7 Tempat Wisata di Kota Medan yang Unik dan Instagramable

Oleh Husnul Abdi pada 02 Jan 2020, 13:35 WIB
Diperbarui 03 Jan 2020, 00:15 WIB
Tempat Wisata di Kota Medan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Kota Medan didominasi bangunan-bangunan yang unik. Kota yang kini terus berbenah dan berkembang menjadi salah satu kota metropolitan di Indonesia ini berkembang sedemikian rupa menjadi salah satu kota tersibuk di Indonesia.

Berbagai tempat wisata di Kota Medan ini terdiri dari berbagai bangunan unik yang dapat melambangkan keberagaman suku yang ada di Medan. Keberagaman etnis dan budaya di dalamnya seperti Suku Batak, Melayu, Jawa, Tionghoa dan etnis lainnya.

Tempat wisata di Kota Medan memiliki keindahan yang unik dan instagramable. Ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini cocok untuk anak muda menikmati momen liburan mereka dengan latar belakang yang unik.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tempat wisata di Kota Medan dari berbagai sumber, Kamis (2/1/2020).

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kota Medan

Istana Maimun
Istana Maimun (sumber: iStockphoto)

Istana Maimun

Tempat wisata di Kota Medan yang pertama adalah Istana Maimun. Letaknya yang berada di pusat perkotaan Medan menjadikan museum ini menjadi salah satu destinasi wisata ikonik Kota Medan.

Istana Maimun mungkin merupakan tempat wisata di Kota Medan yang sudah terkenal di Indonesia. Istana Maimun ini memiliki desain akulturasi diantara tiga wilayah bagian, yaitu tradisional Melayu, Islam Timur Tengah, dan Eropa.

Dengan luas istana sebesar 2.227 m², ada 30 ruangan yang dapat kamu telusuri, serta 2 lantai dan 3 bagian istana yang dapat kamu jelajahi ketika berkunjung ke istana Maimun ini.

Lokasinya ada di Jl. Sultan Ma’moen Al Rasyid No. 66, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara.

Museum Tjong A Fie

Bagi kamu yang menyukai budaya dan sejarah pada atribut, barang, serta desain rumah yang memiliki campuran dari budaya beberapa wilayah, pasti menjadi wisata yang seru jika berkunjung ke museum Tjong A Fie.

Tempat wisata di Kota Medan satu ini awalnya merupakan rumah dari pedagang besar yang murah hati dan senang membantu orang miskin pada zamannya, yaitu Tjong A Fie.

Rumah besar ini memiliki ukuran sebesar 8.000 m² yang di dalamnya terbagi dalam 35 ruangan yang dapat kamu telusuri pada saat berkunjung. Kamu akan menemukan berbagai spot foto instagramable di museum ini.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kota Medan

Wisata di Kota Medan
Masjid Raya Al Mashun. (Liputan6.com/Reza Efendi).

Masjid Raya Medan Al Mashun

Masjid Raya Al Mashun atau Masjid Raya Medan merupakan salah satu bangunan ikonik di kota Medan. Bangunan dengan arsitektur gaya Timur Tengah, India dan Spanyol yang menjadikan masjid ini tersohor hingga ke seluruh Indonesia.

Usia masjid yang lebih dari satu abad juga menjadi keunikan tersendiri. Kamu juga harus melihat interior masjid dan dekorasinya, yang pastinya akan membuat kamu takjub. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang masjid ini. Lokasinya ada di Jalan Sisingamangaraja, Medan Kota, Medan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Tjong Yong Hian Gallery

Tempat wisata di Kota Medan juga memiliki budaya Tiongkok yang cukup kental. Banyak terlihat budaya Tiongkok yang dibawa ke Medan dan perjalanan sejarahnya bisa kamu nikmati di Tjong Yong Hian Gallery.

Selain menambah ilmu, kamu juga bisa menikmati berbagai spot foto yang instagenik. Taman Kebun Bunga, yang berada di depan galeri adalah salah satu spot yang harus kamu tuju untuk berfoto. Lokasinya ada di Jl. Kejaksaan, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

 

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kota Medan

Sumatera
Graha Santa Maria Annai Velangkanni, Medan, Sumatera Utara. (Flickr)

Graha Maria Annai Velangkani

Graha Maria Annai Velangkani merupakan gereja dengan sentuhan Hindu yang digunakan beribadah oleh umat Katholik. Meski menjadi tempat ibadah, gereja ini terbuka untuk siapa pun. Gereja yang berlokasi di Tj. Selamat, Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara ini bisa dijadikan tempat berfoto yang instagramable.

Bahkan, karena keunikan bentuk arsitektural dan nilai budaya yang diusung, pihak pengelola tidak berkeberatan menyebut gereja ini sebagai salah satu tempat wisata di Kota Medan. Tentunya kamu harus menghormati tempat ibadah ini dan orang-orang yang akan beribadah.

Museum Rahmat International Wildlife dan Galeri

Kota Medan juga memiliki museum satwa yang diakui sebagai museum pertama di Asia Tenggara. Tempat wisata di Kota Medan yang wajib kamu kunjungi ini memiliki bermacam-macam jenis satwa yang telah diawetkan.

Museum Rahmat memiliki 2000 hewan yang dikumpulkan dari berbagai negara. Destinasi wisata ini dapat menjadi media pembelajaran bagi kamu yang menyukai pengetahuan tentang binatang. Cocok sekali untuk wisata keluarga.

Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Tempat wisata di Kota Medan juga menyajikan wisata alam, yaitu Air Terjun Sibolangit. Air terjun ini memiliki ketinggian 1.270 meter. Jarak air terjun ini dengan pusat kota Medan sekitar 75 km.

Warna air yang biru dan putih abu-abu ini tinggal pada satu ruang. Hal ini dikarenakan kandungan belerang dan fosfor. Adapun suasana yang terdapat pada air terjun ini dapat menghangatkan tubuh karena kandungan yang dimiliki tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓