5 Bahaya Polusi Udara bagi Kesehatan Mata dan Cara Mengatasinya

Oleh Husnul Abdi pada 09 Des 2019, 10:45 WIB
Diperbarui 09 Des 2019, 11:15 WIB
Mata Merah

Liputan6.com, Jakarta Bahaya polusi udara bagi kesehatan mata perlu diwaspadai. Selama ini kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui bahaya polusi bagi kesehatan pernapasan saja, namun ternyata polusi juga menimbulkan dampak yang berbahaya bagi mata.

Kegiatan pulang pergi bekerja atau sekolah sehari-hari yang kamu lakukan bisa membuatmu lebih rentan terpapar polusi. Sering kali mata menjadi panas, berair, atau merah karena paparan polusi udara atau debu yang masuk.

Bahaya polusi udara bagi kesehatan mata ini perlu ditangani dengan serius. Menghindari paparan polusi berlebih bisa jadi cara paling efektif untuk menjaga kesehatan mata. Kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan mata akibat dari polusi udara.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang bahaya polusi udara bagi kesehatan mata dan cara mengatasinya dari berbagai sumber, Senin (9/12/2019).

2 dari 5 halaman

Mata Kering dan Sensitif Terhadap Cahaya

Mata Kering/ Pixabay from PublicDomainPictures
Mata Kering/ Pixabay from PublicDomainPictures

Mata Kering

Bahaya polusi udara bagi kesehatan mata yang pertama adalah mengakibatkan mata kering. Sama efeknya seperti menatap layar komputer selama berjam-jam, polusi udara bisa menyebabkan sindrom mata kering dan mempengaruhi kornea. Akibatnya, akan terjadi peradangan kornea yang menyebabkan rasa gatal dan muncul seperti sensasi terbakar di mata.

Mata Sensitif Terhadap Cahaya

Selain itu, karena polutan dapat mempengaruhi mata, termasuk di kornea dan iris, maka kepekaan mata terhadap cahaya jadi meningkat. Setiap kali melihat cahaya yang terlalu terang, maka akan muncul rasa ketidaknyamanan. Dalam beberapa kasus, kejadian ini bisa menyebabkan penglihatan jadi buram.

3 dari 5 halaman

Konjungtivitis, Alergi, dan Infeksi Mata

Mata merah
Mata merah

Konjungtivitis

Bahaya polusi udara bagi kesehatan mata selanjutnya adalah mengakibatkan konjungtivitis. Biasanya konjungtivitis disebabkan karena infeksi virus atau bakteri. Namun gangguan mata ini juga bisa terjadi akibat debu dan polusi. Konjungtivitis adalah radang mata konjungtiva yang kemudian membuat mata merah dan kelopak mata membengkak.

Alergi

Selanjutnya, polusi udara juga bisa mengakibatkan alergi pada mata. Polusi udara yang ditangkap mata akan menyebabkan reaksi alergi, terutama pada mereka yang memiliki mata sensitif. Alergi ini bisa menyebabkan kemerahan, gatal, dan iritasi.

Infeksi Mata

Polusi udara yang berkelanjutan juga mampu menyebabkan infeksi dan iritasi mata. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk selalu memakai sunglasses setiap kali kamu sedang beraktivitas di luar ruangan.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Bahaya Polusi Udara bagi Kesehatan Mata

Ilustrasi mata (iStock)
Ilustrasi mata (iStock)

Lebih Sering Berkedip

Salah satu cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan banyak berkedip. Ketika berkedip, air mata khusus yang melindungi mata bakal terbentuk, melembapkan, serta mengenyahkan polutan yang hendak menempel ke mata.

Menjaga Asupan Air

Cara mengatasi bahaya polusi udara bagi kesehatan mata berikutnya adalah dengan menjaga asupan air. Sangat penting untuk memastikan apakah kamu sudah cukup minum air atau belum. Ketika tubuh memiliki cukup air, maka air mata bisa berfungsi secara optimal dan menjaga agar kotoran tidak menempel. Hal ini juga bisa membuat mata basah terus sehingga kesehatannya terjamin.

Perhatikan Jenis Makanan

Makanan yang tepat juga bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan mata. Asupan makanan sehari-hari sebaiknya mengandung vitamin A, asam lemak Omega-3, sayuran hijau, dan buah. Sejumlah makanan itu memiliki dampak luar biasa bagi mata.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Bahaya Polusi Udara bagi Kesehatan Mata Lainnya

Cara Mengatasi Bahaya Polusi Udara bagi Kesehatan Mata
Cara Mengatasi Bahaya Polusi Udara bagi Kesehatan Mata. (Foto: naturalimageoc.com)

Kurangi Waktu di Depan Layar

Usahakan batasi diri dari depan layar karena bisa memperburuk kondisi mata yang mengalami masalah akibat polusi. Dengan mengistirahatkan mata secara cukup, kamu bisa mencegah masalah lebih berat terjadi padanya. Kamu harus mengurangi waktu di depan layar smartphone, laptop, maupun tv.

Perhatikan Kebersihan

Untuk menjaga kebersihan mata, hindari penggunaan makeup berlebih atau lensa kontak. Selain itu sering-sering cuci tangan dan wajah ketika masuk rumah agar mata tak mengalami masalah lebih lanjut.

Sejumlah cara tersebut bisa dilakukan untuk meminimalisasi dampak dari polusi udara terhadap mata. Kesehatan mata yang terjaga bisa membuatmu menjalani aktivitas sehari-hari dengan nyaman.

Lanjutkan Membaca ↓