Sukses

6 Manfaat Sepeda Tanpa Pedal untuk Tumbuh Kembang Anak

Kenalkan dan ajak anak Anda untuk bermain sepeda tanpa pedal.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara orangtua untuk melatih tumbuh kembang anak. Mulai dari melakukan kegiatan seru bersama, belajar ilmu pengetahuan, hingga melakukan kegiatan fisik yang menyenangkan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan dengan mengajak anak bermain sepeda tanpa pedal. Tren bermain sepeda tanpa pedal atau balance bike kini tengah naik daun. Hal ini dikarenakan beberapa artis ternama di Indonesia mengenalkan dan mengajak anak mereka untuk bermain sepeda tanpa pedal.

Sepeda tanpa pedal cocok digunakan untuk anak Anda yang telah menginjak usia 18 bulan hingga 5 tahun. Jenis sepeda ini memang terlihat tidak sempurna, karna tidak memiliki pedal.

Inilah yang membuat anak Anda akan mengayuhnya dengan kaki. Dengan begitu, ada beberapa manfaat sepeda tanpa pedal untuk anak yang akan dirasakan untuk tumbuh kembangnya.

Berikut ada enam manfaat sepeda tanpa pedal untuk anak yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Menjadikan Anak Melakukan Aktivitas di Luar Rumah

Sebagian besar anak memilih menghabiskan waktu bermainnya di dalam rumah. Terlalu banyak menghabiskan waktu di dalam rumah dapat menyebabkan berbagai masalah perilaku dan emosional pada anak.

Mengajak anak untuk bermain sepeda akan membuat anak menghabiskan waktunya di luar rumah. Mengajak anak bermain sepeda tanpa pedal di luar rumah akan membuat dirinya berinteraksi dengan alam sekitar.

3 dari 7 halaman

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sepeda tanpa pedal didesain dengan tidak adanya pedal untuk mengayuh sepeda agar beroperasi. Inilah yang menjadi tantangan pada anak untuk mengendarai sepeda tanpa pedal.

Anak akan ditantang agar tetap yakin dan punya keberanian untuk menjalankan sepeda tanpa pedal. Tak heran, kalau manfaat sepeda tanpa pedal untuk anak mampu meningkatkan rasa percaya dirinya ketika dirinya berhasil menjalankan sepeda tanpa pedal.

Selain meningkatkan rasa percaya diri anak, sepeda tanpa pedal juga mampu mengendalikan rasa takutnya. Manfaat sepeda tanpa pedal ini disebabkan anak penasaran dengan sepeda tersebut yang membuatnya selalu ingin mencoba.

Untuk itu, Anda sebagai orang tua bisa tetap mengawasi atau mendapingi anak ketika bermain sepeda tanpa pedal. Hal ini berguna untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti terjatuh.

Pastikan untuk melengkapinya dengan menggunakan peralatan keselamatan yang lengkap seperti helm, pelindung tangan dan kaki.

4 dari 7 halaman

Melatih Keseimbangan Anak

Manfaat sepeda tanpa pedal untuk anak mampu melatih keseimbangannya, khususnya jika anak masalah terhadap mobilitas. Hal ini dikarenakan sepeda tanpa pedal lebih mudah dikendalikan.

Sepeda tanpa pedal yang dikendalikan dengan menggunakan kedua kaki, akan membuat anak berusaha untuk menjaga tubuhnya tetap seimbang. Inilah yang menjadikan anak nantinya tidak terjatuh saat bermain sepeda tanpa pedal.

Bukan hanya saat bermain dengan sepeda tanpa pedal saja, keseimbangan ini juga akan terjadi saat anak berjalan kaki bahkan sudah bisa dengan mudah bermain sepeda dengan pedal dengan mudahnya.

5 dari 7 halaman

Melatih Koordinasi Gerak Tubuh

Manfaat sepeda tanpa pedal untuk anak mampu mengkoordinasi gerak tubuh mulai dari kaki ke tangan dan juga posisi tubuhnya. Hal ini dikarenakan anak yang sedang mengendarai sepeda tanpa pedal, akan menjadikan kakinya sebagai pengontrol gerak utamanya.

Model sepeda tanpa pedal yang pendek, membuat anak bisa dengan mudah menapakkan kakinya. Kaki yang menapak pada permukaan saat bermain sepeda tanpa pedal akan membuat anak belajar untuk menyelaraskan gerak kaki.

Hal ini dilakukannya saat mengarahkan stang sepeda agar tetap bisa berjalan lurus ataupun berbelok. Nah, di sinilah anak akan belajar korrdinasi gerak tubuh mulai dari kaki ke tangan dan juga posisi tubuhnya.

6 dari 7 halaman

Melatih Sensorik dan Motorik

Manfaat sepeda tanpa pedal untuk anak secara tidak langsung mampu melatih perkembangan motorik dan sensorik. Hal ini dikarenakan anak mulai belajar cara memandang jalan, berkonsentrasi melihat ke depan, sampai menguatkan otot jari untuk memegang stang sepeda tanpa pedalnya.

Manfaat sepeda tanpa pedal untuk anak juga berfungsi guna menguatkan tulang kakinya.

7 dari 7 halaman

Cegah Obesitas

Obesitas memang sangat rentan terjadi pada anak. Untuk menghindari obesitas pada anak, Anda bisa mengajak anak untuk berolahraga dengan menggunakan sepeda tanpa pedal.

Manfaat sepeda tanpa pedal untuk anak bisa dirasakan guna mencegah obesitas. Bermain sepeda tanpa pedal merupakan salah satu bentuk latihan atau olahraga fisik menyenangkan yang bisa dilakukan oleh anak.

Bermain sepeda tanpa pedal akan membuat anak menggunakan setengah energinya untuk menjalankan sepeda tanpa pedal tersebut. Gerak tubuh inilah yang secara tidak langsung membuat anak berolahraga dengan cara menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.