Sukses

Suami Bella Saphira Jadi Komisaris Antam, Ini 5 Fakta Sosok Letjen (Purn) Agus Surya Bakti

Suami Bella Saphira diangkat jadi Komisari Utama PT Antam.

Liputan6.com, Jakarta Suami Bella Saphira Letnan Jenderal (Purn) Agus Surya Bakti, ditunjuk menjadi Komisaris Utama PT Antam. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memang tengah merombak jajaran pengurus di PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau PT Antam.

Letjen (Purn) Agus menggantikan Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi yang diangkat menjadi Menteri Agama Kabinet Indonesia Maju periode 2019 – 2024. Mantan anggota TNI ini terakhir menjabat sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan di era kepemimpinan Jenderal TNI (Purn) Wiranto.

Sebelumnya, pada Senin (10/11/2019) lalu suami Bella Saphira, Letnan Jenderal TNI Agus Surya Bakti, M.I.Kom mencapai masa purnatugas alias menjalani masa pensiun. Acara Wisuda Purna Wira yang digelar di Lapangan Pancasila Kompleks Akmil Magelang tersebut menjadi bukti Letjen Agus dalam mengabdi Indonesia.

Masuk dalam jajaran Komisaris PT Antam yang baru, berikut ini 5 fakta sosok Letjen (Purn) Agus Surya Bakti, suami Bella Saphira yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (20/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Menikah dengan Bella Saphira pada 2013

Letjen (Purn) Agus Surya Bakti, M.I.Kom menikah dengan Bella Saphira pada 2013 lalu. Aktris asal Magelang ini diketahui telah mendampingi sang suami bertugas selama 6 tahun. Saat menjadi Panglima Kodam VII/Wirabuana, Agus Surya Bakti menceritakan kisah cintanya bersama sang istri, Bella Saphira. 

"Jadi lupa janji akan menjomblo selama empat tahun karena senyum Bella," ucap Agus saat bicara di depan para undangan dalam acara ramah tamah usai pisah sambutnya di Lapangan Bola Kodam VII/Wirabuana, Selasa, (3/10).

Letjen (Purn) Agus Surya Bakti mengaku sebelumnya saat ditinggal meninggal oleh istri pertama, dirinya akan menjadi jomblo selama empat tahun. Namun hal itu gagal karena tidak tahan dengan senyum Bella Saphira. 

Agus menikahi Bella di rumah orangtuanya di Jalan Proklamasi nomor 14, Stabat, Langkat, Sumatra Utara, dengan mas kawin berupa uang tunai Rp 30.820.013. Selain itu ada pula seperangkat alat salat, demi melengkapi persyaratan. 

3 dari 6 halaman

2. Pernah Tergabung dalam Tim Pemburu Tokoh Timor Timur

Suami Bella Saphira, merupakan pria kelahiran 17 AGustus 1961. Ia lulusan Akademi Militer 1984. Letjen (Purn) Agus Surya Bakti bahkan berpengalaman dalam bidang Kopassus.

Dirinya tergabung dalam tim pemburu tokoh Timor Timur, Xanana Gusmão pada 1992 silam. Setelah itu ia mendapatkan kenaikan pangkat dari Letnan Satu menjadi Kapten.

Sejak saat itu, dirinya kerap dipindah tugaskan ke daerah-daerah pelosok Tanah Air.

4 dari 6 halaman

3. Kariernya di TNI Angkatan Darat

Letjen (Purn) Agus Surya Bakti, M.I.Kom sudah mengabdikan diri kepada negara selama 39 tahun sebagai anggota TNI Angkatan Darat. Ia terakhir menjabat sebagai Sesmenko Polhukam.

Pada 2012, dia ditugaskan di BNPT sebagai Deputi I bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi. Pada tanggal 28 Oktober 2015, dia resmi menjabat sebagai Panglima Kodam VII/Wirabuana. Ia juga menjabat sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin (20172018) dan Asintel Panglima TNI pada 2018. 

5 dari 6 halaman

4. Berasal dari Sumatera Utara

Sosok Letjen (Purn) Agus Surya Bakti merupakan pria kelahiran Stabat, Langkat, Sumatra Utara. Meski sibuk sebagai TNI Angkatan Darat, suami Bella Saphira kerap kembali ke kampung halamannya, bersama anak dan istrinya. 

Bahkan beberapa kali momen lebaran, Bella Saphira dan suaminya menghabiskan waktu di Sumatra Utara seperti yang diunggah di media sosialnya. 

"Photo di ambil di Kampung Suami saat #lebaran2019 ada kesempatan 3 hari Pulang Kampung. Selayaknya di Kampung Halaman berkumpul Adik2 dan Adik2 Ipar dari Keluarga Suami, Pesan penting dari Keluarga adalah: Bawa Seragam ya Bang!" tulisnya sambil mengunggah foto pada 22 November 2019 lalu. 

6 dari 6 halaman

5. Jadi Jajaran Komisaris Baru PT. Antam

Melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), perombakan dilakukan pada direksi dan komisaris perusahaan Antam. Dalam RUPLSB tersebut akhirnya menyetujui penunjukan Dana Amin menggantikan Arie Prabowo Ariotedjo sebagai Direktur Utama. Anton Herdianto menggantikan Dimas Wikan Pramudhito sebagai Direktur Keuangan. Rosono menggantikan Sutrisno S Tatetdagat sebagai Direktur Pengembangan Usaha.

Dalam jajaran Komisaris, pemegang saham menunjuk Agus Surya Bakti sebagai Komisaris Utama. Suami Bella Saphira ini menggantikan Fachrul Razi yang kini menjadi menteri Agama. 

Jajaran Komisaris lainnya ada nama Gumilar Rusliwa Somantri sebagai Komisaris Independen, Anang Sri Kusuwardono sebagai Komisaris Independen, Zaelani sebagai Komisaris, Dadan Kusdiana sebagai Komisaris dan Arif Baharudin sebagai Komisaris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini