Demi Ajarkan Anatomi Manusia, Guru Ini Rela Pakai Kostum Bergambar Organ

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 26 Des 2019, 14:40 WIB
Diperbarui 26 Des 2019, 14:40 WIB
Demi Ajarkan Anatomi Manusia, Guru Ini Rela Pakai Kostum Bergambar Organ
Perbesar
Veronica Duque (Sumber: dailymail.co.uk)

Liputan6.com, Jakarta Keberhasilan siswa dalam memahami pelajaran merupakan salah satu tujuan dari proses belajar mengajar. Seorang guru yang baik akan berusaha membuat murid-muridnya untuk mengerti pelajaran dengan lebih mudah.

Sehingga sang guru pun harus berinovasi untuk melakukan hal tersebut. Seperti yang dilakukan oleh seorang guru di salah satu sekolah dasar di Valladolid, Spanyol ini. Guru bernama Veronica Duque ini melakukan inovasi yang tidak biasa untuk mengajarkan tentang anatomi tubuh manusia kepada muridnya.

Saat mengajar tentang anatomi manusia, Veronica mengenakan kostum yang bergambarkan organ tubuh manusia. Ia mengajarkan tentang anatomi kepada siswanya yang berusia delapan dan sembilan tahun di Valladolid, Spanyol.

Hal tersebut ia lakukan untuk membuat siswanya dapat dengan lebih mudah mengetahui letak dan posisi organ-organ tubuh manusia.Tidak hanya itu, siswa yang masih berusia 8 dan 9 tahun tersebut juga dapat mengetahui seperti apa bentuk organ-organ tubuh manusia. Veronica juga mengungkapkan bahwa ia membeli kostum tersebut di salah satu online shop.

"Saya sedang menjelajahi internet dan sebuah iklan baju selam AliExpress tiba-tiba muncul. Saya tahu sangat sulit bagi anak-anak membayangkan letak organ-organ dalam. Jadi, saya memutuskan untuk mencobanya." Ungkap Veronica seperti dikutip Liputan6.com dari dailymail.co.uk, Kamis (26/12/2019).

2 dari 3 halaman

Baju anatomi yang ia kenakan merupakan baju selam

Baju anatomi yang ia kenakan merupakan baju selam
Perbesar
Veronica Duque (Sumber: dailymail.co.uk)

Seperti yang sudah diungkapkan Veronica, ia membeli kostum anatomi manusia tersebut melalui online shop. Kostum yang ia kenakan merupakan baju untuk menyelam. Kostum tersebut pun memuat diagram anatomi tubuh manusia dari leher hingga kaki.

Rupanya, inovasi pembelajaran ini bukan pertama kalinya untuk Veronica. Guru 43 tahun tersebut juga pernah menggunakan kartu untuk mengajar tata bahasa. Ia pun berharap upayanya ini bisa menjadi bukti jika guru harus memutar otak agar murid-muridnya lebih mudah mengerti.

3 dari 3 halaman

Mendapat pujian dari warganet

Mendapat pujian dari warganet
Perbesar
Veronica Duque (Sumber: dailymail.co.uk)

Potret inovatif Veronica saat ajarkan anatomi dengan cara yang unik ini diabadikan oleh sang suami. Ia juga membagikan momen tersebut melalui akun Twitter pribadinya. Sontak saja guru tersebut mebuat heboh dan mendapat berbagai tanggapan positif dari warganet.

"Hebat. Spektakuler. Cerdas. Bersifat mendidik. Mahir. Pastinya siswa tidak akan melupakan dia,” komentar Sanchez.

Media pembelajaran yang dilakukan oleh Veronica ini tentu dapat menjadi contoh dan motivasi bagi guru-guru lainnya untuk mempermudah siswanya dalam proses belajar. Sehingga siswa dapat memahami pelajaran dengan baik.

Lanjutkan Membaca ↓