10 Cara Mendekatkan Diri kepada Allah saat Haid, Tetap dapat Keberkahan

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 22 Des 2019, 12:55 WIB
Diperbarui 22 Des 2019, 12:55 WIB
Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Cara Mendekatkan Diri kepada Allah saat haid bisa dilakukan dengan berbagai amalan. Dalam Islam, haid adalah masa di mana seorang wanita sedang dalam keadaan tidak suci atau kotor.

Pada masa ini wanita diharamkan untuk melakukan sejumlah ibadah seperti salat, puasa, berhaji, dan membaca Al-Qur'an. Cara Mendekatkan Diri kepada Allah saat haid menjadi terbatas karena sedang dalam hadast besar.

Meski dilarang melakukan ibadah-ibadah penting tersebut, seorang wanita masih bisa mendekatkan diri pada Allah dengan cara lain. Masih ada amalan-amalan yang bisa menjadi cara mendekatkan diri kepada Allah saat haid.

Cara mendekatkan diri kepada Allah saat haid bisa dilakukan tanpa melanggar sunah dan perintah Allah. Cara Mendekatkan Diri kepada Allah saat haid ini berupa amalan-amalan yang disunahkan. Dengan melakukan Cara Mendekatkan Diri kepada Allah saat haid tersebut, keberkahan dan pahala dapat tertap tercurah.

Berikut cara mendekatkan diri kepada Allah saat haid yang berhasil liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (22/12/2019).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Mendekatkan Diri kepada Allah saat Haid

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Berzikir

Dzikir merupakan amal ibadah yang dianjurkan siapapun dan kapan pun. Jenis-jenis dzikir pun ada banyak, wanita yang sedang haid bisa mengucapkan berbagai kalimah thayyibah seperti tasbih, tahmid, takbir, tahlil dan lainnya. Dzikir juga bisa dilakukan untuk memohon pengampunan pada Allah dengan beristighfar dan bertobat.

Berdoa

Sama dengan berzikir, berdoa biasa dilakukan siapa pun dan kapan pun. Doa bisa mengandung ikhtiar untuk mendekatkan diri pada Allah.

Wanita yang sedang dalam keadaan junub diperbolehkan membaca doa apa saja karena tidak masuk dalam larangan saat haid. Saat haid wanita masih bisa mengamalkan doa harian seperti al-Matsurat. Al-Matsurat merupakan kumpulan doa harian yang diamalkan Rasulullah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Mendekatkan Diri kepada Allah saat Haid

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Bersalawat

Selain berdoa dan berzikir, cara mendekatkan diri kepada Allah saat haid lainnya adalah bersalawat. Salawat adalah bukti cinta kepada Allah dan Rasul-Nya.

Salawat adalah sebab turunnya rahmat, pengampunan, dan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Salawat tidak dilarang saat haid dan bisa dilakuakan kapanpun.

Mendengarkan lantunan Al-Qur'an

Amalan penuh pahala bagi wanita haid selanjutnya adalah mendengarkan lantunan Al-Qur'an. Meski tidak diperbolehkan membaca Al'Qur'an, wanita yang haid tetap dianjurkan untuk mendengarnya. Dengan tetap mendengar lantunan ayat suci, hati wanita haid akan selalu dekat dengan Allah. Ini sesuai dengan hadis riwayat Ibnu Majah.

Dari Aisyah Ra ia berkata, " Rasulullah SAW meletakkan kepalanya di pangkuanku saat aku sedang haid, dan ia membaca Alquran."

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Mendekatkan Diri kepada Allah saat Haid

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Mendengarkan tausiyah

Wanita haid diperbolehkan mendatangi kajian-kajian keagamaan. Dengan mendengarkan kajian-kajian agama, wanita haid akan senantiasa dekat hatinya dengan Allah. Mendengarkan tausiyah juga bisa didapat dari siaran radio, TV, atau streaming.

Menuntut ilmu

Mencari ilmu merupakan amalan penuh pahala bagi wanita haid yang bisa dilakukan dengan mudah. Aktivitas mencari ilmu memang tidak dibatasi kondisi, usia, dan waktu. Baik orang tua, muda, laki-laki, wanita, haid maupun suci semuanya bisa mengamalkannya.

Belajar dan mencari ilmu dalam konteks ini bisa berlaku untuk seluruh disiplin ilmu pengetahuan, baik keagamaan maupun pengetahuan umum. Yang lebih utama yaitu ilmu yang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Imam Muslim mencatat hadis tentang keutamaan orang yang sedang mencari ilmu,

" Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah SWT menunjukkan jalan menuju surga baginya." (HR. Muslim)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Mendekatkan Diri kepada Allah saat Haid

Ilustrasi silaturahmi
Perbesar
Ilustrasi silaturahmi (sumber: iStockphoto)

Bersedekah

Cara mendekatkan diri kepada Allah saat haid seanjutnya adalah bersedekah. Amalan satu ini bisa dilakukan kapan pun dan dalam keadaan apa pun. Memperbanyak sedekah bisa dengan berbagai cara. Mulai dari memberi santunan kepada fakir miskin, anak yatim hingga hanya menebar senyuman kebaikan. Dalam hal bersedekah, Rasulullah SAW juga menyerukan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

" Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyaklah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni neraka." (HR. Muslim)

Bersilaturahmi

Bersilaturahmi menjadi salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah saat haid yang paling mudah. Bersilaturahmi dengan saudara, teman, dan kerabat bisa menambah pahala dan membuka pintu rezeki sesama umat. Bersilaturahmi bisa dilakukan dengan mengunjungi kerabat, bertemu teman, atau melakukan kegiatan sosial.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Mendekatkan Diri kepada Allah saat Haid

Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Memberi Makan Orang yang Berpuasa

Saat bulan Ramadan, wanita haid dilarang untuk berpuasa. Namun, wanita haid tetap bisa mendapatkan kemuliaan bulan Ramadan dengan memberi makan orang yang berpuasa. Menyiapkan hidangan berbuka puasa atau memberi makan orang berpuasa menjadi salah satu amalan penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan. Nilainya bahkan setara dengan orang berpuasa.

Menghadiri Salat Hari Raya

Saat hari raya tiba, wanita haid tidak diperbolehkan melaksanakan salat hari raya. Namun, mereka tetap disunahkan untuk keluar menghadiri salat id. Wanita yang sedang haid disunahkan untuk duduk di belakang menjauhi tempat salat dan mendengarkan khutbah id.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya