Baru Berusia 7 Bulan, Bayi Ini Terpilih Jadi Wali Kota Termuda Sepanjang Sejarah

Oleh Loudia Mahartika pada 24 Des 2019, 13:25 WIB
Diperbarui 24 Des 2019, 13:25 WIB
Baru Berusia 7 Bulan, Bayi Ini Jadi Walikota Termuda Sepanjang Sejarah
Perbesar
Charlie McMillan, bayi berusia 7 bulan jadi Wali Kota Kehormatan Whitehall, Amerika Serikat. (Sumber: Newsweek)

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua negara memiliki seorang pemimpin. Baik Presiden, Raja atau Perdana Menteri. Tak cuma negara, setiap daerah di dunia juga memiliki sosok pemimpin seperti wali kota. Untuk menjadi seorang wali kota, tentunya harus memiliki pengalaman dan kinerja yang mumpuni.

Wali kota adalah kepala daerah untuk sebuah kota. Tugas sebagai wali kota sudah pasti memimpin penyelenggaraan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan masing-masing negara. Bukan soal mudah untuk memimpin masyarakat, sehingga pemilihan wali kota biasanya memerhatikan kinerja dan pengalamannya.

Namun di Amerika Serikat ada wali kota yang terpilih namun masih berusia sangat belia, yaitu 7 bulan. Ia adalah Charlie McMillan. Bayi laki-laki tersebut terpilih menjadi wali kota Kehormatan Whitehall di Texas, Amerika Serikat.

Pemilihannya pun bukan tanpa alasan. Selain itu, bayi berusia 7 bulan tersebut juga memiliki tugas selayaknya wali kota pada umumnya.

2 dari 3 halaman

Charlie McMillan, Wali Kota Termuda

Baru Berusia 7 Bulan, Bayi Ini Jadi Walikota Termuda Sepanjang Sejarah
Perbesar
Charlie McMillan, bayi berusia 7 bulan jadi Wali Kota Kehormatan Whitehall, Amerika Serikat. (Sumber: Merdeka)

Dilansir dari Newsweek oleh Liputan6.com, Selasa (24/12/2019) Charlie McMillan menjadi wali kota kehormatan Whitehall termuda di Texas, Amerika Serikat. Dirinya ditunjuk pada Oktober 2019 lalu dan diangkat pada 20 Desember 2019 lalu.

Kini bayi laki-laki itu akrab disapa wali kota Charlie. Saat pengangkatannya, hampir 150 orang merayakannya di Pusat Komunitas Whitehall atau Whitehall Community Center.

Setiap tahun posisi wali kota dilelang di Whitehall Volunteer Fire Department dalam penggalangan dana. Pada tahun ini, Charlie adalah penawar tertinggi. Dengan demikian mereka "memilih" Charlie sebagai wali kota termuda di Amerika.

Dikutip dari KBTX-TV, ayah Charlie mengungkap jika moto Charlie adalah membuat Amerika menjadi baik lagi.

"Charlie mencintai orang-orang dari semua kecenderungan politik; Republik, Demokrat, Independen. Terlepas dari latar belakang siapa pun, dia mencintai mereka dan kami berharap dia bisa menjadi pemersatu di negara kita," kata Chad, ayah Charlie.

Bahkan wali kota Charlie dan keluarganya akan melakukan kunjungan dengan anggota kongres dan Senator lokal Ted Cruz bulan depan di Washington D.C.

3 dari 3 halaman

Mengemban Tugas dan Menjabat Selama Setahun

Baru Berusia 7 Bulan, Bayi Ini Jadi Walikota Termuda Sepanjang Sejarah
Perbesar
Charlie McMillan, bayi berusia 7 bulan jadi Wali Kota Kehormatan Whitehall, Amerika Serikat. (Sumber: KTBX-TV)

Charlie McMillan, bayi berusia 7 bulan yang diangkat menjadi Wali Kota bukan hanya simbol semata. Dirinya pun memiliki tugas.

Wali Kota Charlie memiliki tugas yaitu melayani masyarakat setempat di daerah Grimes. Dengan slogannya 'Make America Kind Again', Wali Kota Charlie ingin menyuarakan kebaikan dan membuat Amerika menjadi baik kembali.

Posisi Wali Kota Kehormatan memang dilelang setiap tahunnya. Hal itu artinya Wali Kota Charlie McMillan akan menjabat selama satu tahun kedepan untuk mewujudkan motonya, membuat Amerika menjadi lebih baik.

Lanjutkan Membaca ↓