22 Makanan Khas Turki Istimewa, Lezat Menggoda Selera

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 23 Des 2019, 11:10 WIB
Diperbarui 23 Des 2019, 11:15 WIB
Melihat Keakraban Warga Turki saat Buka Puasa Bersama

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Turki memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Makanan khas Turki merupakan gabungan cita rasa Asia Tengah, Timur Tengah, Eropa Barat dan Balkan ini punya keistimewaan tersendiri.

Ada banyak makanan khas Turki yang terkenal di dunia. Sebut saja kebab yang bahkan di Indonesia sudah menyebar berbagai bentuk waralabanya. Selain kebab, Turki memiliki beragam makanan khas yang tak kalah lezat.

Makanan khas Turki ini terdiri dari beragam olahan seperti daging, roti, sayuran, hingga hidangan penutup. Makanan khas Turki ini juga menjadi bagian dari sejarah perkembangan Turki dan sudah ada sejak ribuan tahun. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Turki, makanan khas Turki tak boleh terlewatkan.

Berikut 22 makanan khas Turki yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (23/12/2019).

2 dari 6 halaman

Aneka Kebab

Gara-Gara Kebab, Istri di Mesir Ceraikan Suami
(Credit: FreeToUseSounds / Pixabay)

Doner

Doner merupakan sejenis kebab berisi daging ayam, domba, atau sapi dan disajikan dengan sayuran, rempah-rempah, dan yogurt bawang putih.

Shish kebab

Shish kebab biasanya merupakan daging domba, ayam, atau ikan yang disajikan dengan batang kayu atau besi. Shish kebab adalah salah satu dari banyak jenis kebab.

İskender Kebab

İskender kebab adalah irisan daging domba yang dimasak di dalam saus tomat. Disajikan di atas nasi dan roti pita dengan yogurt.

Dürüm

berisi ayam, domba, atau daging sapi yang dimasa dan disajikan di dalam sebuah bungkusan roti pipih. Bungkusnya terbuat dari lavash atau roti pipih yufka.

3 dari 6 halaman

Olahan Daging

resep
ilustrasi Köfte /copyright Unsplash/Jason Leung

Köfte

Köfte merupakan makanan utama favorit di Turki. köfte adalah daging cincang berbentuk bola dan bisa disajikan dengan cara direbus, sebagai isi roti lapis, di atas salad, atau polos dengan yogurt.

Mantı

Mantı merupakan makanan mirip pangsit berisi daging sapi atau domba yang direbus atau digoreng dan disajikan dengan yogurt atau mentega. Mantı juga sering dilengkapi dengan berbagai rempah-rempah.

Kuzu Tandır

Hidangan ini terbuat dari daging domba yang digantung dan dipanggang seluruhnya secara tradisional. Kuzu Tandır kerap disajikan dengan nasi atau kentang dan yogurt.

Kokoretsi

Kokoretsi merupakan olahan jeroan domba atau kambing yang dilit dengan ususnya. Olahan ini dibakar dengan bumbu khas menyajikan sebuah hidangan sedap dan gurih.

4 dari 6 halaman

Olahan Sayur

Dolma
Dolma (sumber: Pixabay)

Kumpir

Kumpir merupakan sajian kentang panggang yang berisi bergam topping seperti potongan sosis, sayur-sayuran, serta saus dengan cita rasa khas. Kuliner satu ini banyak ditemui di pinggir jalan pada malam hari.

Pilav

Pilav merupakan sajian nasi berlemak yang dibakar. Nasi dibumbui butter, garam, beragam rempah, serta kadang dicampur kacang polong. Rasa nasi ini gurih dan khas dan biasa disantap dengan yogurt atau lauk pauk lainnya.

Menemen

Menemen merupakan sarapan tradisional Turki berupa telur orak arik. telur ini ditumis dengan sayuran dan disajikan panas dengan roti.

Mercimek Köftesi

Mercimek Köftesi merupakan bakso vegetarian yang terbuat dari lentil, bulgur, dan sayuran cincang. Hidangan ini adalah makanan pembuka yang umum di Turki.

Dolma

Dolma berisi sayur mayur seperti terong, paprika, tomat, kol, dengan daging cincang. Isian ini dibungkus dengan daun anggur dan dikukus hingga matang.

5 dari 6 halaman

Camilan Roti

Simit
Simit (sumber: Pixabay)

Simit

Sekilas, roti ini mirip dengan donat. Simit merupakan roti berbentuk bundar bertabur wijen dengan lubang ditengahnya. Makanan ini juga banyak ditemui sebagai kuliner kaki lima dan tersedia dalam beragam topping seperti sosis, selai, keju, dan cokelat.

Güllaç

Güllaç adalah camilan dengan tekstur unik yang terbuat dari adonan roti, susu, air mawar, kacang, dan biji buah delima. Camilan ini kerap hadir selama bulan Ramadan sebagai hidangan berbuka.

Lahmacun

Lahmacun merupakan roti pipih dan garing ini secara tradisional atasnya diberikan daging giling, salad, dan sari lemon. Bisa juga diberikan beetroot untuk kamu yang vegan. Bisa digulung, dilipat setengah, atau dirobek untuk di makan.

Börek

Börek merupakan kue asin ala Turki ini tersedia dalam berbagai macam isi. Paling populer berisi daging giling atau bayam dan keju. Börek dapat digulung atau dilapis seperti lasagna. Disajikan untuk sarapan, makan siang, makan malam, atau camilan.

Pide

Pide dikenal sebagai pizza versi Turki. Hidangan ini terdiri dari roti pipih berbentuk memanjang seperti daun dengan berbagai topping. Isian atau topping pide biasanya berupa daging giling atau bayam dan keju.

6 dari 6 halaman

Hidangan Pencuci Mulut

Turkish Delight
Turkish Delight (sumber: Pixabay)

Dondurma

Dondurma merupakan es krim khas Turki. Es krim satu ini sudah terkenal di seluruh dunia bahkan ada di Indonesia. Dondurma terkenal akan atraksi penjualnya saat menyajikan es krim pada pembelinya.

Turkish Delight

Turkish Delight atau yang juga disebut dengan Lokum merupakan makanan penutup yang sangat populer. Makanan manis ini bertekstur kenyal dan lengket dengan berbagai rasa dan isi dan sering diberi gula halus di atasnya.

Künefe

Künefe merupakan makanan penutup yang terbuat dari keju yang dipanggang dengan suiran adonan kue dan diberi taburan pistachio di atasnya. Künefe adalah camilan umum saat berkumpul di luar karena sangat sulit dibuat sendiri di rumah.

Baklava

Hidangan pencuci mulut berupa pastry yang memiliki rasa pedas dan manis dengan isi pistachio cincang.

 

Lanjutkan Membaca ↓