10 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti

Oleh Liputan6.com pada 08 Nov 2019, 08:40 WIB
ban serep atau ban cadangan

Liputan6.com, Jakarta Tanda ban mobil harus diganti sebenarnya mudah dikenali. Bagi kamu yang suka bepergian jauh atau tiap hari mengendarai mobil, perlu memperhatikan kondisi ban. Karena ban merupakan salah satu komponen utama yang patut untuk diperhatikan. 

Hal ini dikarenakan, ban merupakan  salah satu komponen mobil yang langsung bersentuhan dengan aspal, dan dalam kondisi yang abnormal dapat membahayakan pengendara maupun orang lain. Pengendara tentunya harus memperhatikan perawatan ban secara berkala agar ban tetap dalam kondisi prima dan siap digunakan.

Ban punya fungsi tak hanya membuat kendaraan bisa jalan, tapi ban ternyata berfungsi untuk mengurangi getaran yang diakibatkan oleh ketidakteraturan jalan. Selain itu ban juga melindungi roda dari keausan. Ban mobil mampu menyeimbangkan kendaraan saat berada di atas permukaan tanah yang bergelombang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat (8/11/2019) tentang tanda ban mobil harus diganti:

2 of 6

Tanda ban mobil harus segera diganti: sering ditambal dan terdapat benjolan pada ban

Tambal Ban Tubeless
Ilustrasi tambal ban (Wikihow).

1. Ban sudah sering ditambal

Benda tajam di jalan raya seperti paku, memang sulit untuk dihindari. Ban mobil yang sudah sering ditambal akibat bocor kena paku atau lainnya, lebih baik harus segera diganti. Meskipun pada ban tubeless bisa hanya ditambal dan dapat berfungsi seperti semula, tetapi apabila ban sudah sering ditambal, tentu kekuatan ban akan berkurang.

2. Terdapat benjolan pada ban

Salah satu penyebab munculnya benjolan pada ban, diantaranya karena sering kurangnya tekanan angin dalam ban. Sehingga bagian ban lainnya harus menanggung beban lebih berat dari yang lain. Selain itu, faktor kondisi jalan yang berlubang turut menjadi salah satu penyebab terdapat benjolan pada ban.

Benjolan pada ban merupakan pertanda adanya anyaman benang maupun kawat penguat konstruksi ban yang putus. Hal ini dapat menyebabkan pecah ban dan berbahaya bagi pengendara. Jika ban dirasa terdapat benjolan, maka segeralah ganti ban mobil demi keamanan pengendara.

3 of 6

Tanda ban mobil harus segera diganti: jarak tempuh dan ban retak

Desain Interior New Veloz dan New Avanza
Ilustrasi (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

3. Jarak tempuh telah mencapai 40.000 km

Untuk mengetahui kondisi ban, salah satu caranya yaitu dengan melihat jarak tempuh mobil tersebut. Jika pada umumnya pemakaian wajar mobil adalah 15.000 km per tahun, maka dapat diperkirakan ban harus diganti setiap 3 tahun sekali. 

4. Ban retak-retak atau pecah

Ban retak-retak atau pecah di bagian samping kerap ditemui. Hal ini disebabkan karena ban yang sering terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. Salah satu solusinya yaitu segera mengganti ban, dan sebisa mungkin untuk menghindari ban mobil terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama.

4 of 6

Tanda ban mobil harus segera diganti: permukaan ban menipis dan gundul tengah

Ban
Ilustrasi ban mobil (Autoevolution)

5. Kondisi permukaan ban semakin menipis

Salah satu tanda ban mobil harus segera diganti, yaitu permukaan ban yang semakin menipis. Cara mengetahuinya dengan mengecek indicator TWI (Tread Wear Indicator).

TWI (Tread Wear Indicator) adalah penunjuk batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai. Apabila permukaan ban telah menyamai posisi indikator TWI, maka ban harus segera diganti.

6. Ban mengalami gundul di tengah

Beberapa tanda di antaranya yaitu ban gundul di tengah saja sedangkan di bagian tepi masih bagus. Hal ini dapat disebabkan kondisi pemakaian atau kebiasaan pengemudi. Apabila terjadi hal demikian, maka segeralah ganti ban mobil.

5 of 6

Tanda ban mobil harus segera diganti: ban lecet dan kembangnya terangkat

ban cadangan
Ilustrasi ban cadangan. (WhichCar)

7. Ban lecet akibat benda keras

Ban mobil memang adakala bersentuhan atau berbenturan dengan benda keras, seperti ketika masuk lubang jalan dan mengakibatkan lecet-lecet pada ban. Apabila sering terjadi hal demikian, segeralah ganti ban mobil.

Hal ini dikarenakan, kondisi ban yang sudah tidak sempurna dan setiap sisi ban tidak lagi seragam. Sehingga, apabila melewati jalan yang rusak, kondisi ban tidak cukup prima dan dapat mengakibatkan pecah ban.

8.  Ban dalam kondisi heel toe wear

Heel toe wear merupakan  kondisi ban mobil yang kembangnya seperti terangkat. Penyebab dari heel toe wear yaitu seringnya mobil tersebut melewati jalanan yang rusak. Terlebih mobil dipacu dengan kecepatan tinggi di jalan yang tidak rata hingga mengerem cukup keras di jalan tersebut. Heel toe wear juga dapat terjadi karena bearing roda, suspense maupun ball joint yang telah aus.

6 of 6

Tanda ban mobil harus segera diganti: usia 3 tahun dan gundul

9. Usia ban telah 3 tahun

Ban yang telah memasuki usia 3 tahun harus segera diganti. Walaupun ban mobil berbahan karet yang elastis, tetapi ban akan tetap berkurang elastisitasnya seiring dengan waktu. Meskipun kembang ban mobil masih tebal dan jarang digunakan, jika telah memasuki usia 3 tahun ban akan dirasa mengeras dan tidak lagi lentur.

10. Ban mengalami gundul di sisi tertentu

Beberapa ban mengalami gundul pada bagian tertentu saja, seperti di sisi ban. Gundul ban di sisi luar, tepi sisi dalam maupun bagian lain dari sisi ban. Meskipun hanya sisi tertentu, tetapi mengganti ban dapat menjadi pilihan untuk menjaga keamanan dalam berkendara mobil.  

Reporter: Addina Zulfa Fa’izah

Lanjutkan Membaca ↓