8 Manfaat Kopi untuk Kecantikan, Efektif Merawat Kulit

Oleh Nisa Mutia Sari pada 28 Nov 2019, 09:20 WIB
Diperbarui 28 Nov 2019, 09:20 WIB
Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Liputan6.com, Jakarta Banyak bahan alami yang dijadikan sebagai campuran dalam produk perawatan tubuh. Salah satu bahan alami tersebut, yaitu kopi. Kopi dalam campuran produk perawatan biasanya hadir dalam bentuk krim, masker, hingga lotion. 

Bukan tanpa tujuan mencampurkan kopi ke dalam produk perawatan tubuh tersebut. Salah satu alasannya karena kopi memiliki sumber nutrisi dan antioksidan yang dapat memberikan manfaat bagi kulit.

Nutrisi penting dalam kopi yang mampu menjaga kesehatan kulit seperti riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3) magnesium, kalium, dan berbagai senyawa antioksidan. Karena kopi punya segudang nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit, tak heran ada banyak manfaat kopi untuk kecantikan yang bisa dirasakan.

Kamu bisa mendapatkan manfaat kopi dengan menjadikannya sebagai masker, eksfoliator, dan lain sebagainya. Berikut ada delapan manfaat kopi untuk kecantikan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/11/2019). 

2 dari 9 halaman

Mengurangi Selulit di Tubuh

Manfaat Kopi untuk Kecantikan
Perbesar
Bubuk Kopi

Kopi dipercaya dapat membantu mengurangi selulit pada kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kafein pada kopi yang merupakan kunci untuk mengurangi selulit dengen melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara menyeluruh.

Metode perawatan mengurangi selulit dengan kopi ini dapat kamu lakukan dengan scrub kopi. Nantinya butiran kasar pada kopi akan mengelupas bagian kulit yang nantinya akan menghaluskan kulit dan menjadikan kondisinya sama rata.

3 dari 9 halaman

Punya Efek Menenangkan

Manfaat Kopi untuk Kecantikan
Perbesar
Bubuk Kopi (Foto: unsplash.com)

Konsumsi kopi untuk diminum dikenal mampu memberikan stimulasi dalam tubuh. Namun, kopi dapat memberikan efek sebaliknya alias menenangkan jika mengoleskan masker kopi pada bagian kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan pada kopi.

4 dari 9 halaman

Menghindari Penuaan Dini

Manfaat Kopi untuk Kecantikan
Perbesar
Masker Kopi (foto: awesomenesstv.com)

Mengoleskan masker kopi langsung ke kulit dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik hitam akibat paparan sinar matahari secara langsung, kemerahan, dan garis-garis halus pada wajah. Hal ini juga telah terbukti lewat penelitian yang dilakukan oleh Trrust Source, yang menemukan adanya korelasi atau hubungan antara kopi dan mengurangi penuaan dini.

5 dari 9 halaman

Mencegah Kanker Kulit

Manfaat Kopi untuk Kecantikan
Perbesar
Masker Kopi (Foto: newpurelife.com)

Kopi merupakan salah satu sumber vitamin B3 atau niasin yang sangat kaya, yang dihasilkan dari pemecahan senyawa trigonelin. Senyawa trigonelin akan terurai menjadi niasin setelah biji kopi dipanggang.

Menurut Yayasan Kanker Kulit, senyawa niasin dapat membantu dalam mencegah kanker kulit nonmelanoma.

6 dari 9 halaman

Mengurangi Peradangan

Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Efek anti-inflamasi dapat dikaitkan dengan asam klorogenat trusted source (CGA) serta melanoidin yang terdapat pada kopi. CGA juga terkait dengan mengurangi hiperpigmentasi yang mungkin memilki hubungan dengan peradangan.

7 dari 9 halaman

Perawatan Jerawat

Manfaat Kopi untuk Kecantikan
Perbesar
Membuat masker wajah dari kopi. (Adrian Putra/Bintang.com)

Kulit sangat sensitif terkena masalah luka atau infeksi. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa memanfaatkan bubuk kopi yang dioleskan pada kulit tubuh secara teratur untuk membantu mengatasi hadirnya bakteri berbahaya.

Senyawa CGA dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, yang dapat mencegah munculnya jerawat.

8 dari 9 halaman

Mengurangi Mata Panda

Manfaat Kopi untuk Kecantikan
Perbesar
Ilustrasi mata panda (iStockphoto)

Menurut Beverly Hills, MD Cosmeceuticals mengatakan bahwa manfaat kopi untuk kecantikan selanjutnya mampu membantu mengobati atau mengurangi lingkar hitam di bawah mata.  Hal ini dikatenakan adanya kafein pada kopi yang dianggap mampu membantu melebarkan pembuluh darah.

Untuk merasakan manfaat kopi untuk kecantikan ini, kamu bisa mencampurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun. Kemudian tambahkan beberapa tetes air untuk menjadikannya seperti pasta. Lalu aplikasikan di bagian bawah mata dengan memijatnya lembut, bukan menggosoknya.

Diamkan selama 5 hingga 10 menit, lau bilas dengan kain lembut. Ulangi perawatan ini secara teratur atau berkala.

9 dari 9 halaman

Merawat Kulit yang Terkena Paparan Sinar Matahari

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Sama seperti manfaat kopi untuk mencegah penuaan dini, kopi juga mampu dijadikan sebagai metode perawatan untuk mencegah masalah kulit akibat paparan sinar matahari. Sifat menenangkan dalam kopi yang dipalikasikan ke kulit dapat kamu rasakan untuk meredakan kulit yang terbakar.

Untuk mendapatkan manfaat kopi tersebut, buatlah racikan kopi dengan mengencerkannya dengan air dingin. Masukkan kain lembut atau handuk ke dalam racikan tersebut, lalu peras. Aplikasikan kain tersebut ke bagian kulit yang sakit. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari sampai kemerahan dan bengkak mereda.

Lanjutkan Membaca ↓