munculnya Dajjal. Dajjal merupakan sosok yang diceritakan hanya memiliki satu mata dengan mata sebelah kanan yang buta.

Diceritakan bahwa Dajjal akan membawa fitnah besar yang akan merenggut keimanan sehingga banyak orang yang akan mendengar seruannya.

Munculnya Binatang Besar

Pada ayat Al-Qur’an mengatakan akan ada binatang besar yang hadir di Bumi untuk menunjukkan kekuasaan Allah SWT. Tanda-tanda kiamat besar yang sudah terjadi ini telah dijelaskan dalam ayat Al-Qur’an yang berbunyi:

“Dan apabila perkataan telah jatuuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat- ayat Kami” (Qs. An Naml ayat 82).

Matahari Akan Terbit dari Barat

Tanda-tanda kiamat besar selanjutnya adalah matahari akan muncul dari arah matahari terbenam.

5 dari 5 halaman

Tanda-tanda Kiamat Besar yang Sudah Terjadi

Tanda-tanda Kiamat Besar yang Sudah Terjadi
Ilustrasi asteroid mendekati Bumi. (Via: telegraph.co.uk)

Turunnya Nabi Isa

Dalam suart Ali Imran Ayat 55, mengatakan bahwa Nabi Isa tidaklah dibunuh oleh orang-orang Yahudi, melainkan Allah mengangkat Nabi Isa ke langit. Saat hari kiamat besar terjadi nantinya Nabi Isa diturunkan kembali ke bumi untuk membunuh Dajjal.

Munculnya Ya’juj dan Ma’juj

Tanda-tanda kiamat besar lainnya adalah munculnya Ya’juj dan Ma’juj. Kedua suku tersebut akan muncul pada akhir zaman. Mereka dikisahkan memiliki kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka Bumi.

Mereka akan berperang melawan Nabi Isa beserta pasukannya di Bukit Thursina.

Munculnya Api yang Mengumpulkan Manusia

Kiamat akan terjadi ketika api keluar dari Yaman. Nantinya api akan menggiring manusia ke Syam. Hal ini telah dijelaskan dalam hadist yang berbunyi:

“Kiamat tidak akan terjadi sampai keluar api di tanah Hijaz, yang akan menerangi leher onta daerah Bushra.” (HR. Bukhari 7118 & Muslim 2902)

Selain ketujuh tanda-tanda kiamat besar di atas, masih ada tiga tanda-tanda kiamat besar yang perlu diketahui, yaitu terjadinya tiga gerhana, di timur. Kemudian terjadinya gerhana di barat. Lalu gerhana di jazirah Arab.

 

Lanjutkan Membaca ↓