10 Oleh-oleh Khas Bali Terpopuler yang Wajib Dibeli

Oleh Husnul Abdi pada 07 Nov 2019, 15:40 WIB
Pie Susu Bali

Liputan6.com, Jakarta Oleh-oleh khas Bali tentunya harus kamu bawa pulang saat berlibur ke Bali. Rasanya tidak akan lengkap pergi liburan ke Bali tanpa membawa buah tangan yang khas dan tidak bisa didapatkan dari tempat lain. Walaupun ada di tempat lain, tentunya rasa atau bentuknya akan berbeda.

Sebagai salah satu destinasi wisata paling terkenal di seluruh Indonesia, bahkan namanya telah diakui oleh dunia, Bali memiliki berbagai macam potensi. Selain wisata alam dan budaya yang ditawarkannya, kamu tentunya perlu juga membawa oleh-oleh saat pulang dari liburan nanti.

Oleh-oleh khas Bali terdiri dari makanan dan minuman hingga pakaian. Tentunya kamu tidak asing lagi dengan berbagai macam oleh-oleh khas Bali yang begitu populer. Jangan sampai kamu tidak membawa cendera mata saat liburan ke Bali.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/11/2019) tentang oleh-oleh khas Bali terpopuler. 

2 of 5

Oleh-oleh Khas Bali: Makanan

Ilustrasi salak
Ilustrasi salak (Sumber: Pixabay)

Pie Susu

Oleh-oleh khas Bali yang pertama tentunya adalah pie susu yang terkenal itu. Saat kamu berlibur ke Bali, biasanya teman-teman akan titip oleh pie susu ini padamu saking terkenalnya. Dulunya, pie susu menjadi kue yang sering disajikan saat acara keluarga dan acara lainnya.

Rasanya yang enak dan manis merupakan daya tarik utama dari pie susu. Pie susu memiliki bentuk yang cukup simpel. Bentuknya bundar menyerupai pie umumnya, tetapi lebih gepeng. Dan bagian terbaiknya adalah fla susu yang ada di tengahnya. Rasa lumer di mulut ditambah dengan rasa manisnya akan membuatmu ketagihan.

Kamu bisa mendapatkan pie susu di Bali dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar Rp 25.000 hingga Rp 35.000 per box nya, dimana 1 box berisikan 10 pcs.

Salak Bali

Ke Bali tapi tidak menikmati buah asli Pulau Dewata adalah hal yang mubazir. Salak Bali, salah satu yang paling populer, pantas menjadi buah tangan saat Anda kembali ke kampung halaman.

Anda bisa datang langsung ke agrowisata Abian Salak jika ingin mencicipi langsung dan melihat pembiakan salak Bali. Namun untuk mendapatkan buah tersebut, Anda bisa mendapatkan di setiap pasar yang ada di Bali.

Sentra produksi: Agrowisata Abian Salak, Jalan Raya Duda Timur, Karanganyar, Sibetan, Bebandem, Sibetan, Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali

Harga: Mulai dari 5,000 IDR per kilogram untuk salak biasa, 75,000 IDR per kilogram untuk salak gula pasir.

Kacang Disco

Selain itu, ada pula oleh-oleh khas Bali dari bahan kacang, yaitu kacang disco. Selain digoreng atau disangrai, di Bali, kacang juga kerap diolah dengan aneka bahan. Salah satunya kacang disco. Kacang bercita rasa gurih nan lezat ini terbuat dari kacang tanah yang dibalut dengan tepung yang telah dibumbui.

Kacang disco umumnya akan disantap langsung tanpa tambahan bumbu, namun jika kamu ingin mencoba rasa yang berbeda, tersedia pula varian rasa lain yang bisa kamu pilih, di antaranya rasa pedas, manis, barbeque, jagung, hingga keju.

3 of 5

Oleh-oleh Khas Bali: Minuman

Kopi
ilustrasi kopi/Photo by Mike Kenneally on Unsplash

Kopi Kintamani

Oleh-oleh khas Bali yang tak kalah terkenal adalah Kopi Kintamani. Sekantung Kopi Kintamani dijamin akan membuat temanmu yang penyuka kopi menjadi senang dan bahagia.

Dengan biji kopi arabika, biji Kopi Kintamani bertekstur medium dan memiliki rasa yang lembut juga unik, aromanya pun tak kalah unik yang khas. Kamu bisa langsung ke daerah Kintamani untuk mendapatkan kopi ini. Harganya per bungkus sekitar Rp 60.000 per bungkus.

Arak Bali

Arak Bali mungkin merupakan salah satu minuman beralkohol yang sangat dicari-cari oleh banyak orang. Arak Bali memiliki rasa yang unik dengan kualitas tinggi. Arak Bali cocok untuk kamu yang ingin menikmati minuamn beralkohol dengan kearifan lokal.

Tak sulit mendapatkan arak Bali, namun untuk mendapatkan yang terbaik dan berkualitas tinggi, mungkin kamu bisa ke Karangasem, yang merupakan salah satu tempat penghasil minuman keras lokal yang populer. Harganya mulai dari Rp 100.000 tergantung kualitas dan kadar alkohol.

Namun, kamu harus ingat bahwa minuman ini adalah minuman beralkohol dan tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsinya karena bisa berakibat buruk pada kesehatan.

4 of 5

Oleh-oleh Khas Bali: Pakaian

Joger
Baju Joger (Sumber: Joger)

Baju Kaus Joger

Belum ke Bali jika tidak ke Joger merupakan frasa yang telah melekat bagi wisatawan yang berlibur ke Bali. Toko souvenir di Jalan Raya Kuta ini memang menjadi fenomena tersendiri di Bali. Oleh-oleh khas Bali satu ini memiliki popularitas yang belum bisa disaingi oleh tempat mana pun di Bali dalam hal tempat belanja oleh-oleh kekinian.

Uniknya, Joger juga tak menjual barang-barangnya secara online, jadi kamu harus datang ke Bali langsung untuk mendapatkan merchandise aslinya. 

Baju Barong

Selanjutnya masih seputar pakaian, ada baju barong yang mungkin bisa kamu temukan digunakan dimana-mana. Mulai dari turis mancanegara hingga lokal, semua suka dengan baju barong. Selain harganya yang cukup miring, bahannya juga nyaman untuk dipakai.

Dengan popularitas yang cukup tinggi, dan pastinya menunjukkan ciri khas Bali, membawa beberapa baju barong untuk sanak saudara dan sahabat sebagai oleh-oleh khas Bali akan membuat mereka bahagia dan tidak menguras dompetmu.

Kamu bisa menemukan penjual baju barong ini hampir di semua pasar seni di Bali. Harganya pun murah mulai dari Rp 15.000 tergantung ukuran dan warna.

5 of 5

Oleh-oleh Khas Bali: Kerajinan

Kerajinan perak
Salah satu kerajinan perak di Gianyar, Bali

Kerajinan Perak Desa Celuk

Oleh-oleh khas Bali selanjutnya adalah kerajinan perak dari Desa Celuk. Di Bali, ada desa Celuk di Gianyar yang memiliki popularitas sebagai sentra kerajinan logam tersebut. Banyak barang kerajinan yang terbuat dari perak, mulai dari miniatur sepeda motor hingga gantungan kunci.

Menemukan barang kerajinan terbuat dari perak juga tak sulit. Hampir semua toko souvenir di Bali memasarkan oleh-oleh khas Bali produk kerajinan desa Celuk ini. Tentunya berkunjung ke tempat asalnya akan lebih menarik. Harganya mulai dari Rp 25.000.

Kerajinan Kelapa

Selanjutnya ada kerajinan kelapa sebagai oleh-oleh khas Bali.  Kerajinan batok kelapa ini sudah jadi produk ekspor. Bentuknya juga macam-macam mulai dari nampan, piring, hingga kendi dan wadah hiasan.

Walau sudah menjadi cendera mata yang mendunia, harganya tetap sangat murah. Kamu bisa mendapatkan sebuah mangkuk batok kelapa kecil dengan harga Rp 10.000 saja. Komoditas ini masih banyak dikerjakan secara home industry. Walau begitu, kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Layang-layang Bali

Kamu bisa memberikan oleh-oleh satu ini untuk anak-anak. Selain bentuknya yang beragam, layang-layang khas Bali ini memiliki warna dan corak yang juga sangat menarik. Salah satu yang paling terkenal adalah layang-layang berbentuk kapal dan burung garuda.

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan layang-layang khas Bali ini di pusat oleh-oleh maupun di toko-toko di sepanjang jalan tempat wisata. Harga sebuah layang-layang akan bervariasi sesuai dengan ukurannya. Untuk layang-layang berukuran kecil bisa kamu beli mulai dari harga Rp 40.000-an saja.

Lanjutkan Membaca ↓