12 Tempat Wisata di Demak yang Populer, Cocok Dikunjungi Bareng Keluarga

Oleh Nisa Mutia Sari pada 04 Jan 2020, 12:15 WIB
Diperbarui 04 Jan 2020, 12:15 WIB
Tempat Wisata di Demak
Perbesar
Memasuki bagian dalam, terdapat makam raja-raja kesultanan Demak, Raden Patah dan Pati Unus (Liputan6.com/Isna Setyanova)

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Demak didominasi oleh wisata religi. Hal ini dikarenakan Demak pernah menjadi salah satu Kerajaan Islam yang sempat mengalami kejayaan. Banyak orang yang berkunjung ke Demak untuk ziarah ke makam Sunan Kalijaga ataupun Raden Fatah.

Kota dengan ciri khas Tugu Belimbing ini ternyata juga memiliki tempat wisata di Demak lainnya. Mulai dari wisata alam hingga sentra ketajinan yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Bagi kamu yang berencana menghabiskan waktu libur di sekitaran Kota Demak, ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Demak yang bisa kamu kunjungi. Berikut tempat wisata di Demak yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (4/1/2020).

2 dari 7 halaman

Brown Canyon

Tempat Wisata di Demak
Perbesar
Brown Canyon

Tempat wisata di Demak yang populer pertama adalah Brown Canyon. Penamaan tempat wisata ini dikarenakan penampilannya menyerupai objek wisata Green Canyon yang ada di Amerika.

Bedanya, kalau Green Canyon yang ada di Amerika berwarna kehijauan. Sedangkan Brown Canyon yang ada di Demak berwarna coklat. Inilah alasan penamaannya yang mirip.

Di sini kamu dapat menikmati keindahan tebing berwarna kecoklatan yang eksotis. Ada berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan seperti berswafoto dengan menggunakan latar belakang tebing coklat.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Demak yang Populer

Tempat Wisata di Demak
Perbesar
Ilustrasi Buah Belimbing / Sumber: iStock

Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima

Tempat wisata di Demak selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Jambu. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjung bersama keluarga.

Di sini kamu bisa melihat secara langsung proses pemanenan dan pemeliharaan kebun belimbing. Selain itu, kamu juga bisa ikut memtik buah sendiri di kebunnya secara langsung.

Buat kamu yang memiliki hobi bercocok tanam, kamu bisa membeli bibit belimbing dan jambu merah delima untuk nantinya ditanam di rumah. Menghabiskan waktu berlibur di Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima akan membuat momen liburan sangat menyenangkan.

Desa Wisata Tlogoweru

Tempat wisata di Demak yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Desa Wisata Tlogoweru. Awalnya, desa ini pernah mendapat serangan hama pada tanamam padi. Untuk membasminya, para petani memusnahkan hama tikus dengan memelihara burung hantu.

Terdapat sekitar 200 ekor burung hantu yang dipelihara oleh masyarakat desa ini. Banyaknya petani yang memelihara burung hantu, menjadikan desa ini sebagai daya tarik tersendiri untuk wisatawan berkunjung ke sini.

 

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Demak yang Populer

Tempat Wisata di Demak
Perbesar
Ilustrasi rebana (Sumber: iStockphoto)

Sentra Kerajinan Rebana

Demak merupakan salah satu sentra kerajinan rebana terbesar di Indonesia. Untuk itu, kamu dianjurkan untuk mengunjungi Sentra Kerajinan Demak ketika berkunjung ke Demak.

Di sini kamu dapat melihat secara langsung proses pembuatan alat musik rebana dan bedug mulai dari nol hingga jadi. Selain itu, kamu juga dapat mempelajari sejarah marawis dan rebana mulai dari fungsinya, nama, dan fiilosofi yang terkandung di dalamnya yang dijelaskan langsung dari para pengrajinnya.

Sentra Kerajinan Batik

Walaupun Demak tidak mendapat julukan sebagai Kota Batik, namun siapa sangka kalau Demak memiliki banyak pengrajin batik. Para pengrajin batik di sini terpusat di beberapa daerah tertentu.

Berkunjung ke Sentra Kerajinan Batik, kamu dapat melihat langsung proses pembuatan kain batik. Kamu juga bisa mempelajari bagaimana cara membatik yang baik dan benar.

Batik yang diproduksi di Demak memiliki ciri khasnya sendiri. Motif batik khas Demak yang sangat populer adalah motif Masjid Agung Demak. Kamu bisa membelinya sebagai buah tangan untuk orang terkasih di rumah.

Sentra Kerajinan Kaligrafi

Tempat wisata di Demak yang populer selanjutnya adalah Sentra Kerajinan Kaligrafi. Demak yang memiliki julukan sebagai Kota Para Wali ini juga dikenal dengan kerajinan kaligrafinya.

Kaligrafi buatan para pengrajin di Demak terkenal dengan kualitas dan keindahannya. Berkunjung ke Sentra Kerajinan Kaligrafi, kamu dapat melihat proses pembuatan kaligrafi secara langsung dari awal hingga siap untuk dipasarkan.

Menariknya lagi, kamu dapat membeli beberapa klaigrafi dengan harga yang cukup terjangkau.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Demak yang Populer

Tempat Wisata di Demak
Perbesar
Masjid Agung Demak yang dibangun Raden Patah (Liputan6.com/Istimewa)

Masjid Agung Demak

Tempat wisata di Demak populer lainnya yang wajib dikunjungi adalah Masjid Agung Demak. Menurut sejarah, Masjid Agung Demak merupakan salah satu peninggalan Wali Songo dan Sultan Fatah yang masih terawat hingga saat ini.

Gaya arsitektur yang digunakan pada masjid ini tergolong anti-mainstream. Salah satunya pada bagian kubah masjid. Kalau biasanya atap masjid berbentuk kubah, lain halnya di Masjid Agung Demak.

Masjid ini menggunakan atap yang berbentuk pyramid tiga tingkat khas masyarakat Jawa. Penggunaan atap dengan bentuk pyramid ini memiliki simbol dari Islam, Iman, dan Ihsan.

Museum Masjid Agung Demak

Setelah berkunjung ke Masjid Agung Demak, kamu bisa melanjutkan berkunjung ke Museum Masjid Agung Demak. Museum ini merupakan salah satu museum religi Islam terlengkap yang ada di Indonesia.

Di sini kamu dapat melihat berbagai macam benda bersejarah yang berkaitan dengan proses penyebaran Islam di era Wali Songo seperti bedug pertama Masjid Agung Demak, pintu asli Masjid Agung Demak, gentong dari campa, miniatur masjid, serat-serat, kitab tulisan tangan para wali, dan lain sebagainya.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Demak yang Populer

Tempat Wisata di Demak
Perbesar
Masjid Demak sering dijuluki 'Masjid Walisongo' karena dibangun oleh Raja Demak, Raden Patah bersama walisongo

Makam Sunan Kalijaga

Tempat wisata di Demak bernuansa religi selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Makan Sunan Kalijaga. Makan Sunan Kalijaga terletak di lokasi yang sama persis dengan lokasi Masjid Agung Demak.

Kamu dapat berkunjung ke makam ini untuk melakukan ziarah ke makam Sunan Kalijaga, yaitu salah satu orang yang paling berjasa dalam proses penyebaran Agama Islam di Pulau Jawa. Berkat jasanya yang besar pada saat itu, membuat dirinya sangat dihormati oleh masyarakat Jawa.

Makam Raja Demak

Tempat wisata di Demak bernuansa religi selanjutnya adalah MAkam Raja Demak. Lokasi Makam Raja Demak ini terletak di sebelah utara Masjid Agung Demak, yaitu di Desa Kauman, Demak.

Di lokasi kompleks makam in ada beberapa makam orang penting di Kerajaan Demak yang bisa kamu ziarahi, yaitu makam Pangeran Trenggono, makam Raden Patah, makam Syekh Maulana Magribi, makam Arya Penangsang, dan lain sebagainya.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Demak yang Populer

Tempat Wisata di Demak
Perbesar
ilustrasi pantai/Photo by Nofi Sofyan Hadi on Unsplash

Pantai Morosari

Selain banyak wisata religi yang bisa dinikmati, Demak juga punya wisata alam yang bisa kamu nikmati bersama keluarga. Kamu bisa berkunjung ke Pantai Morosari untuk menghabiskan akhir pekan.

Pantai ini menawarkan daya tarik berupa kawasan hutan mangrove yang tertata rapi dan jembatan panjang yang menjorok ke arah laut. Ada aktivitas unggulan yang bisa kamu lakukan di sini, seperti berkeliling area hutan mangrove dan menikmati matahari terbenam.

Pantai Glagah Wangi Istanbul

Tempat wisata di Demak yang cocok dikunjungi bersama keluarga adalah Pantai Glagah Wangi Istanbul. Diabndingkan pantai lain yang ada di Demak, pantai ini cenderung memiliki ombak yang paling bersahabat.

Berkat ombak pantainya yang tenang, kamu dapat melakukan beragam aktivitas di pinggir pantainya seperti bermain pasir dan air.

Lanjutkan Membaca ↓