8 Gerakan Wajah untuk Mencegah Penuaan Dini, Lakukan Secara Rutin

Oleh Nisa Mutia Sari pada 13 Des 2019, 13:35 WIB
Diperbarui 13 Des 2019, 13:35 WIB
Gerakan Wajah untuk Mencegah Penuaan Dini
Perbesar
Senam wajah dapat Anda lakukan untuk menghindari tubuh yang mengalami penuaan pada usia dini.

Liputan6.com, Jakarta Seiring berjalannya waktu, menjadi tua bukan sesuatu yang bisa dicegah. Bertambahnya usia berjalanan beriringan dengan proses penuaan pada wajah seseorang.

Banyak yang melakukan berbagai tindakan pencegahan penuaan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus atau keriput. Mulai dari cara alami hingga medis kerap dilakukan oleh beberapa orang.

Buat kamu yang ingin menggunakan cara sederhana atau alami untuk mencegah penuaan dini, kamu bisa melakukan gerakan atau pose yoga wajah. Dari sekian banyak gerakan wajah, ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan dengan mudah dan bikin awet muda.

Gerakan pada wajah dipercaya dapat melatih 57 otot-otot kulit, kepala, leher, dan wajah sehingga membuat kulit menjadi lebih kencang dan halus. Selain itu, apabila dilakukan secara teratur juga akan membantu mengurangi keriput sekaligus meningkatkan sirkulasi darah, membuat otot santai, dan mengurangi stres.

Gerakan wajah untuk mencegah penuaan dini ini sudah dilakukan selama ribuan tahun untuk membuat wajah nampak awet muda. Berikut delapan gerakan wajah untuk mencegah penuaan dini yang telah Liputan6.com rangkum dari herbeauty.co, Jumat (13/12/2019).

2 dari 6 halaman

Gerakan Seperti Meniup

Gerakan Wajah untuk Mencegah Penuaan Dini
Perbesar
Gerakan Wajah untuk Mencegah Penuaan Dini / Sumber: Herbeauty.co

Gerakan ini merupakan langkah pemanasan penting yang merupakan bagian dari sederetan rutinitas yoga wajah. Mulailah dengan gerakan meniup. Gerakan ini akan menggunakan bibir dan pipi. Secara tidak langsung gerakan meniup ini akan membuat getaran pada pipi, yang tentunya sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

3 dari 6 halaman

Mengembungkan Pipi dan Melihat ke Langit-langit

Gerakan Wajah untuk Mencegah Penuaan Dini
Perbesar
Gerakan Wajah untuk Mencegah Penuaan Dini / Sumber: Herbeauty.co

Mengembungkan Pipi

Gerakan wajah untuk mencegah penuaan dini selanjutnya dengan mengembungkan pipi. Berikan sedikit udara ketika mengembungkan pipi ini.

Lalu geser udara di mulut tersebut dari satu pipi ke pipi lainnya. Lakukan secara bergantian sebanyak lima kali.

Kemudian lepaskan gerakan tersebut dengan membuat bentuk huruf O kecil. Hal ini berguna untuk membantu pipi tetap kencang.

Gerakan Melihat ke Langit-langit

Untuk mendapatkan tulang pipi yang tinggi dan rahang yang tegang, lakukan gerakan dengan melihat ke langit-langit sambil mengerutkan bibir. Lakukan gerakan ini selama lima detik dan ulangi sebanyak empat kali.

Selain itu, kamu juga bisa menjulurkan lidah sambil menatap langit-langit.

4 dari 6 halaman

Mengarahkan Kepala ke Samping dan Membuka Mata

Gerakan Wajah untuk Mencegah Penuaan Dini
Perbesar
Gerakan Wajah untuk Mencegah Penuaan Dini / Sumber: Herbeauty.co

Mengarahkan Kepala ke Samping Kanan

Mengarahkan kepala ke samping kanan untuk meregangkan otot leher kamu. Tahan gerakan ini sebalam beberapa detik dan ulangi dengan sisi kepala lainnya.

Setelah itu, putar leher searah dan berlawanan dengan arah jarum jam untuk membantu mengurangi double chin.

Membuka Mata Selebar-lebarnya

Gerakan wajah untuk mencegah penuaan dini selanjutnya dengan membuka mata selebar-lebarnya. Padukan dengan menarik dahi ke atas menggunakan tangan.

5 dari 6 halaman

Membuka Mulut Lebar

Gerakan Wajah untuk Mencegah Penuaan Dini
Perbesar
Gerakan Wajah untuk Mencegah Penuaan Dini

Gerakan wajah untuk mencegah penuaan dini selanjutnya dengan membuka mulut sambil membentuk mulut dengan guruf O kecil.

Kemudian dilanjutkan dengan menarik pipi seperti tersenyum, namun tetap pada posisi mulut terbuka. Ulangi gerakan mulut membentuk huruf O kecil diikuti dengan O besar sebanyak sepuluh kali sambil mengkombinasikan gerakan tersenyum.

6 dari 6 halaman

Membentuk Wajah Seperti Ikan

Gerakan Wajah untuk Mencegah Penuaan Dini
Perbesar
Gerakan Wajah untuk Mencegah Penuaan Dini (foto: google.com)

Membentuk Wajah Seperti Ikan

Gerakan selanjutnya dengan mengerucutkan bibir dan pipi yang dikombinasikan dengan gerakan menghisap ke bagian dalam pipi. Lakukan gerakan ini selama lima kali untuk medapatkan bibir dan pipi yang lebih kencang.

Melakukan Gerakan dengan Lidah

Untuk melakukan gerakan ini, lakukan dengan mengondisikan bibir seperti biasa alias kondisi normal. Kemudian gunakan lidah sambil membuat lingkaran-lingkaran kecil pada garis labial pipi atau sisi-sisi pipi. Lakukan sebanyak lima kali pada satu sisinya dan dilakukan secara bergantian.

Lanjutkan Membaca ↓