7 Artis Ini Dirikan Sekolah untuk Anak Tidak Mampu, Inspiratif

Oleh Muhammad Fahrur Safi'i pada 08 Nov 2019, 07:00 WIB
Yuni Shara

Liputan6.com, Jakarta Dunia artis identik dengan dunia gemerlap. Namun tidak semua artis selalu hidup foya-foya, banyak artis yang membelanjakan kekayaannya untuk kepentingan masyarakat. 

Diantaranya banyak artis yang berkecimpung di dunia pendidikan. Mereka tak hanya aktif membantu, tapi juga terjun dan mendirikan sekolah. Salah satunya adalah artis cantik Cinta Laura. Seorang artis muda Indonesia yang berbakat dan juga cantik. Namun ia memiliki perhatian besar terhadap pendidikan di Indonesia.

Ia pun mendirikan sebuah yayasan untuk membangun sebuah sekolah gratis bagi anak-anak yang kekurangan dana. Tak hanya bikin sekolah saja, namun Cinta Laura juga mengajar Bahasa Inggris, namun dengan kesibukannya yang terus bertambah ia pun kini jadi donaturnya.

Berikut 7 artis bikin sekolah gratis yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/11/2019)

2 of 8

1. Zaskia Adya Mecca dan pesantren kilatnya

[Fimela] Zaskia Adya Mecca
(Instagram/zaskiadyamecca)

Zaskia Adya Mecca memiliki sebuah keinginan untuk membangun sebuah pesantren. Pesantren tersebut nantinya dipergunakan untuk anak-anak belajar mengaji setiap sore. Namun Zaskia sendiri ternyata telah memiliki sekolah bernama Taman Pendidikan Alquran Online selama kurang lebih satu tahun.

Program online ini pun telah memiliki 60 pengajar yang datang ke rumah-rumah muridnya untuk mengajari mengaji. Sampai kini ia pun telah memiliki lebih dari 100 murid. Ia pun juga berencana untuk membuka kantor untuk sekolahnya tersebut.

3 of 8

2. Cinta Laura selain menjadi donatur, ia pernah mengajar bahasa Inggris di sekolahnya

[Bintang] Cinta Laura
(Instagram/claurakiehl)

Sosok selebriti muda tanah air yang mempunyai bahasa ikonik ini ternyata sangat peduli dengan dunia pendidikan Indonesia. Cinta Laura yang menggunakan yayasan keluarga Sukaseno membangun sekolah gratis untuk anak-anak yang kekurangan dana.

Selain itu ia pun sejak umur 9 tahun telah aktif dalam mengajar bahasa Inggris di sekolah tersebut. Namun kini dengan kesibukannya dalam bekerja, ia pun kini menjadi donaturnya.

4 of 8

3. Wali Band bikin sekolah dan pengobatan gratis

Wali
Wali Band saat peluncuran single terbaru "Lamar Aku" di live streaming Langit Musik, Jakarta, Kamis (24/10/2019) sore (Dok.Nagaswara)

Grup band musik Wali ternyata menjadi salah satu grup band yang peduli terhadap pendidikan. Sejak tahun 2013 grup band ini melalui program bernama Wali Care membangun sebuah sekolah untuk anak-anak kurang mampu.

Kegiatan belajar mengajar ini pun diadakan dua kali dalam seminggu. Selain itu Gedung sekolah yang digunakan juga untuk tempat pengobatan gratis. Aksi seperti ini harusnya menjadi contoh bagi artis lainnya untuk saling berbagi pada anak yang kurang beruntung.

5 of 8

4. Alena Wu memiliki yayasan bernama Alena Sahabat Anak

Alena Wu
Alena Wu (istimewa)

Memiliki nama lengkap Caroline Gunawan, penyanyi yang biasa disapa Alena Wu ternyata aktif dalam dunia pendidikan untuk anak-anak kurang mampu. Melalui Alena Free Foundation ia memiliki program sekolah gratis untuk anak-anak kurang mampu.

Namun mengutip dari brilio, ia sempat mendapat teror dan ancaman sejak lembaganya berdiri 2009 lalu. Kini sekolah memang masih berjalan dan kemudia berubah nama menjadi Alena Sahabat Anak.

6 of 8

5. Erix Soekamti mendirikan DOES University

Erix Soekamti
Erix Soekamti (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Sebagai pentolan band Endank Soekamti, Erix mendirikan sekolah bernama DOES University. Sekolah yang gratis dan fokus terhadap tiga bidang yang memang cukup laku dalam dunia kerja. Yaitu animasi, compositor dan 3D Modeller.

Namun meski memiliki fokus pendidikan, sekolah ini pun tidak seperti sekolah formal lainnya. Namun meski tidak formal sekolah ini tetap serius dalam membina muridnya dan pengajarnya pun sudah berpengalaman.

7 of 8

6. Yuni Shara membangun sekolah PAUD dan TK di kota kelahirannya, Batu, Malang

Yuni Shara
Yuni Shara di sekolah miliknya di Batu, Malang. (dok.Instagram @cahayapermataabadi/https://www.instagram.com/p/BmkwGEBnaXE/Henry)

Yuni Shara salah satu artis senior yang juga kakak dari diva Krisdayanti ternyata memiliki kepedulian terhadap pendidikan. Ia pun mendirikan sekolah murah yang diperuntukkan bagi anak yang tidak mampu.

Yuni Shara membangun PAUD, TK dan penitipan anak di Batu, Malang, Jawa Timur. Sampai saat ini ia pun memiliki 100 lebih murid. Uniknya sekolah ini tidak memungut biaya yang mahal, SPP-nya pun hanya sebesar Rp 3.500. Bahkan SPP tersebut dapat dibayar dengan sayuran dan buah-buahan.

8 of 8

7. Ruben Onsu membangun sebuah sekolah untuk peringati hari jadi pernikahan ke-6

[Fimela] Ruben Onsu dan Sarwendah
Ruben Onsu dan Sarwendah (Instagram/ruben_onsu)

Dalam memperingati usia pernikahan yang masuk usia 6 tahun. Ruben Onsu tenyata memiliki aksi yang tidak biasa dalam memperingati hari jadi pernikahannya, Selasa (22/10/2019).

Ruben Onsu ternyata mendirikan sebuah sekolah yang ia persembahkan untuk anak-anak yang tidak bisa membaca dan menulis. Lokasi sekolah tersebut berada di desa Cicareuh, Kabupaten Sukabumi.

Lanjutkan Membaca ↓