Bocah 12 Tahun Idap Penyakit 'Drakula', Merasa Terbakar saat Terkena Sinar Matahari

Oleh Muhammad Fahrur Safi'i pada 23 Des 2019, 19:00 WIB
Diperbarui 25 Des 2019, 18:13 WIB
Bocah 12 Tahun Idap Penyakit Mirip Drakula, Bila Terkena Sinar Matahari

Liputan6.com, Jakarta Drakula sering muncul dalam film. Ia merupakan sosok makhluk yang akan terbakar bila terkena sinar matahari. Selain itu, dalam penggambaran tokohnya ia takut dengan bawang dan akan terluka saat dekat perak. Akan tetapi ada sebuah penyakit yang penderitanya mirip seperti drakula. 

Bila terkena sinar matahari pengidap penyakit ini akan merasakan sakit. Seorang bocah 12 tahun mengidap penyakit aneh ini. Penyakit ini menyebabkan merasakan sakit, pembekakan dan luka bakar apabila terkena paparan sinar matahari.

Tentu penyakit seperti ini sangat langka ditemui di masyarakat. Selain merasakan luka bakar, bocah ini pun juga memiliki kelainan berupa darah yang keluar dari mata, hidung dan telinga.

Keluarga bocah ini pun menjadi putus asa dengan apa yang dialami oleh anaknya yang baru berumur 12 tahun ini. Awalnya bocah ini hanya didiagnosis memiliki penyakit kulit, sampai akhirnya diketahui mengidap penyakit mirip drakula, yaitu kelainan darah.

Berikut ulasan mengenai bocah 12 tahun idap penyakit mirip drakula yang Liputan6.com lansir dari dailymail.com, Senin (23/12/2019)

2 dari 5 halaman

Xiao Luo bocah 12 tahun yang mengidap penyakit darah langka

Bocah 12 Tahun Idap Penyakit Mirip Drakula, Bila Terkena Sinar Matahari
Xiao Luo yang idap penyakit mirip drakula (Sumber: Dailymail)

Melansir dari Dailymail, Senin (23/12/2019) bocah 12 tahun bernama samaran Xiao Luo, tinggal di kota Panzhihua, Sichuan, Tiongkok. Xiao Luo mengidap penyakit langka kelainan darah yang sering dikaitkan dengan drakula, menurut cerita zaman dahulu.

Awalnya Xiao Luo menurut Ibunya, Tang Guiju menunjukan gejala pada usia dini, tetapi saat dibawa ke dokter ia dikira memiliki penyakit kulit.

3 dari 5 halaman

Awalnya ia dikira memiliki penyakit kulit, ternyata ia mengidap penyakit Porphyrias

Bocah 12 Tahun Idap Penyakit Mirip Drakula, Bila Terkena Sinar Matahari
Xiao Luo yang idap penyakit mirip drakula (Sumber: Dailymail)

Pada Juni 2019, Xiao Luo mengalami sakit perut parah dan mimisan terus menerus. Ia pun juga mengeluarkan darah dari mata dan mulutnya. Ia pun harus berhenti sekolah dan dirawat di rumah sakit usai mengalami kejala aneh tersebut.

Setelah melalui tes genetik, bocah ini didiagnosis mengidap penyakit porphyrias. Penyakit ini merupakan penyakit kelainan darah yang diketahui mempengaruhi mesin molekuler tubuh untuk membuat hemoglobin yang merupakan komponen protein pengangkut oksigen.

4 dari 5 halaman

Sang ibu pun sampai sedih melihat anaknya mengalami penyakit langka

Bocah 12 Tahun Idap Penyakit Mirip Drakula, Bila Terkena Sinar Matahari
Xiao Luo yang idap penyakit mirip drakula (Sumber: Dailymail)

Gejala yang dialaminya selama mengidap penyakit ini, ia akan merasa terbakar dan memiliki luka bakar, dan membengkak pada kulitnya. Selain itu ia pun juga mengeluarkan darah dari mata, hidung, telinga dan mulut.

Ibunya mengatakan kepada reporter yang dilansir dari Dailymail, "Saya telah melihat vampir di film. Ketika saya mendengar dokter memberi tahu saya tentang kondisi anak saya, saya memang tidak bisa menerimanya. Dia tidak mengisap darah," ungkapnya

5 dari 5 halaman

Xiao Luo pun ingin segera sembuh dan kembali sekolah

Tidak jelas seberapa umum penyakit porphyrias ini, tetapi angka menunjukkan bahwa hingga satu dari 50.000 orang terserang gangguan ini. Kondisi Xiao Luo dikatakan serius. Hatinya telah rusak dan ia memiliki infeksi paru-paru. Jumlah trombosit dan sel darah putihnya sangat rendah ​​dan tingkat sel darah merahnya juga menurun.

Ia pun juga telah menjalani beberapa transfusi darah sebagai pengobatan. Ia pun ingin segera sembuh agar dapat kembali ke sekolah.

Lanjutkan Membaca ↓