Manfaat Jeruk Nipis dan Madu untuk Diet, Konsumsi Secara Teratur

Oleh Husnul Abdi pada 07 Nov 2019, 18:45 WIB
Jeruk nipis dan madu

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jeruk nipis dan madu untuk diet penting untuk kamu yang sedang diet. Hanya dengan mencampur kedua bahan yang sehat tersebut, kamu bisa menurunkan berat badan serta mempertahankan berat badanmu secara ideal. 

Seperti yang telah banyak diketahui, madu dan jeruk nipis memang mengandung banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kombinasi kedua bahan tersebut juga tidak kalah sehat. Kamu bisa mengonsumsinya dengan teratur untuk mendapatkan manfaat terbaik.

Manfaat jeruk nipis dan madu untuk diet bisa kamu terapkan di rumah. Tentunya kamu juga tetap harus memperhatikan pola makan sehat dan berolahraga seara teratur untuk mendukung efek dari kedua bahan sehat ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/11/2019) tentang manfaat jeruk nipis dan madu untuk diet

2 of 6

Memaksimalkan Pembakaran Lemak

Pembakaran Lemak
Pembakaran Lemak. (iStockphoto)

Manfaat jeruk nipis dan madu untuk diet dapat memaksimalkan pembakaran lemak. Hal ini karena jeruk nipis kaya akan kandungan antioksidan, asam sitrat, dan vitamin C.

Menurut sebuah penelitian tahun 2005 pada Journal of the American College of Nutrition, zat-zat tersebut bisa membakar lemak hingga 30% lebih banyak ketika kamu beraktivitas dan berolahraga.

Ini karena kandungan dalam jeruk nipis mampu mempercepat sistem metabolisme tubuh. Maka, ketika kamu beraktivitas fisik, lemak dan gula dalam tubuh akan diubah lebih cepat menjadi sumber energi. Hal ini tentu baik untuk membantu mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

Selain itu, madu memiliki kadar karbohidrat yang rendah walau terasa manis sehingga cocok untuk makanan diet rendah kalori. Untuk membakar lemak yang membandel di tubuh, kamu dapat mengobinasikan manfaat jeruk nipis dan madu untuk diet.

3 of 6

Menunda Rasa Lapar

Menunda Lapar
Menunda Lapar / Sumber: iStockphoto

Manfaat jeruk nipis dan madu untuk diet selanjutnya adalah sebagai penunda rasa lapar. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Begitu juga dengan mengonsumsi jeruk nipis untuk diet.

Jeruk nipis menawarkan kandungan serat larut air dan serat tak larut. Kedua jenis serat ini bisa membuat kamu merasa kenyang tanpa kalori yang berlebihan. Dengan begitu, kamu pun bisa menahan godaan untuk menyantap camilan atau makan lagi sebelum waktunya.

Madu juga memiliki kadar karbohidrat, karena itu mengonsumsi madu setiap hari dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat kamu setiap harinya. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengurangi makanan yang berkalori tinggi.

Minum madu dengan air hangat sebelum makan akan membantu menurunkan rasa lapar di perut. Jadi kamu bisa mendapatkan manfaat jeruk nipis dan madu untuk diet sekaligus saat mengonsumsinya.

4 of 6

Membantu Melancarkan Pencernaan

Membantu Melancarkan Pencernaan
Membantu Melancarkan Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Berbagai masalah pencernaan bisa membuat kamu lebih susah diet. Sementara itu, jeruk nipis bisa melancarkan pencernaan secara alami berkat kandungan senyawa flavonoid. Senyawa ini bisa meningkatkan produksi enzim dalam tubuh yang diperlukan untuk mengurai makanan.

Dengan adanya manfaat jeruk nipis dan madu untuk diet ini, tubuh pun jadi tak perlu menimbun terlalu banyak sisa racun dan makanan. Pasalnya, timbunan zat-zat sisa tersebut bisa membuat perut dan pinggang tambah lebar.  

Gula alami dalam madu juga dapat membantu melancarkan sistem metabolisme pada tubuh, dengan membuang lemak dan menurunkan kolesterol. Gula alami dalam madu lebih baik dibandingkan gula atau pemanis buatan yang menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah.

5 of 6

Manfaat Jeruk Nipis dan Madu untuk Diet

Ilustrasi air Jeruk nipis. Foto: Istimewa
Ilustrasi air Jeruk nipis. Foto: Istimewa

Mungkin kamu sudah mengetahui, sama seperti jeruk dan lemon, jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang tinggi. Kandungan asam sitrat dan vitamin C yang terdapat di dalamnya dapat membantu melarutkan gula dan lemak di dalam tubuh, serta rendah akan kalori.

Oleh karenanya, dengan mengonsumi segelas air hangat yang sudah dicampurkan perasan jeruk nipis setiap harinya dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan, membantu melancarkan pencernaan, sekaligus membantu proses detoksifikasi.

Selain itu, dengan kombinasi jeruk nipis dan madu, kamu tidak hanya akan mendapat manfaat jeruk nipis, namun sekaligus juga mendapat manfaat dari madu. Kalau untuk diet, madu sendiri memiliki beberapa manfaat seperti memberikan energi tambahan agar Anda tidak mudah lapar, serta meningkatkan sistem pencernaan.

Rasa jeruk nipis yang sangat asam mungkin tidak terlalu disukai oleh beberapa orang. Dengan menambahkan 1 sendok madu pada segelas air hangat yang telah diberi perasan jeruk nipis, kamu tentunya tidak perlu cemas lagi dengan rasa asam tersebut.

Namun, dalam mendapatkan manfaat jeruk nipis dan madu untuk diet ini, kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bila memiliki riwayat masalah lambung atau gigi sensitif.

6 of 6

Manfaat Jeruk Nipis dan Jahe untuk Diet

manfaat air jahe
Manfaat minum air jahe./Copyright shutterstock.com

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat untuk diet dengan mengonbinasikan jeruk nipis dan jahe. Baik jahe maupun jeruk nipis memiliki manfaat yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

Saat mengonsumi minuman jahe, kamu akan merasakan hangat atau panas dalam tubuh. Rasa panas tersebut bermanfaat untuk diet karena akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. 

Dalam studi yang dilakukan oleh Human Nutrition di Columbia University, ditemukan juga bahwa jahe dapat membantu mengontrol nafsu makan lebih baik, memperkuat fungsi metabolisme, membantu proses detoksifikasi, dan meningkatkan proses pembakaran lemak.

Lanjutkan Membaca ↓