Wisata Ambarawa Eling Bening, Tiket Masuk dan Fasilitas Menariknya

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 18 Nov 2019, 13:05 WIB
Diperbarui 19 Nov 2019, 15:14 WIB
Wisata Eling Bening

Liputan6.com, Jakarta Wisata Ambarawa Eling Bening bisa jadi tujuan wisata di Semarang. Wilayah Ambarawa dikenal sebagai daerah wisata dengan berbagai destinasi. Wisata Ambarawa Eling Bening adalah salah satu tujuan yang paling populer.

Wisata Ambarawa Eling Bening sebenarnya merupakan kawasan resort wisata dengan berbagai fasilitas. Wisata Ambarawa Eling Bening ini menawarkan panorama indah dengan sejuknya pegunungan yang mengelilingi Ambarawa.

Wisata Ambarawa Eling Bening hanya memerlukan waktu 30 menit perjalanan dari pintu keluar tol Salatiga. Lokasi ini cocok digunakan untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama teman atau keluarga.

Wisata Ambarawa Eling Bening dikenal dengan konsep tempatnya yang modern berpadu dengan keindahan alam. Di sini terdapat berbagai spot foto yang mendukung konten-konten instagramable hits. Selain wisata Ambarawa Eling Bening, kamu juga bisa mengunjungi tempat menarik lain disekitarnya.

Berikut ulasan tentang wisata Ambarawa Eling Bening yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (18/11/2019).

2 of 5

Lokasi Eling Bening

Eling Bening
Eling Bening di Ambarawa, Jawa Tengah. (dok.Instagram @eling_bening/https://www.instagram.com/p/Bx6P-dNnWiK/Henry

Wisata Ambarawa Eling Bening berlokasi di Jl. Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Bawen, Mustika, Semarang. Memerlukan waktu 30 menit atau sekitar 20 km dari Ungaran untuk menuju tempat ini. Sementara dari pusat kota Semarang memerlukan waktu 46 menit atau jarak kurang lebih 38 km.

Sedangkan jika kamu berangkat dari Salatiga, kamu cukup menempuh 15 km perjalanan dengan waktu kurang lebih 30 menit. Lokasi Eling Bening memang berada di perbukitan, dikelilingi hamparan pegunungan yang asri. Menjadi kawasan wisata yang sejuk dan indah, wisata Ambarawa Eling Bening makin populer di telinga wisatawan baik lokal maupun luar daerah.

3 of 5

Jam buka dan tiket masuk

Wisata Eling Bening
Wisata Eling Bening (sumber: instagram.com/eling_bening)

Wisata Ambarawa Eling Bening buka setiap hari. Pada Senin sampai Jumat tempat ini buka dari pukul 8 pagi hingga 6 sore. Sementara pada Sabtu dan Minggu, Eling Bening buka lebih awal yaitu pada pukul 7 pagi hingga setengah 7 malam.

Tiket masuk Eling Bening juga sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20 ribu tiap orangnya. Dengan tiket masuk ini pengunjung sudah dapat menikmati keindahan alam Ambarawa dari resort modern dengan berbagai fasilitas.

4 of 5

Fasilitas Eling Bening

Wisata Eling Bening
Wisata Eling Bening (sumber: instagram.com/eling_bening)

Restoran dengan latar belakang lansekap alam

Eling Bening menawarkan sensasi menikmati menu makanan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Dari sini, pengunjung bisa merasakan makan di tempat dengan latar belakang Rawa Pening yang luas dan jajaran pegunungan yang menyejukkan mata. Ada pula restoran dengan konsep garden resto.

Kolam renang

Selain restoran, pengunjung juga akan dimanjakan dengan kehadiran kolam renang yang langsung menghadap ke pegunungan. Untuk dapat menikmati kesegaran kolam renang di Eling Bening kamu cukup mengeluarkan biaya tambahan Rp 20 ribu.

Taman Bunga dan lokasi selfie

Eling Bening juga dilengkapi dengan taman bunga mini yang cantik. Ada berbagi jenis bunga beragam warna yang menghiasi spot ini. Selain taman bunga, terdapat berbagai lokasi selfie menarik yang siap mengisi feed Instagrammu.

Fasilitas lainnya

Selain pemandangan alam dan spot selfie menarik, Eling Bening juga menawarkan fasilitas lengkap yang siap memanjakan pengunjung. Eling Bening menjediakan fasilitas Outbound, Play Ground, Camping Ground, tempat meeting, prewedding, atau bahkan lokasi wedding party.

5 of 5

Tempat wisata di sekitar Eling Bening

Danau Rawa Pening
Danau Rawa Pening (sumber: iStock)

Rawa Pening

Rawa Pening merupakan sebuah danau alami yang merupakan cekungan terendah di lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Danau ini berada di 4 kecamatan yakni Bawen, Tuntang, Ambarawa dan Banyubiru. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan 3 gunung sekaligus. Rawa Pening menawarkan birunya air danau dengan dihiasi tanaman enceng gondok di setiap sudutnya.

Kampoeng Rawa

Masih di kawasan Rawa Pening, Kampoeng Rawa menawarkan pengalaman makan di atas danau Rawa Pening. Kampoeng Rawa adalah obyek wisata yang dikelola oleh 12 kelompok tani dan nelayan di Desa Bejalen dan Kelurahan Tambakboyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Fasilitas yang ada di Kampoeng Rawa ini juga cukup banyak. Terdapat restoran apung, pusat kerajinan serta tempat pemancingan.

Museum Kereta Api Ambarawa

Selain wisata alam, di daerah Ambarawa kamu juga bisa mengunjung wisata sejarah di Ambarawa. Salah satu wisata yang paling terkenal di wilayah ini adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Museum Kereta Api Ambarawa terletak sekitar 5 km dari Eling Bening.

Di dalam museum kereta api ini, pengunjung dapat melihat-lihat koleksi lokomotif kereta api dan juga peralatan komunikasinya yang masih sangat kuno. Di sini kamu bisa menaiki langsung kereta dengan rute Ambarawa – Bedono serta Ambarawa – Tuntang.

Monumen Palagan Ambarawa

Selain museum kereta, kamu juga bisa mengunjungi Monumen Palagan Ambarawa. Monumen ini merupakan tempat untuk mengenang pertempuran Palagan Ambarawa yang berlangsung 12 Desember – 15 Desember 1945. Di sini terdapat koleksi-koleksi yang terkait dengan pertempuran saat itu seperti senjata perang, seragam tentara Indonesia dan juga Jepang. Ada pula pesawat Mustang milik Belanda yang berhasil ditembak dan jatuh ke Rawa Pening.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by