Sukses

Gejala Alergi Udang dan Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami

Gejala alergi udang bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Alergi udang merupakan salah satu alergi makanan yang cukup sering terjadi. Meskipun umumnya alergi ini mulai dialami oleh remaja dan orang dewasa, namun tidak menutup kemungkinan anak kecil pun dapat mengalaminya.

Alergi udang biasanya terbawa hingga dewasa dan sulit hilang. Bahkan alergi udang juga bisa menyebabkan menambah alergi makanan laut lainnya, seperti alergi lobster dan kepiting. Alergi ini bisa disebabkan oleh kandungan protein tinggi makanan laut.

Gejala alergi udang bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami. Berbagai bahan alami yang ada di sekitar kamu bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam gejala alergi udang, seperti timbulnya bercak merah dan gatal.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/11/2019) ulasan mengenai gejala alergi udang dan cara mengatasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Alergi Udang

Gejala alergi udang dapat timbul pada berbagai tempat, seperti kulit, sistem pernapasan, dan pencernaan. Bagi kamu yang memiliki alergi udang, sebaiknya selalu perhatikan kandungan makanan yang akan kamu makan. Hal ini untuk menghindari munculnya gejala alergi.

Berikut beberapa gejala alergi udang yang bisa kamu perhatikan:

- Ruam merah yang terasa gatal.

- Mual

- Muntah

- Perut kembung dan nyeri

- Diare

- Biduran

- Bengkak pada bibir, lidah, atau mata

- Sesak napas

- Batuk

- Sulit menelan

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Alergi Udang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, satu-satunya cara untuk mencegah agar alergi udang tidak kambuh adalah dengan menghindari makanan yang mengandung udang. Jadi kamu harus benar-benar memerhatikan kandungan makanan yang akan kamu makan.

Selain itu, kamu juga harus selalu membawa obat anti alergi untuk berjaga-jaga. Jika obat anti alergi sudah tidak mempan, kamu harus membawanya ke dokter.

Namun, walaupun begitu, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk mengatasi alergi udang. Hal ini bisa dilakukan untuk pertolongan pertama saat alergi udang muncul.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Alergi Udang dengan Bahan Alami

Berikut beberapa cara mengatasi alergi udang dengan bahan alami:

Lemon

Lemon ternyata memiliki manfaat untuk mengobati alergi udang. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya yang dapat meningkatkan sistem imun. Saat gejala alergi mulai muncul maka segeralah buat satu gelas lemon hangat dan segera minum habis. Buah lemon ini akan berkhasiat mengurangi bercak kemerahan akibat alergi yang muncul.

Madu

Madu juga dikenal sebagai obat alergi udang yang sangat mujarab. Segera minum segelas air hangat yang dicampur dengan sesendok madu. Madu ternyata memiliki kandungan vitamin yang mampu menghilangkan gatal.

Jahe

Jahe ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati gatal-gatal akibat alergi makanan laut. Hal ini karena jahe memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antioksidan dan analgesik. Jika gatal dan bercak merah mulai timbul segeralah minum satu gelas jahe hangat. Ini akan mengobati alergi kamu dengan segera.

Bawang Putih

Bumbu ini dapat menurunkan gejala alergi udang dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu dan membuatnya tahan terhadap alergen makanan karena aktivitas antioksidan dan anti alerginya. Bawang adalah makanan dengan antihistamin yang memiliki kemampuan ampuh untuk membantu meringankan gejala alergi kerang-kerangan seperti kesulitan bernafas, hidung tersumbat, dan bersin. Kamu tinggal menambahkannya ke dalam makananmu, seperti ke dalam sup ataupun nasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini