12 Tempat Wisata di Pangalengan, Tawarkan Kesejukan Pegunungan

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 27 Nov 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 27 Nov 2019, 18:17 WIB
Tempat Wisata di Pangalengan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Pangalengan bisa menjadi alternatif rekreasi di Bandung Selatan. Pangalengan terkenal sebagai kawasan pegunungan yang menawarkan kesejukan dataran tinggi. Di sini kamu bisa menemukan lahan pertanian, peternakan dan perkebunan.

Ada banyak tempat wisata di Pangalengan yang bisa kamu kunjungi. Tempat wisata di Pangalengan ini didominasi oleh wisata alam yang asri. Kesejukan alam tempat wisata di Pangalengan menjadi daya tarik tersendiri para pelancong.

Selain itu, sejak dahulu Pangalengan terkenal sebagai daerah penghasil susu terbaik se-Hindia Belanda. Tempat wisata di Pangalengan dapat ditempuh sekitar 53.3 km dari pusat kota Bandung. Tempat wisata di Pangalengan ini juga cukup beragam. Mulai dari danau, pegunungan, perkebunan, hingga rekreasi keluarga.

Berikut tempat wisata di Pangalengan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/11/2019).

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Pangalengan: Danau

Situ Cileunca
Situ Cileunca (sumber: iStock)

Situ Cileunca

Situ Cileunca merupakan danau buatan yang berlokasi di Warnasari, Pangalengan, Bandung. Situ Cileunca merupakan objek wisata terkenal di Pangalengan. Danau ini menawarkan panorama bukit dan pegunungan sejuk yang memanjakan mata. Situ Cileunca juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Situ Cipanunjang

Objek wisata Situ Cipanunjang juga dikenal dengan nama Bukit Hijau Situ Cipanunjang. Situ Cipanunjang berada di atas Situ Cileunca. Berbeda dengan Situ Cileunca yang merupakan danau buatan, Situ Cipanunjang ini merupakan danau purba alami yang terbentuk jutaan tahun lalu. Meski tak seluas Situ Cileunca, danau ini menawarkan panorama yang tak kalah indah. Salah satu daya tarik danau ini adalah adanya bangunan khas peninggalan Belanda. Hamparan rumputnya yang hijau menjadikan Situ Cipanunjang nampak seperti Friesland Belanda.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Pangalengan: Pegunungan

Mendaki dan Pendaki
Ilustrasi Gunung (iStockphoto)

Gunung Wayang Windu

Gunung Wayang Windu merupakan gunung berapi kembar yang berada di timur Pangalengan. Gunung ini menjadi lokasi pendakian yang patut dicoba bagi kamu para pendaki. Gunung Wayang memiliki kawah bulan sabit yang indah. Selain kawah, dari puncak gunung ini kamu akan menyaksikan hamparan perkebunan teh Pangalengan yang dikelilingi rangkaian pegunungan yang asri.

Gunung Nini

Gunung Nini sebenarnya merupakan sebuah bukit yang berada di kawasan perkebunan teh Malabar. Dulunya, Gunung Nini digunakan KAR Bosscha untuk mengawasi perkebunan tehnya. Dari Gunung Nini kamu bisa menikmati panorama hamparan kebun teh yang hijau. Suasana di sini sangat tenang, asri, dan sejuk berselimut kabut.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Pangalengan: Kebun teh

Ilustrasi kebun teh
Ilustrasi kebun teh (sumber: iStockphoto)

Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan Teh Malabar berlokasi di Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Perkebunan seluas 2.022 hektar ini didirikan oleh Karel Albert Rudolf Bosscha pada tahun 1896. Kini Perkebunan Teh Malabar dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero). Perkebunan Teh Malabar menjadi agrowisata terkenal di Pangalengan. Di sini kamu mengikuti tea walk. Di tea walk ini kamu juga akan memperoleh informasi mengenai kisah Bosscha saat mengelola Perkebunan Teh Malabar.

Perkebunan Teh Cukul

Selain Perkebunan Teh Malabar, di Pangalengan kamu bisa mampir ke Perkebunan Teh Cukul. Perkebunan teh Cukul terletak di wilayah Malabar. Perkebunan Teh Cukul berada di Jalan Cukul, Sukaluyu, Pangalengan. Perkebunan Cukul berada di ketinggian sekitar 1.600 mdpl. Tempat ini juga terkenal dengan pemandangan sunrisenya yang indah.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Pangalengan menarik lainnya

Hutan Pinus
Hutan Pinus (Sumber: Pixabay)

Hutan Pinus Rahong

Hutan Pinus Rahong berada di Desa Rahong, Pangalengan, Bandung. Di sini kamu bisa menikmati rimbunan pohon pinus yang menjulang tinggi. Ada berbagai spot foto menarik di Hutan Pinus Rahong. Di hutan ini kamu juga bisa berkemah dan melakukan aktivitas alam lainnya.

Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang menjadi tujuan menarik di Pangalengan. Air di pemandian ini bersumber dari mata air panas Gunung Windu. Pemandian ini dikelilingi hutan dan pegunungan yang sejuk dan asri. Di sini ada berbagai jenis kolam dengan beragam fungsi seperti kolam berendam, kolam berenang, dan kolam anak.

 

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Pangalengan menarik lainnya

Situ Cileunca Bandung
Arung Jeram Cileunca Bandung (dok.instagram@cilencarafting/https://www.instagram.com/p/ByeEdWQB706//Devita

Kawah Burung

Kawah Burung merupakan kawah aktif yang berada di kaki Gunung Windu dengan ketinggian 1.450 mdpl. Kawah ini sekilas mirip dengan kawah Gunung Papandayan dalam versi mini. Kawah Burung berada tak jauh dari Pemandian Air Panas Cibolang. Kawah ini memiliki lokasi tersembunyi di tengah hutan Gunung Windu.

Sungai Palayangan

Sungai Palayangan dikenal sebagai lokasi arung jeram yang menantang. Sungai ini masuk pada tingat kesulitan kelas 3 -- 4. Sungai Palayangan menyuguhkan keindahan panorama alam yang memesona dengan panjang lintasan arung jeram sekitar 4,5 kilometer. Sungai Palayangan berada di kawasan Situ Cileunca tepatnya di Jl. Situ Cileunca, Kampung Cibeunying, Desa Wanasari, Pangalengan.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Pangalengan: Air terjun

Ilustrasi Air Terjun
Forum Liputan6

Curug Mega

Untuk mengunjungi Curug Mega kamu harus melewati hamparan perkebunan sayur di atas bukit. Air terjun ini juga memiliki bentuk cukup unik dengan jatuhan air yang melebar dan mengembang pada bagian bawah. Curug Mega berlokasi di Desa, Pangalengan, Bandung.

Curug Bangku

Curug Bangku berlokasi di Margaluyu, Pangalengan, Bandung. Curug ini termasuk curug kecil yang cukup asri. Curug Bangku memiliki aliran air yang jernih dan sejuk ala pegunungan. Lokasinya yang dikelilingi bukit membuat tiap pengunjungya bisa menyatu dengan alam yang asri.

Lanjutkan Membaca ↓