Sukses

11 Oleh-Oleh Khas Thailand Terpopuler, Makanan hingga Suvenir

Thailand menjadi salah satu tujuan wisata favorit warga Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Oleh-oleh khas Thailand terpopuler tentunya wajib diketahui oleh orang-orang yang berencana liburan ke sana. Apalagi dengan mempertimbangkan letaknya yang tidak begitu jauh dari Indonesia dan tiket yang tidak begitu mahal, membuat Thailand menjadi alternatif liburan luar negeri favorit. 

Negeri yang identik dengan gajah ini tentunya memiliki oleh-oleh khas yang wajib dibawa pulang. Jika berlibur ke suatu tempat, rasanya belum lengkap bila tidak membeli oleh-oleh untuk orang terdekat. Hal ini juga sebagai penanda bahwa kamu telah berkunjung ke Thailand.

Oleh-oleh khas Thailand terpopuler terdiri atas makanan hingga suvenir. Berbagai makanan dan suvenir yang tentunya tidak ada di Indonesia bisa kamu dapatkan. Jikalau ada pun, mungkin cita rasa atau bahan pembuatnya tentu akan berbeda dari yang aslinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/11/2019) tentang oleh-oleh khas Thailand

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Keripik Durian dan Gantungan Kunci Khas Thailand

Keripik Durian

Salah satu oleh-oleh khas Thailand yang wajib dibawa pulang adalah keripik durian. Thailand memang terkenal akan kelezatan buah duriannya. Di Thailand, olahan buah durian dijadikan keripik yang khas ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang terdekat yang menyukai buah satu ini.

Keripik durian menjadi salah satu oleh-oleh khas Thailand yang banyak diminati ,tak hanya karena rasa lezatnya yang khas, tapi daya tahan dari camilan ini tergolong lama, sehingga bisa disimpan dan dibawa sebagai cendera mata.

Gantungan Kunci Khas Thailand

Oleh-oleh khas Thailand selanjutnya adalah gantungan kunci. Gantungan kunci menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak. Gantungan kunci di Thailand umumnya memiliki bentuk unik dan menarik, sehingga akan menjadi kenang-kenangan yang indah bagi teman ataupun keluarga. Di antaranya gantungan kunci berbentuk gajah, Grand Palace, Wat Arun, dan masih banyak lagi yang bisa kamu pilih.

Harga gantungan kunci yang ditawarkan cukup bervariasi. Semakin rumit bentuknya, harga yang diberikan pun akan semakin mahal. Namun jika melakukan pembelian dalam jumlah banyak, kamu bisa melakukan penawaran agar mendapat diskon khusus dari penjual.

3 dari 6 halaman

Manisan Buah dan Miniatur Tuk Tuk

Manisan Buah

Tak cuma buah durian, Thailand juga terkenal sebagai penghasil buah-buahan berkualitas tinggi. Hal ini membuat banyak sekali olahan dari buah yang bisa kamu temukan di Thailand untuk dijadikan oleh-oleh dari Thailand. Salah satunya manisan buah.

Buah tangan khas Thailand ini memiliki banyak varian rasa dan sangat mudah ditemukan di pasar-pasar dan pusat oleh-oleh di Thailand.

Miniatur Tuk Tuk

Membeli miniature Tuk Tuk sebagai oleh-oleh khas Thailand juga bisa menjadi pilihan. Tuk tuk adalah transportasi umum khas Thailand. Kendaraan ini pula yang biasa dipilih para wisatawan untuk menjelajah kota. Memiliki tiga roda, tuk tuk kerap kali dianggap mirip bajaj yang ada di Indonesia. Hanya saja, tuk tuk memiliki ukuran yang relatif lebih besar jika dibandingkan dengan bajaj.

Kamu bisa menemukan cukup banyak penjual miniatur tuk tuk dengan ukuran dan warna yang berbeda-beda. Tak ada salahnya membeli miniatur ini sebagai oleh-oleh khas Thailand untuk mengingat keunikan negara ini. Nantinya, kamu bisa menggunakan miniatur tuk tuk sebagai pajangan di meja kantor ataupun rak buku rumah.

4 dari 6 halaman

Thai Tea Instan dan Porselen Benjarong

Thai Tea Instan

Sebagai negara asalnya, tentunya kamu juga bisa menjadika Thai Tea sebagai oleh-oleh khas Thailand. Thai tea sudah menjadi salah satu minuman paling populer di Indonesia. Oleh karena itu, jangan lupa beli oleh-oleh Thai Tea instan saat akan pulang ke Indonesia.

Salah satu merek thai tea instan paling populer di Thailand adalah Nestea. Minuman ini sudah dinyatakan halal, jadi kamu tak perlu khawatir. Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Bangkok, Thailand ini di minimarket terdekat atau di tempat membeli oleh-oleh. Harganya sekitar 99 Baht atau sekitar Rp44.000 dengan isi 12 bungkus.

Porselen Benjarong

Bila kamu suka mengoleksi barang-barang keramik, porselen benjarong wajib kamu beli sebagai suvenir dan oleh-oleh khas Thailand. Dulu porselen benjarong hanya digunakan di rumah keluarga kerajaan dan kalangan elite, tapi kini bisa digunakan siapa saja.

Sebuah porselen benjarong biasanya memiliki 3-8 warna sehingga terlihat cantik dan meriah. Bentuknya bisa berupa piring, gelas, tatakan gelas, dan vas bunga.

5 dari 6 halaman

Beras Melati dan Kain Sutra Thailand

Beras Melati

Kamu juga bisa membawa pulang oleh-oleh khas Thailand satu ini, yaitu Beras Melati. Jika dibandingkan dengan beras berjenis lain, beras melati khas Thailand ini memiliki tekstur yang lebih lengket setelah dimasak. Hal tersebut terjadi karena adanya kandungan amilopektin yang cukup tinggi di dalam beras.

Beras melati ini juga memiliki bentuk bulir yang cukup panjang. Perpaduan aroma melati dan pandan yang terkandung di dalamnya menciptakan keharuman yang khas.

Kain Sutra Thailand

Salah satu oleh-oleh khas Thailand yang jadi incaran wisatawan adalah kain sutra. Kain sutra Thailand memiliki corak dan warna yang cerah. Selain kain, kamu juga bisa membeli produk berbahan dasar sutra seperti kemeja, dompet, jaket, syal, selendang, hingga piyama.

Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat, seperti Chatuchak Market, Jim Thompson House, Amarin Plaza, dan Mahboonkrong Mall untuk mendapatkan kain sutra asli. Per meter kain sutra Thailand dihargai 300 Baht atau 135 ribu rupiah.

6 dari 6 halaman

Kaos Thailand, Sabun Beras, dan Miniatur Gajah

Kaus Thailand

Kaus menjadi salah satu alternatif oleh-oleh khas Thailand yang simpel. Bagi kamu yang mau memberikan oleh-oleh baju khas Thailand berupa kaus, harganya untuk sebuah kaus biasanya tergantung dari ukurannya.

Untuk orang dewasa, harga kaus yang harus kamu bayarkan adalah sekitar 200 bath sedangkan untuk kaus anak-anak ditawarkan dengan harga 180 bath. Namun untuk pembelian yang banyak, harganya juga beda. Kaus dewasa untuk pembelian minimal 3 pcs, kamu harus membayar sekitar 150 bath. Kaus anak juga untuk pembelian minimal 3 pcs harga per kausnya menjadi 150 bath.

Sabun Beras

Salah satu oleh-oleh khas Thailand yang cukup unik adalah sabun beras. Sebagai produk kecantikan dan perawatan tubuh, sabun beras juga populer sebagai oleh-oleh khas Thailand. Terbuat dari bahan utama beras dan susu, sabun beras Thailand cukup populer dikalangan wisatawan, khususnya Indonesia untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke negeri gajah putih ini.

Miniatur Patung Gajah

Jangan heran kalau kamu menemukan banyak suvenir atau pernak-pernik bermotif gajah di Thailand. Salah satu yang cukup populer adalah miniatur patung gajah. Biasanya, miniatur ini dijual di dalam kotak dengan bagian atas yang transparan sehingga kamu bisa melihat isi miniatur patung gajah di dalamnya tanpa harus membuka penutup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.