Kisah Orang dengan Gangguan Jiwa Bantu Ambulans saat Macet Ini Bikin Haru

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 14 Nov 2019, 09:35 WIB
Diperbarui 16 Nov 2019, 09:13 WIB
Kisah Orang Gila Membantu Ambulans Tidak Terkena Macet Ini Bikin Haru.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang berpikir bahwa orang dengan gangguan jiwa dipastikan sudah berakhir hidupnya dan hanya menyisakan ketidakwarasan selama sisa masa hidupnya. Hal itu membuat orang dengan gangguan jiwa berakhir menjadi gelandangan dan terkatung-katung di jalanan.

Orang dengan gangguan jiwa tersebut lantas tidak dianggap ada di dalam kehidupan sosial masyarakat. Bahkan, masyarakat cenderung menghindari orang-orang tidak waras ini karena beralasan berbahaya dan memiliki gangguan jiwa.

Namun siapa sangka, sosok orang yang dianggap tidak waras ini melakukan hal yang tidak terduga. Melalui postingan akun twitter @giewahyudi, ia membagikan video seseorang dengan gangguan jiwa sedang menolong ambulans.

Dengan hanya memakai celana lusuh tanpa pakaian, orang tersebut berlari saat mendengar sirine ambulans. Di dalam video tersebut terlihat bahwa ambulans terhalang oleh angkot. Lalu orang itu membantu mengatur lalu lintas agar ambulans bisa berjalan normal tanpa macet.

"Orang dengan gangguan jiwa lebih paham kalau ambulans harus didahulukan. Jadi yang waras siapa, yang gila siapa?" tulis akun Twitter @giewahyudi seperti Liputan6.com kutip, Kamis (14/11/2019).

Siapa sangka jika kepedulian dan kesadarannya lebih tinggi nilainya daripada orang yang berpikiran waras. Sontak hal yang dilakukan orang dengan gangguan jiwa tersebut menjadi viral. Video tersebut sudah ditonton 638 ribu orang.

2 of 3

Membantu mengatur lalu lintas agar ambulans bisa berjalan normal tanpa macet

 

Orang yang dianggap memiliki gangguan jiwa ini melakukan tindakan yang tak terduga. Sebagian orang mungkin masih berpikir bahwa orang tersebut sangat berbahaya karena tidak memiliki pikiran yang waras.

Namun siapa sangka, melalui akun Twitter @giewahyudi orang tersebut memiliki kesadaran bahwa ambulans itu adalah kendaraan yang  mengangkut orang sakit atau korban kecelakaan.

Orang dengan gangguan jiwa itu lebih tanggap dan memiliki kepedulian yang sangat tinggi dibanding orang waras pada umumnya. Meski memiliki gangguan mental, namun hatinya nuraninya tetap sehat. Warga Twitter sangat mengapresiasi tindakannya tersebut dengan memberikan komentar baik.

"Jiwanya mungkin terganggu, tapi tidak dengan hatinya," tulis akun @WirawanAbdul.

"Speechless, mungkin gue yang waras gak akan mungkin bisa gercep. Sedangkan dia yang maaf "kurang waras" pedulinya kebangetan semoga bisa dijadikan pelajaran," tulis akun @mbakyas95.

3 of 3

Membantu membersihkan sampah

Melalui akun Twitter @elninovena, ia juga membagikan tingkah laku orang dengan gangguan jiwa. Video yang dibagikannya tersebut berisi tentang orang dengan gangguan jiwa yang sedang membersihkan sampah yang ada di depan pertokoan.

Tanpa alas kaki, orang tersebut menyapu sampah-sampah yang berserakan. Tanpa disadari orang dengan gangguan jiwa sadar bahwa sebaiknya membuang sampah harus pada tempatnya. 

Lanjutkan Membaca ↓