Sukses

Pertolongan Pertama Saat Mata Kemasukan Benda Asing, Aman dan Efektif

Pertolongan pertama saat mata kemasukan benda asing harus dilakukan dengan hati-hati.

Liputan6.com, Jakarta Mata kemasukan benda asing mungkin pernah dialami oleh kebanyakan orang. Tergantung benda asing apa yang masuk ke dalam mata, terkadang hal ini tidak bisa diatasi dengan hanya membiarkannya saja. Bahkan ada pula yang harus memeriksakannya ke dokter karena dapat membahayakan.

Sebagai salah satu organ vital yang sangat dibutuhkan sehari-hari, tentunya dibutuhkan langkah-langkah pertolongan pertama perlu sekali kamu ketahui. Mata yang kemasukan benda asing dapat tergores. Jika kondisinya cukup parah, jangan sungkan untuk segera meminta pertolongan pada ahlinya.

Pertolongan pertama saat mata kemasukan benda asing harus dilakukan dengan hati-hati. Jika kelilipan yang kamu alami kondisinya tidak begitu parah, kamu bisa mengikuti beberapa langkah penanganan. Selain itu, kamu juga bisa memberikan pertolongan pertama pada orang lain.

Pada sebagian besar kasus, beberapa kedipan yang menghasilkan air mata mengalir sudah cukup untuk membasuh benda asing tersebut keluar dari mata. Namun jika tidak, itulah saatnya kamu melakukan langkah-langkah pertolongan pertama pada mata.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/11/2019) tentang pertolongan pertama saat mata kemasukan benda asing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pertolongan Pertama Terhadap Diri Sendiri

Jika mata kamu sendiri yang kemasukan benda asing dan tidak ada orang yang bisa membantu, maka langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:

- Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

- Usahakan untuk mengeluarkan benda asing menggunakan air mengalir yang bersih dan hangat. Gunakan gelas kecil yang sudah terisi air tersebut dan letakkan pada tulang di bawah rongga mata.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan cara berikut:

- Berdiri di bawah shower dan targetkan agar air mengalir dari dahi ke dalam mata yang kemasukan benda asing, sambil membuka mata tersebut menggunakan jari-jari tangan.

Catatan pentingnya, jika kamu sedang menggunakan lensa kontak, maka lepaskanlah terlebih dahulu sebelum kamu mengalirkan air ke mata. Hal ini karena terkadang benda asing tersebut dapat melekat pada permukaan bawah lensa kontak (sisi yang menempel langsung pada mata).

3 dari 5 halaman

Pertolongan Pertama Kepada Orang Lain

Sementara itu jika yang mengalami mata kemasukan benda asing adalah orang lain di sekitar kamu, maka langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

- Cuci tangan kamu menggunakan sabun dan air mengalir.

- Dudukkan orang tersebut di tempat dengan pencahayaan terang.

- Periksa secara saksama mata orang tersebut. Tekan kelopak mata bawah ke arah bawah, dan minta dia untuk melihat ke arah atas.

- Setelah itu, lakukan sebaliknya, tahan kelopak mata atas dan minta dia untuk melihat ke arah bawah.

- Jika benda asing terlihat melayang pada permukaan mata, gunakan pipet yang sudah dibersihkan yang biasa digunakan untuk mengambil obat, lalu isi menggunakan air hangat untuk mengeluarkan benda asing.

- Atau, dongakkan kepala ke belakang dan alirkan air bersih yang hangat dari gelas kecil ke permukaan mata.

4 dari 5 halaman

Yang Tidak Boleh Dilakukan

Lakukanlah langkah-langkah yang telah disebutkan untuk pertolongan pertama saat mata kemasukan benda asing dengan hati-hati. Namun, ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan saat mata kemasukan benda asing, yaitu:

- Jangan mengucek mata.

- Jangan mencoba mengeluarkan benda asing yang tertancap di mata, apalagi jika tidak dapat dikeluarkan dengan aliran air.

5 dari 5 halaman

Kondisi yang Harus Diwaspadai

Tentunya tidak semua kondisi bisa diatasi dengan melakukan langkah-langkah tersebut. Ada beberapa kondisi di mana kamu harus meminta bantuan tenaga medis, seperti:

- Benda asing tidak dapat dikeluarkan dengan aliran air.

- Benda asing terlihat mencuat di antara kelopak mata atas dan bawah.

- Orang yang kemasukan benda asing mengalami penurunan penglihatan, seperti penglihatan ganda atau buram.

- Terdapat rasa nyeri, kemerahan, atau sensasi bahwa masih terdapat benda asing pada mata, meski benda asing tersebut telah berhasil dikeluarkan.

Jika kamu mengalami minimal salah satu dari empat kondisi tersebut, segera periksakan ke dokter mata agar benda asing tersebut dapat dikeluarkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.