8 Benda Ini Punya Warna Khusus, Ada Makna di Baliknya

Oleh Muhammad Fahrur Safi'i pada 07 Nov 2019, 17:20 WIB
8 Benda Ini Memiliki Warna Tertentu, Ada Makna di Baliknya

Liputan6.com, Jakarta Banyak sekali benda-benda yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang memiliki warna berbeda. Pemilihan warna tersebut ternyata memiliki warna tertentu yang mengacu pada kegunaannya. 

Jangan anggap remeh arti dari warna setiap benda karena ternyata benda tersebut memang didesain beda warna. Jadi bukan sekadar estetika saja. 

Perbedaan warna yang digunakan ini biasanya untuk mempermudah mencari barang, mengelompokan barang, atau hanya sekadar menghemat biaya dari warna yang dipilih untuk warna suatu produk. Seperti halnya sebuah lampu lalu lintas dimana warna merah menandakan untuk berhenti.

Dalam pengaplikasian warna pada lampu lalu lintas ternyata warna yang dipilih merupakan sebuah warna yang memiliki panjang gelombang tertentu yang dapat dilihat oleh manusia. Jadi dari kejauhan warna lampu lalu lintas yang berubah dapat mudah untuk diketahui.

Nah selain warna traffic light, ternyata banyak sekali arti warna yang digunakan dalam benda sekiyat. Berikut 8 benda dengan warna dan makna tertentu yang Liputan6.com lansir dari brightside, Kamis (7/11/2019)

2 of 9

1. Hidran kebakaran

8 Benda Ini Memiliki Warna Tertentu, Ada Makna di Baliknya
Warna hidran yang memiliki setiap makna (Sumber: Brightside)

Hidran adalah suatu alat yang digunakan untuk menangani kebakaran sebagai sumber air. Biasanya alat ini ada di luar ruangan, seperti halaman atau pinggir jalan raya. Sumber airnya pun bisa disediakan oleh pemiliki gedung atau dari perusahaan air milik daerah.

Hidran sendiri sebenarnya memiliki warna tertentu yang mempunyai makna sendiri. Setiap warnanya mewakili berapa galon per menitnya (GPM).

Warna paling populer memang warna merah dengan laju alir kurang dari 500 GPM, namun ada pula warna oranye dengan lajur alir 500-999 GPM, hijau yaitu 1000-1499 GPM dan biru 1500 GPM.

3 of 9

2. Warna pesawat yang selalu dominan putih

Ilustrasi pesawat (iStock)
Ilustrasi pesawat (iStock)

Seringkali saat naik pesawat pasti banyak sekali pesawat yang menggunakan warna dominan putih. Selain untuk menghemat biaya pengecatan pesawat, warna putih juga berarti untuk mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah pesawat terlalu panas.

4 of 9

3. Warna ban yang selalu hitam

Ban
Ilustrasi ban mobil kempis (Autoevolution)

Karet yang dihasilkan oleh pohon memang berwarna putih. Namun dalam pengaplikasiannya menjadi sebuah produk ban ditambahkan material berupa karbon hitam untuk memperpanjang umurnya.

Inilah yang menyebabkan ban pada setiap kendaraan berwarna hitam. Selain itu karbon hitam meningkatkan kekuatan dan daya tahan ban dengan menghindarkan panas dan melindunginya dari sinar UV.

5 of 9

4. Warna tisu toilet yang cenderung berwarna putih

Kesalahan Saat Membersihkan Layar Handphone
Tisu Toilet / Sumber: iStockphoto

Kertas toilet berwarna putih karena diberi pemutih. Tanpa pemutih, kertas akan memiliki warna kecoklatan. Kertas toilet tidak ditemukan dalam banyak warna lain karena bila diberi warna akan menghabiskan lebih banyak biaya.

Namun, hal tersebut bukanlah satu-satunya alasan. Akan tetapi kertas toilet yang berwarna tidak akan terurai dengan cepat. Putih adalah pilihan yang aman.

6 of 9

5. Lampu lalu lintas

Ilustrasi lampu lalu lintas (iStock)
Ilustrasi lampu lalu lintas (iStock)

Warna lampu lalu lintas pasti memiliki tiga warna, yaitu merah, kuning dan hijau. Merah berarti berhenti, hijau berarti jalan, dan kuning berarti melanjutkan dengan hati-hati. Namun, ada alasan mengapa warna-warna ini dipilih.

Merah adalah warna dengan panjang gelombang terpanjang yang berarti dapat dilihat dari jarak yang lebih jauh, memungkinkan pengemudi untuk melihatnya dari jauh. Kuning memiliki panjang gelombang lebih pendek dari merah tetapi lebih panjang dari hijau. Panjang gelombang ini membuatnya lebih jelas ketika lampu berubah dari hijau ke kuning atau dari kuning ke merah.

7 of 9

6. Warna platform media sosial

Cara chat LINE di PC tanpa perlu install aplikasi
Aplikasi Media Sosial / Sumber: iStock

Meskipun platform media sosial memiliki warna yang berbeda dalam logo mereka, banyak dari mereka menggunakan warna biru. Ini karena warna biru dikaitkan dengan kecerdasan dan pikiran yang terhubung dengan tindakan berkomunikasi.

Warna ini juga mewakili keamanan dan keandalan. Perusahaan media sosial ingin orang merasa aman saat berkomunikasi dengan orang lain, sehingga mereka memutuskan warna biru.

8 of 9

7. Warna taksi yang awalnya berwarna kuning

Keren, Deretan Angkutan Klasik hingga Modern Hiasi JIExpo Kemayoran
Pengunjung mengamati taksi yang dipajang dalam pameran Indonesia Classic N Unique Bus 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (20/3). Pameran ini berlangsung pada 20-22 Maret 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Taksi awalnya cenderung berwarna kuning di berbagai negara. Namun sekarang warna mobil taksi yang ada di Indonesia memang bermacam-macam tergantung dari perusahaan mana.

Ada yang berwarna hitam, bitu, hingga merah muda. Namun dahulu berwarna kuning karena memiliki suatu makna tertentu. Yaitu warna kuning yang digunakan pada taksi lebih mudah untuk dikenali. Karena warna kuning merupakan warna yang menonjol dari orang lain di jalanan.

9 of 9

8. Warna bola sepak

Ilustrasi Sepak Bola
Ilustrasi sepak bola (Abdillah/Liputan6.com)

Warna bola pada zaman sekarang memang sudah bermacam-macam. Ada yang kuning ada pula yang berwarna-warni. Namun pada zaman dahulu warna bola adalah putih.

Namun, perusahaan Adidas memutuskan untuk juga menambahkan hitam pada bola. Bola hitam dan putih lebih mudah dikenali di TV karena pada saat itu, gambar-gambar di TV masih hitam dan putih.

Lanjutkan Membaca ↓