Sukses

8 Sayuran Terbaik untuk Kulit Cantik, Sehat dan Kaya Nutrisi

Sayuran terbaik untuk kulit cantik dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya.

Liputan6.com, Jakarta Sayuran terbaik untuk kulit cantik mengandung banyak vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan pelindung sel tubuh dan mineral yang membantu dalam proses pemulihan serta peremajaan sel. Hal ini tentunya dapat membuat kulit menjadi cantik dan berseri.

Pada dasarnya hampir semua jenis sayuran bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Namun ada beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi paling tinggi dan sangat cocok untuk merawat kecantikan kulit.

Sayuran terbaik untuk kulit cantik dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya ini. Kamu bisa mengonsumsi berbagai macam sayuran tersebut dengan rutin. Selain baik untuk perawatan kulit cantik, kamu juga akan mendapatkan efek positif untuk kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/12/2019) tentang sayuran terbaik untuk kulit cantik. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Brokoli dan Tomat

Brokoli

Sayuran terbaik untuk kulit cantik yang pertama adalah brokoli. Brokoli kaya akan antioksidan seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Semua kandungan tersebut berperan penting dalam meningkatkan kelenturan dan kesehatan kulit serta meremajakan sel kulit yang mati.

Selain itu, asam lemak Omega 3, kalsium, dan folat di dalamnya akan membantu proses penyembuhan dan mengaktifkan sel kulit.

Tomat

Selanjutnya ada tomat sebagai salah satu sayuran terbaik untuk kulit cantik. Tomat mengandung vitamin C, yang berfungsi untuk merangsang produksi kolagen, zat yang berperan dalam menjaga kulit agar tetap kencang dan muda.

Tomat juga mengandung likopen yang bertindak sebagai tabir surya, melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari dari dalam sekaligus menyehatkan kulit dan menjaganya tetap elastis.

3 dari 5 halaman

Wortel dan Paprika

Wortel

Sayuran terbaik untuk kulit cantik selanjutnya adalah wortel. Wortel merupakan sumber utama beta karoten, turunan vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan. Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang paling penting bagi kesehatan kulit. Wortel juga mengandung vitamin C yang penting untuk memperbaiki kondisi kulit.

Paprika

Paprika juga merupakan salah satu sayuran terbaik untuk kulit cantik. Perempuan yang rutin mengonsumsi sayuran berwarna hijau dan kuning cenderung memiliki kerutan yang lebih sedikit.

Selain itu sayuran berwarna kuning dan oranye mengandung karotenoid yang dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Karena itulah kamu perlu rajin mengonsumsi paprika. Sayuran yang masih satu keluarga dengan cabai ini juga mengandung banyak vitamin A dan C yang penting untuk kesehatan kulit.

4 dari 5 halaman

Bayam dan Asparagus

Bayam

Sayuran hijau yang satu ini tak hanya tinggi kandungan zat besi, namun juga merupakan sayuran terbaik untuk kulit cantik.

Bayam mengandung berbagai antioksidan seperti vitamin A dan C yang dapat membantu mengurangi timbulnya keriput, memperkuat jaringan kulit, sekaligus melunturkan racun dari dalam. Konsumsi bayam secara teratur dan kulit kamu akan tampak lebih bersinar.

Asparagus

Kulit yang memiliki pH seimbang cenderung bebas dari masalah kulit seperti jerawat, iritasi, alergi, dan flek hitam. Asparagus ini tinggi kandungan alkaline yang dapat menyeimbangkan pH kulit. pH yang seimbang juga menjadikan kulit lebih lembap.

Selain itu, asparagus juga mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E, beta karoten, serta likopen.

5 dari 5 halaman

Kangkung dan Ubi Jalar

Kangkung

Sayuran terbaik untuk kulit cantik selanjutnya adalah kangkung. Tidak jauh berbeda dengan bayam, kangkung memiliki dampak yang baik untuk kecantikan kulit. Kangkung memiliki kandungan vitamin A, zat besi, & beta karoten yang baik untuk kesehatan & perawatan kulit.

Ubi Jalar

Sayuran terbaik untuk kulit selanjutnya adalah ubi jalar. Ubi jalar atau ketela rambat bukan hanya sumber karbohidrat dan gula saja. Tanaman yang masih sekeluarga dengan kentang dan ketela pohon ini juga mengandung vitamin B3 (yang biasa ditemui dalam krim-krim wajah), karotenoid, dan vitamin E. Semuanya penting untuk menjadikan kulit lebih cantik dan sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.