Jenis Keramik Lantai Berkualitas dan Tips Memilihnya yang Tepat

Oleh Husnul Abdi pada 07 Nov 2019, 17:30 WIB
Jenis Keramik Lantai

Liputan6.com, Jakarta Jenis keramik lantai tentunya menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting untuk rumahmu. Kamu harus ekstra hati-hati dalam memilihnya, karena akan digunakan mungkin untuk selamanya di rumah. Jadi harus mendapatkan yang paling berkualitas.

Tentunya kamu tidak mau mendapatkan jenis keramik lantai yang mudah retak atau pecah. Selain itu, jenis keramik lantai yang kamu pilih juga harus sesuai dengan dekorasi rumah. Saat kamu salah memilih, tentunya bisa membuat kamu tidak nyaman di rumah sendiri.

Jenis keramik lantai perlu dipilih dengan pertimbangan matang. Banyak aspek yang perlu kamu perhatikan seperti warna, motif, desain bentuk, dan lain-lain. selain itu, kamu perlu tahu juga keramik mana yang cocok untuk lantai yang kamu inginkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/11/2019) tentang jenis keramik lantai. 

2 of 5

Keramik Biasa dan Keramik Teraso

Keramik Biasa
Keramik Biasa (Sumber: Pixabay)

Keramik Biasa

Jenis keramik lantai yang pertama adalah kermik biasa. Keramik jenis ini begitu laris di pasaran. Pasalnya, jumlah produksi keramik biasa memang jauh lebih tinggi daripada keramik jenis lainnya. Sehingga tidaklah sulit untuk memperolehnya di pasaran, meski di toko bangunan kecil sekalipun.

Ukuran keramik biasa berbeda-beda. Mulai dari 30 cm persegi sampai 80 cm persegi. Bahkan ada juga keramik biasa yang memiliki ukuran memanjang, yakni sekitar 15 x 30 cm. Jenis keramik lantai satu ini sangat cocok untuk kamu yang sederhana dan tidak mau yang rumit.

Keramik Teraso

Jenis keramik lantai teraso sekarang ini menjadi jenis yang paling banyak disukai dan digunakan beberapa pengembang dan pencinta rumah bergaya etnik serta klasik. Pada umumnya, ukuran dari keramik teraso adalah 20 x 20 cm.

Keramik jenis teraso ini bisa menghasilkan nuansa etnik dan juga tradisional jika digunakan pada rumah. Sekarang ini, keramik jenis teraso juga sudah banyak digunakan di restoran dan juga vila yang mengusung tema klasik tradisional.

3 of 5

Keramik Granit Alam, Homogeneous Tile, dan Keramik Semen

Jenis Keramik Lantai
Jenis Keramik Lantai (Sumber: Pixabay)

Keramik Granit Alam

Jenis keramik lantai granit ini biasanya akan dipakai oleh kalangan menengah ke atas. Dari segi keindahan, keramik ini akan membuat hunian terlihat lebih asri dan juga lebih elegan.

Keramik jenis ini merupakan hasil tambang. Itulah mengapa dari segi harga juga terbilang sangat mahal dibandingkan dengan jenis jenis keramik lainnya. Meskipun demikian, harga tetaplah sebanding dengan kualitas. Rumah kamu akan terlihat lebih mewah daripada menggunakan keramik biasa.

Homogeneous Tile

Keramik jenis homogeneous adalah keramik tiruan granit yang dibuat di pabrik. Keramik ini memang sengaja dibuat semirip mungkin dengan marmer atau granit dan biasanya tersedia dalam ukuran besar dan jarang diproduksi dalam ukuran yang kecil.

Biasanya keramik jenis ini digunakan untuk lantai gedung gedung pusat perbelanjaan, apartemen dan beberapa bangunan lain agar bisa terlihat mewah namun dengan biaya yang minim. Jenis keramik lantai ini sangat nyaman bagi kamu yang menginginkan desain rumah minimalis. Sebelum menggunakan kerakim homogenous tile, ada baiknya kamu tentukan dulu ukurannya.

Ada yang berukuran 40×40 cm, 60×60 cm hingga yang paling besar yakni 100×100 cm. Bahkan, baru-baru ini keramik homogeneous tile berukuran besar sedang menjadi trend dan laku keras di pasaran.

Keramik Semen

Seperti namanya, jenis keramik lantai ini memang menggunakan semen sebagai bahan penutup yang banyak digunakan untuk pabrik dan juga gudang sebab daya tahannya yang bisa menampung benda benda berat.

Namun dengan kemajuan teknologi sekarang ini khususnya teknologi di bidang pemolesan, membuat lantai semen kembali populer untuk digunakan, tidak kalah dengan jenis-jenis lainnya.

4 of 5

Tips Memilih Keramik Lantai

Jenis Keramik Lantai
Jenis Keramik Lantai (Sumber: Pixabay)

Dalam memilih jenis keramik lantai, kamu harus memerhatikan beberapa hal berikut:

1. Memilih warna yang tepat

Dalam memilih warna keramik lantai, kamu harus tahu tentang tema apa yang akan kamu aplikasikan pada rumah. Pilihlah warna yang lembut dan ciptakan sinkronisasi dengan warna dinding rumah. Hal ini dilakukan agar tampilan interior tampak lebih indah serta menarik.

2. Ukuran Keramik

Sesuaikan pula ukuran keramik dengan luas ruangan, jika kamu mempunyai ruangan yang cukup luas sebaiknya memakai ukuran keramik yang besar, begitu pula sebaliknya. Ukuran sebuah keramik cukup berperan penting dalam menciptakan suasana dalam rumah, sehingga akan memberikan kenyamanan ketika kamu berada pada ruangan tersebut.

5 of 5

Tips Memilih Keramik Lantai Selanjutnya

Jenis Keramik Lantai
Jenis Keramik Lantai (Sumber: Pixabay)

3. Motif Keramik

Saat ini sudah sangat banyak motif yang bisa kamu pilih. Sama dengan penentuan warna, kamu harus bisa menyesuaikannya dengan tema ruangan dan warna dinding agar lebih indah.

4. Permukaan keramik

Pilihlah jenis keramik sesuai dimana keramik itu akan di tempatkan. Contohnya untuk pemilihan keramik kamar mandi kamu bisa memilih lantai keramik dengan permukaan yang sedikit kasar sehingga tidak mudah terpeleset dan biasanya untuk keramik ruang utama pilihlah lantai keramik dengan permukaan yang halus.

5. Memilih Bahan Keramik

Terakhir adalah memilih bahan keramik yang dapat tahan lama sehingga tidak mudah pecah ketika terinjak nantinya.

Lanjutkan Membaca ↓