8 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan, Mudah Dipraktikkan

Oleh Liputan6.com pada 07 Nov 2019, 17:20 WIB
[Fimela] Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta Musim mulai berganti. Tips menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan perlu di ketahui. Memasuki musim penghujan, cuaca akan semakin tidak bisa ditebak, karena hujan bisa turun kapan saja. 

Perubahan iklim menyebabkan cuaca dan musim semakin tak karuan. Musim kemarau semakin bertambah panjang dan musim penghujan datang terlambat. Akibatnya, kesehatan tubuh akan ikut terpengaruh.

Setelah melewati kemarau panjang, tubuh harus menghadapi cuaca dingin dan hujan yang datangnya sulit ditebak. Diperlukan kemampuan adaptasi dan kekebalan tubuh yang kuat untuk mengantisipasi serangan berbagai penyakit di musim penghujan, seperti diare, flu, demam hingga demam berdarah. Informasi tentang tips menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan perlu diketahui.

Tidak hanya konsumsi makanan sehat dan bernutrisi saja yang penting untuk menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan. Akan tetapi langkah antisipatif seperti kebersihan lingkungan dan makanan juga penting.

Berikut tips menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan sebagaimana dikutip Liputan6.com dari laman Asia One dan sumber-sumber lainnya.

2 of 5

Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dengan Konsumsi Cairan dan Cuci Buah

Kiat Mencuci Sayur dan Buah yang Aman
Kiat Mencuci Sayur dan Buah yang Aman

1. Konsumsi Cairan yang Cukup

Kita pasti sudah tahu, lebih dari 90 persen tubuh terdiri atas air. Oleh sebab itu, kebutuhan tubuh akan air sangatlah tinggi. Entah di musim kemarau maupun musim hujan, pemenuhan kebutuhan air harian sangat penting.

Air akan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dengan begitu, sirkulasi darah akan lancar dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dibanding air dingin, konsumsi air hangat lebih disarankan saat musim hujan, karena dapat menghangatkan tubuh.

2. Mencuci Buah dan Sayur Sebelum Dimakan

Konsumsi buah dan sayur tidak harus di musim hujan saja, tapi setiap hari. Di dalam buah dan sayur terdapat banyak nutrisi alami yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, penting untuk mencuci buah dan sayu sebelum dikonsumsi, agar kotoran dan zat kimia yang menempel hilang.

3 of 5

Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dengan Menjaga Kebersihan

20151021-Ilustrasi mencuci tangan
Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)

3. Rajin Mencuci Tangan

Tips menjaga tubuh tetap sehat tidak hanya berpusat pada makanan yang dikonsumsi saja, tapi juga masalah kebersihan tubuh, salah satunya mencuci tangan.

Di musim hujan, semakin banyak bakteri dan kuman yang berkembang, karena suhu udara menjadi lebih lembab. Oleh sebab itu, kita harus rajin mencuci tangan, baik sebelum makan maupun setelah melakukan sesuatu.

4. Rajin Membersihkan Rumah

Tidak hanya kebersihan tubuh saja, untuk menjaga tubuh tetap sehat, kita juga harus memperhatikan lingkungan sekitar. Saat musim hujan, suhu ruangan di dalam rumah akan berubah menjadi lebih lembab dan basah. Banyak bakteri dan kuman penyebab penyakit yang menyenangi kondisi demikian.

Oleh sebab itu, selama musim hujan, kita harus rajin membersihkan rumah. Tips ini baik untuk menjaga tubuh tetap sehat agar terhindar dari serangan bakteri atau kuman yang menempel di setiap sudut rumah.

4 of 5

Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat, ‘Sedia Payung Sebelum Hujan’

[Bintang] Cewek
Ilustrasi payung. (via. magic4wall)

5. Selalu Cek Perkiraan Cuaca Harian

Mencegah lebih baik daripada mengobati, ungkapan tersebut memang benar adanya. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari serangan penyakit di musim hujan, lebih baik kita mencegah penyebabnya.

Kekebalan tubuh biasanya akan menurun ketika terjadi perubahan suhu tubuh. Kehujanan menjadi salah satu pemicunya, virus, kuman dan bakteri akan lebih mudah menyerang tubuh. Jangan lupa mengecek perkiraan cuaca setiap pagi sebelum beraktivitas untuk mempersiapkan diri menghadapi hujan.

6. Pakai Pakaian Tebal, dan Sedia Payung atau Jas Hujan

Turunnya hujan tidak bisa terprediksi dengan akurat, bahkan kadang ramalan cuaca harian bisa salah. Untuk mengantisipasinya, selalu bawa jaket atau pakaian tebal dan membawa payung atau jas hujan. Selain untuk melindungi tubuh dari air hujan, pakaian tebal mampu membuat tubuh jadi lebih hangat.

5 of 5

Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dengan Olahraga dan Istirahat

7. Rutin Berolahraga

Kunci utama menjaga tubuh tetap sehat ialah berolahraga. Dengan rutin berolahraga, kekuatan dan kekebalan tubuh akan meningkat. Inilah yang membuat para atlet atau orang yang gemar berolahraga jarang terserang penyakit.

Tidak hanya di musim hujan saja, olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Terutama di musim hujan, tubuh memerlukan pertahanan dan kekuatan lebih dalam menghadapi cuaca dan suhu yang kerap berubah. Jadi, jangan lupa untuk selalu berolahraga dengan rutin ya.

8. Istirahat yang Cukup

Tips menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan yang terakhir yaitu cukup istirahat. Tubuh yang kelelahan karena banyak beraktivitas, akan membuat imunitas menurun, dan lebih mudah terserang berbagai penyakit.

Baik istirahat di siang hari maupun istirahat malam, kualitas istirahat sangat penting. Usahakan untuk tidak begadang, dan bekerja tanpa istirahat. Bukannya ketepatan pekerjaan yang diperoleh, tapi justru membuat tubuh menjadi kelelahan dan berujung pada serangan penyakit. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Reporter: Siwi Nur Wakhidah

Lanjutkan Membaca ↓