Sukses

6 Manfaat Rebung untuk Kesehatan sebagai Olahan Sayur Sederhana

Manfaat rebung untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan serat dan tidak mengandung lemak jahat serta sedikit kalori.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat rebung untuk kesehatan mungkin masih belum banyak diketahui. Biasanya, banyak orang Indonesia yang menjadikannya olahan sayur dan bila dikunyah, ada sedikit sensasi rasa renyah. Rebung baik untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan karena mengandung sedikit kalori.

Rebung adalah bambu muda atau tunas bambu yang bisa dimakan. Olahan sayur yang sering ditemui pada lumpia atau sayur lodeh ini memang tidak memiliki nutrisi yang berlimpah, namun rebung tidak mengandung lemak jahat dan hanya mengandung sedikit kalori.

Manfaat rebung untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan serat dan tidak mengandung lemak jahat serta sedikit kalori. Walaupun sederhana dan bukanlah merupakan sayuran dengan kandungan nutrisi yang berlimpah, rebung ternyata sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat rebung untuk kesehatan dari berbagai sumber, Jumat (8/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat rebung yang pertama adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Bila kamu mengonsumsi 3,5 ons atau ¾ cangkir rebung yang sudah dimasak, kalori yang dihasilkan hanya 12-19 kalori. Selain itu, dikutip dari Livestrong.com, rebung tidak mengandung lemak jahat dan natrium sehingga tak perlu takut dengan penumpukan lemak.

Rebung kalengan mengandung 3 gram karbohidrat, sedangkan rebung segar mengandung 2 gram karbohidrat. Kendati demikian, keduanya menawarkan sekitar 1,6 gram protein.

Namun, bila kamu mengolah rebung dengan santan, minyak, ataupun campuran lainnya yang berpotensi merusak khasiat dari rebung, tentu manfaat ini tak akan bisa dirasakan sepenuhnya.

3 dari 7 halaman

Melancarkan Buang Air Besar

Manfaat rebung yang kedua adalah dapat melancarkan buang air besar. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rebung merupakan sumber serat yang baik. Bila kamu mengonsumsi 3,5 ons rebung yang sudah dimasak matang, kamu sudah memenuhi 4 persen kebutuhan serat harian yang dianjurkan.

Dikutip dari KlikDokter, serat dalam rebung berfungsi untuk menambah berat tinja sekaligus melembutkannya. Bila kamu sedang mengalami konstipasi, mengonsumsi rebung bisa membantu tinja melewati usus besar dengan lebih mudah. Dengan begitu, kamu tak perlu mengejan berlebihan atau menunggu lama saat hendak buang air besar.

4 dari 7 halaman

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat rebung untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat dalam rebung tak cuma baik untuk pencernaan, tapi bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat dalam darah.

Kolesterol jahat atau LDL dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti sumbatan di peredaran darah yang biasanya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan penyakit lain yang berkaitan dengan pembuluh darah.

Dilansir dari KlikDokter, salah satu faktor yang dapat memengaruhi kadar kolesterol tubuh adalah asupan makanan. Kebiasaan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan kadar LDL.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rebung tidak mengandung lemak jahat sedikit pun dan kaya akan serat serta kalium, sehingga kamu bisa memelihara kolesterol di angka yang aman. Jadi, rebung termasuk sumber makanan yang baik bagi penderita kolesterol tinggi.

5 dari 7 halaman

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Kanker

Selain itu, rebung juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Sebuah penelitian dari Washington State University, senyawa asam fenolik dalam rebung dapat memberikan perlindungan antioksidan terhadap penyakit jantung dan kanker.

Fitokimia lain dalam rebung, yaitu lignan, bersifat antijamur dan antivirus sehingga membuat kamu tak mudah terserang penyakit. Lebih dari itu, rebung mengandung fitosterol dan fitonutrien yang dapat menjaga fungsi jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung.

6 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat rebung juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini bisa menjadi alternatif kamu dalam menjaga kesehatan kulit.

Bila kamu biasanya menggunakan bahan yang itu-itu saja, kini saatnya beralih ke rebung. Pasalnya, rebung mengandung vitamin E dan C yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

7 dari 7 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Para peneliti menyebutkan jika nutrisi pada rebung bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin yang terkandung di dalam rebung bahkan dipercaya bisa memaksimalkan kesehatan seseorang.

Di musim hujan seperti sekarang ini, bakteri dan virus akan lebih mudah menyebar dan menyebabkan sakit. Oleh karena itu, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kamu disarankan agar memanfaatkan rebung.

Berbagai manfaat rebung tersebut bisa kamu dapatkan bila mengonsumsi rebung dengan cara direbus atau ditumis secara sederhana. Bila kamu mengolahnya dengan bumbu yang terlalu kompleks atau bahan berlemak lain, tentu rebung tidak akan bisa memberikan khasiatnya secara maksimal. Jadi, cara pengolahannya harus benar-benar diperhatikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini