Sukses

Cara Menghitung Pembagian Bersusun yang Mudah dan Cepat

Cara menghitung pembagian berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghitung pembagian ini biasanya kamu pelajari saat Sekolah Dasar atau SD. Namun, cara menghitung pembagian ini akan berguna bagi kamu walaupun sudah dewasa nanti. Bahkan, hal ini tentu digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya sajaa saat kamu belanja, tentu kamu perlu tahu tentang pembagian berat suatu beras atau makanan yang ingin kamu beli. Selain itu, dalam menentukan harga untuk berbagai jenis makanan, nantinya juga bisa dihitung menggunakan pembagian tergantung beratnya.

Cara menghitung pembagian berguna dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya kamu tidak bisa hanya bergantung pada kalkulator saja dalam melakukan hitung-hitungan. Jika kamu ingin lebih pandai dalam ilmu hitung-hitungan, cara mengetahui pembagian ini wajib kamu pahami.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/12/2019) tentang cara menghitung pembagian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghitung Pembagian

Kita akan mencontohkan dengan satu soal ini:

Jika ada 6 udang di dalam kemasan 250 gram, berapakah berat rata-rata setiap udang tersebut? Dalam soal ini, kamu harus membagi 250 dengan 6. Angka 6 dituliskan di luar dan 250 dituliskan di dalam simbol pembagi.

Langkah Pertama (Membagi)

Siapkan Persamaannya

Cara menghitung pembagian yang pertama adalah dengan menyiapkan persamaannya. Di selembar kertas, tuliskan bilangan yang dibagi di sisi kanan, tepatnya di bawah lambing pembagi dan bilangan yang membagi di sisi kiri lambang pembagi. Jawabannya akan kamu tuliskan di atas bilangan yang dibagi.

Bagi angka pertama atau dua angka pertama

Membagi angka pertama atau dua angka pertama bergantung pada bisa atau tidaknya angka pertama membagi bilangan pembagi. Bekerjalah dari kiri ke kanan, tentukan berapa kali pembagi bisa dikalikan menjadi angka pertama bilangan yang dibagi tanpa melebinya.

Pada contoh, karena angka pertama adalah 2 dan tidak bisa membagi pembagi yang merupakan angka 6, maka kamu bisa langsung membaginya dengan dua angka pertama. Tentukan berapa kali pembagi dikalikan sehingga mendekati dua angka pertama bilangan yang dibagi tanpa melebihinya.

Jika pembagimu memiliki lebih dari dua angka, maka kamu perlu menggunakan angka di sebelahnya lagi, misalnya angka ke tiga atau bahkan angka ke empat dari bilangan yang dibagi untuk mendapatkan jawabannya.

Dalam contoh ini, berarti berapa kali 6 sama dengan 25. Jika kamu menggunakan kalkulator, kamu akan menemukan bahwa berapa kali 6 sama dengan 25 adalah 4.167. Dalam pembagian panjang, kamu akan selalu menggenapkan ke bilangan bulat yang terdekat, jadi dalam soal ini, jawabannya adalah 4.

Masukkan angka pertama jawabanmu

Letakkan angka yang diperoleh sebagai angka pertama di atas simbol pembagi. Dalam contoh, kamu harus meletakkan angka 4 di atas angka 5, karena kamu memasukkan 6 kalinya ke 25.

 

3 dari 5 halaman

Langkah Kedua (Mengalikan)

Kalikan bilangan pembagi

Langkah selanjutnya dalam cara menghitung pembagian ini adalah mengalikan bilangan pembagi. Bilangan pembagi harus dikalikan dengan angka yang baru saja kamu tuliskan di atas bilangan yang dibagi.

Dalam contoh, 6 kali 4 adalah 24. Setelah kamu menulis 4 di dalam jawaban, tuliskan 24 di bawah angka 25, sekali lagi, berhati-hatilah sehingga penulisannya sejajar.

Gambarkan garis

Cara menghitung pembagian selanjutnya adalah membuat sebuah garis. Sebuah garis harus diletakkan di bawah hasil perkalianmu, sebagai contohnya di bawah angka 24.

4 dari 5 halaman

Langkah Ketiga (Mengurangi dan Menurunkan Angka)

Kurangkan hasilnya

Cara menghitung pembagian selanjutnya adalah mengurangkan hasilnya. Kurangkan angka yang baru saja kamu tuliskan di bawah bilangan yang dibagi dengan angka pembagi tepat di atasnya. Tuliskan hasilnya di bawah garis yang sudah kamu buat.

Dalam contoh, kamu akan mengurangkan 24 dari 25, sehingga hasilnya 1.

Turunkan angka selanjutnya

Tuliskan angka bilangan yang dibagi selanjutnya di sebelah hasil operasi pengurangan tadi. Dalam contoh, karena 6 tidak bisa dikali angka tertentu agar menjadi 1 tanpa melebihinya, maka kamu perlu menurunkan angka yang lainnya. Dalam soal ini, kamu akan menurunkan angka 0 dari 250 dan meletakkannya di belakang angka 1 sehingga menjadi 10, sehingga angka 6 bisa dikalikan menjadi 10.

Ulangi semua proses sepert tadi

Bagi angka yang baru dengan bilangan pembagi dan tuliskan hasilnya di atas bilangan yang dibagi sebagai angka selanjutnya dari jawabanmu.

Di dalam contoh, tentukan berapa kali 6 bisa menjadi 10. Tuliskan angka tersebut (1) di jawaban di atas bilangan yang dibagi. Kemudian kalikan 6 dengan 1 dan kurangkan hasilnya dari 10. Sekarang kamu seharusnya memiliki angka 4 sebagai sisanya.

 

5 dari 5 halaman

Langkah Keempat (Menentukan Desimal)

Berikan titik desimal

Cara menghitung pembagian selanjutnya adalah dengan memberikan titik desimal. Saat kamu mencapai titik di mana angka yang tersisa lebih kecil dibandingkan dengan pembagi, maka tambahkan titik desimal ke jawaban dan bilangan yang dibagi.

Dalam contoh, karena 250 adalah bilangan bulat, setiap angka setelah titik desimal adalah 0, sehingga menjadi 250.000.

Terus ulangi langkah-langkah pembagian sebelumnya

Sekarang kamu memiliki lebih banyak angka yang bisa diturunkan (semuanya nol). Turunkan angka 0 dan teruskan seperti sebelumnya, tentukan kembali berapa kali bilangan pembagi bisa menjadi angka yang baru.

Di dalam contoh, tentukan berapa kali 6 bisa menjadi 40. Tambahkan angka tersebut (6) ke dalam jawaban di atas bilangan yang dibagi, di belakang titik desimal. Kemudian kalikan 6 dengan 6 dan kurangkan hasilnya dari 40. Kamu akan mendapatkan angka 4 lagi.

Bulatkan

Dalam beberapa soal, kamu akan menemukan bahwa hasil angka desimal dari pembagian akan berulang dan berulang kembali. Pada titik ini, sudah waktunya untuk berhenti dan membulatkan jawabanmu ke atas (jika angka yang berulang 5 atau lebih) atau membulatkan ke bawah (jika angkanya 4 atau kurang).

Di dalam contoh, kamu bisa terus mendapatkan sisa 4 dari 40 dikurangi 36 terus-menerus, dan menambahkan 6 ke dalam jawabanmu berulang-ulang. Daripada terus melakukan hal ini, hentikanlah dan bulatkan jawabannya. Karena 6 lebih besar dari (atau sama dengan) 5, maka kamu bisa membulatkannya menjadi 41.67.

Sebagai cara meghitung pembagian yang terakhir, kamu tidak boleh lupa untuk menambahkan satuan yang digunakan tadi pada jawabanmu. Jangan ceroboh dan terburu-buru dalam menulis jawaban sehingga kamu melupakan satuan. Dalam contoh ini berarti satuannya gram. Dan jawaban akhirnya dari contoh cara menghitung pembagian ini adalah  41,67.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.