Sukses

5 Spot Diving Terbaik untuk Melihat Pari Manta di Indonesia

Spot diving terbaik untuk melihat Pari Manta di Indonesia cukup banyak

Liputan6.com, Jakarta Spot diving terbaik untuk melihat Pari Manta di Indonesia cukup banyak. Berbagai perairan Indonesia merupakan tempat hidup sekaligus mencari makan bagi Pari Manta tersebut. Dengan perairan yang sangat luas, kamu bisa menemukan berbagai binatang laut langka ini di beberapa tempat. 

Beberapa spot diving yang terkenal seperti Bali, Raja Ampat, Flores, Lombok, hingga Kalimatan Timur merupakan tempat kamu bisa melihat Par Manta tersebut. Ikan pari terbesar di dunia ini berlalu lalang di perairan sekitar tempat tersebut.

Spot diving terbaik untuk melihat pari manta bisa kamu kunjungi saat liburan. Di beberapa tempat, kamu tidak perlu menyelam untuk melihatnya, bahkan dengan snorkeling di permukaan laut dan di kapala saja juga bisa melihat ikan Pari Manta ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (30/11/2019) tentang spot diving terbaik untuk melihat pari manta di Indonesia. Perairan Indonesia memang cukup kaya pemandangan indah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Nusa Penida, Bali

Spot diving terbaik untuk melihat pari manta pertama adalah di Nusa Penida, Bali. Kamu bisa menemukan pari manta ini di sekitar perairan nusa penida hilir mudik. Tidak ada waktu spesifik kamu bisa melihat pari manta ini, karena kamu bisa menemukannya sepanjang tahun.

Hal ini juga karena perairan yang mendukung. Namun, karena pari manta adalah hewan yang berkeliaran bebas, maka ada kemungkinan juga kamu tidak bisa melihatnya.

Titik penyelaman yang paling terkenal di Bali ini letaknya di sekitar Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Dua titik penyelaman ini tak hanya menyuguhkan warna-warni hutan koral bawah air, tapi juga beberapa spesies 'ikan besar' seperti pari dan hiu.

Bahkan selain pari dan hiu, terdapat juga beberapa jenis penyu yang hilir mudik di perairannya. Menyelam di lautan biru tua sambil menunggu saat-saat ikan pari melintas adalah pengalaman yang menyenangkan.

3 dari 6 halaman

Pulau Komodo, Flores, NTT

Spot diving terbaik untuk melihat pari manta berikutnya adalah di perairan Pulau Komodo. Spot ini bernama Manta Point. Sesuai dengan namanya, tentunya di spot ini kemungkinan kamu untuk berjumpa dengan pari manta akan lebih besar dibandingkan dengan spot lainnya.

Pari manta di Manta Point akan terlihat dalam kelompok yang cukup banyak jumlahnya. Itu karena hewan ini memang hidup berkelompok. Sekali melihat, akan jadi pengalaman tersendiri bagi kamu yang sedang menyelam.

Bulan terbaik untuk melihat pari manta, biasanya jatuh pada sekitar bulan November. Pada bulan inilah, kawanan pari manta sering terlihat di perairan Pulau Komodo.

 

4 dari 6 halaman

Raja Ampat, Papua Barat

Spot diving terbaik untuk melihat pari manta selanjutnya adalah di Raja Ampat, Papua. Tepatnya di kawasan Kapisawar, Raja Ampat, Papua Barat. Pari manta biasanya terlihat sekitar kedalaman 10-15 meter.

Tidak heran keindahan alam bawah laut Raja Ampat begitu digemari oleh banyak orang. Lebih dari itu, Raja Ampat ternyata juga merupakan rumah pari manta yang bisa dilihat di Kapisawar. Jika beruntung, tidak perlu diving, cukup hanya snorkeling saja kamu sudah bisa berjumpa dengan pari manta. Namun kalau diving, yang perlu diperhatikan adalah soal arus yang cukup kencang.

5 dari 6 halaman

Pulau Sangalaki, Kalimantan Timur

Spot diving selanjutnya ada di Pulau Kalimantan, tepatnya ada di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Kamu bisa berburu penampakan kawanan ikan pari manta ini di Pulau Sangalaki.

Pulau Sangalaki menjadi lokasi dimana kamu bisa berjumpa dengan ikan pari manta. Waktu yang direkomendasikan adalah sekitar bulan Mei sampai Juni. Di bulan-bulan itulah, pari manta banyak terlihat di Sangalaki.

Untuk bisa diving dan melihat pari manta, ada baiknya traveler memiliki diving license terlebih dahulu, karena untuk menyelami perairan di Sangalaki dibutuhkan skill dan jam terbang yang cukup tinggi. Oleh karena itu, manta point di kawasan ini hanya boleh diselami oleh para penyelam profesional.

6 dari 6 halaman

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Perairan di sekitar Gili Trawangan menawarkan keindahan alam bawah laut yang tak habis dipandang mata. Manta point terletak di sebelah selatan pulau ini. Namun, kamu perlu memiliki diving license untuk menyelam bersama ikan pari.

Ikan pari banyak ditemukan saat musim hujan, tepat ketika air laut sedang kaya plankton. Namun, arus air yang ditimbulkan oleh angin musimannya cukup kuat. Oleh karena itulah kamu harus punya diving license untuk bisa menyelam di sini.

Tapi jangan khawatir, jerih payah kamu akan terbayar ketika melihat segerombol ikan pari melintas langsung di hadapan mata. Di manta point Gili Trawangan, mata kamu juga akan dimanjakan dengan warna-warni koral yang menghiasi dasar lautnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.