6 Tips Packing Alat Makeup dan Skincare saat Liburan yang Mudah

Oleh Husnul Abdi pada 08 Nov 2019, 10:20 WIB
Kosmetik/produk makeup

Liputan6.com, Jakarta Tips packing alat makeup dan skincare saat liburan memang harus menjadi perhatian bagi setiap perempuan. Apalagi berbagai produk tersebut sangat berpengaruh terhadap penampilan kamu saat bepergian liburan, tentunya kamu harus benar-benar menjaganya. 

Apalagi dengan banyaknya produk makeup atau skincare yang menggunakan wadah kaca yang rentan rusak. Penting sekali untuk memikirkan bagaimana cara membawa alat makeup dan skincare tersebut agar tidak tumpah.

Tips packing alat makeup dan skincare saat liburan harus benar-benar diperhatikan. Sudah sepatutnya kamu ingin penampilan saat liburan bisa maksimal, sehingga kamu lebih percaya diri. Dengan begitu liburan pun akan terasa lebih nyaman.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/11/2019) tentang tips packing alat makeup dan skincare saat liburan

2 of 7

Menggunakan Kapas untuk Mencegah Kemasan Retak atau Pecah

Kapas
Ilustrasi kapas/copyright shutterstock

Tips packing alat makeup dan skincare yang pertama adalah dengan menggunakan kapas. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya retak atau pecah pada produk dengan kemasan padat. Kapas yang bisa kamu gunakan adalah kapas berbentuk bola yang biasanya digunakan untuk anak bayi.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyumpal ruang kosong antara produk dan kemasan dengan kapas. Kapas ini akan berfungsi sebagai bantalan, sehingga produk pun tidak akan retak meskipun terbentur saat pemeriksaan koper. Dengan ini, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk membawa palet eyeshadow ataupun bedak yang baru kamu beli.

3 of 7

Hindari Membawa Kemasan Kaca

Makeup/kosmetik
Ilustrasi rangkaian produk makeup/kosmetik. (Foto: shutterstock.com By New Africa)

Selanjutnya, tentu kamu sudah sangat paham bahwa kaca sangat rentan untuk pecah. Namun, faktanya banyak sekali produk perawatan kulit yang memang membutuhkan kemasan berbahan kaca untuk menjaga kualitas produknya. Ada beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mencegah produk kamu pecah berkeping-keping.

Opsi pertama adalah memindahkan sebagian isi produk ke dalam botol plastik yang lebih travel-friendly. Jika opsi pertama tidak memungkinkan, kamu bisa meminimalisir kemungkinan produk tersebut pecah dengan menggunakan bantuan handuk kecil atau bubble wrap. 

Kamu tinggal membungkus produk rapat-rapat dengan handuk atau bubble wrap, sehingga produk akan lebih terlindung dari benturan. 

4 of 7

Menggunakan Wadah Ziplock

Tentunya kamu tidak ingin ada produk makeup atau skincare tumpah di dalam tas. Selain sebagian produk juga akan terbuang sia-sia, bagian dalam tas juga akan menjadi basah dan kotor. Padahal, sebagian besar produk perawatan kulit kamu berbentuk cairan. Mulai dari toner, facial wash, face mist, hingga parfum.

Kemasan plastik pun tidak menjadi jaminan kalau si produk tidak akan tumpah. Agar perjalanan liburan lebih nyaman dan bebas dari produk tumpah, kamu bisa menyimpan produk yang berisi cairan ke dalam plastik ziplock.

Begitupun dengan toiletries atau perlengkapan mandi kamu. Meskipun terjadi kemungkinan terburuk yaitu ada produk kamu yang tumpah, setidaknya tumpahan produk akan tertampung dalam ziplock dan tidak membasahi isi tas kamu.

5 of 7

Bawa yang Paling Dibutuhkan

Makeup
ilustrasi Makeup (Sumber foto: Jake Peterson/Unsplash.com)

Tips selanjutnya adalah bawa produk makeup dan skincare yang paling dibutuhkan. Walau kamu punya rutinitas skincare dan makeup, tentunya nggak semua rutinitas akan kamu lakukan selama traveling.

Sebaiknya kamu membawa yang paling penting, seperti pembersih muka, pelembab, serum dan pastinya yang nggak boleh dilupakan adalah sunscreen.

Untuk makeup, sesuaikan dengan destinasi tujuan dan pakaian yang kamu bawa, jadi kamu nggak perlu membawa semua makeup yang kamu punya.

6 of 7

Pilih Produk yang Multifungsi

Pilih Produk yang Multifungsi
Pilih Produk yang Multifungsi (Foto: SASC)

Selain meminimalisir barang bawaan yang terlalu banyak, membawa produk makeup multifungsi juga dapat meringankan beban kuota bagasi, terutama jika kamu bepergian dengan menggunakan pesawat.

Sebenarnya, ada banyak produk makeup yang bisa dialihfungsika. Misalnya saja, eyeshadow palette. Produk yang satu ini bisa digunakan sebagai highlighter, bronzer, blush, bahkan juga untuk mengisi alis.

Supaya lebih ringkas, cukup bawa satu buah eyeshadow palette yang memiliki banyak pilihan warna. Atau, kamu bisa juga membawa lipstik multifungsi yang dapat dipergunakan sebagai blush dan eyeshadow.

7 of 7

Gunakan Wadah Berukuran Kecil

Skincare/mlg
Ilustrasi pelembap wajah/copyright shutterstock

Selain itu, untuk kemudahan dan membuatnya menjadi lebih praktis, kamu bisa menggunakanw adah yang berukuran kecil. Untuk meringankan beban yang perlu dibawa, kamu bisa menggunakan pouch makeup yang lebih kecil supaya kamu nggak tergoda membawa semua produk makeup.

Selain itu, kamu juga bisa memindahkan beberapa produk skincare atau makeup ke dalam wadah yang lebih kecil. Kamu bisa memanfaatkan tempat lensa kontak yang sudah nggak terpakai sebagai wadah untuk sunscreen, pelembab maupun foundation.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan botol kecil serbaguna untuk menyimpan toner dan produk cairan lainnya. Jadi kamu nggak perlu bawa kemasan full size.

Lanjutkan Membaca ↓