10 Cara Mengobati Amandel Secara Alami, Mudah dan Cepat

Oleh Liputan6.com pada 07 Nov 2019, 17:15 WIB
Gejala Amandel

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati amandel secara alami bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Amandel merupakan sebutan bagi orang awam dalam kasus bengkak atau membesarnya benjolan kanan dan kiri di belakang rongga mulut.

Amandel biasanya menyebabkan anak mengalami batuk-pilek terus menerus, susah makan, dan mudah sakit. Oleh karena itu para orangtua perlu tahu cara mengobati amandel secara alami. Pembengkakan amandel ini sering terjadi diakibatkan oleh infeksi virus dan/atau infeksi bakteri.

Dalam bahasa medisnya amandel disebut “tonsil”, yang berfungsi sebagai kekebalan tubuh dan menjaga dari kuman pathogen yang masuk ke pencernaan. Tonsil ini merupakan sepasang kelenjar getah bening yang berada di belakang tenggorokan. Apabila mengalami radang, maka disebut “tonsillitis” atau amandel dalam bahasa sehari-hari.

Biasanya orangtua akan kewalahan ketika anaknya mulai rewel karena radang yang mengganggu aktivitas si kecil. Pembengkakan tersebut akan memengaruhi kondisi imunitas anak, demam tinggi, sakit tenggorokan, sudah pasti sakit saat menelan, susah makan, lesu, susah nafas, hingga sakit di telinga. Selain segera ke dokter, cara mengobati amandel secara alami juga bisa dilakukan di rumah.

Sebenarnya amandel bisa sembuh sendiri tanpa operasi selama daya tahan tubuh si penderita bisa kuat, serta menjaga pola hidup terutama makanan. Tindakan operasi dapat diambil sebagai langkah terakhir ketika radang amandel sering kambuh, atau karena kedua amandel yang membengkak telah menutupi seluruh jalan ke kerongkongan.

Selain menghemat tenaga dan biaya, cara mengobati amandel secara alami ini sangatlah membantu sebagai alternatif sebelum menuju pemeriksaan dokter. Nah, berikut ini LIputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara mengobati amandel secara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

2 of 5

Cara mengobati amandel secara alami di rumah

Ilustrasi amandel (Foto: iStockphoto)
Ilustrasi amandel (iStockphoto)

1. Istirahat yang Cukup

Cara mengobati amandel secara alami yang pertama adalah cukup istirahat. Penderita amandel harus banyak istirahat, karena ini mampu membantu tubuh melawan infeksi virus atau bakteri. Tidak perlu memforsir diri dengan berbagai aktivitas berat, serta sebaiknya tidur nyenyak pada siang hari dan malam hari secukupnya.

2. Hindari Rokok

Bagi Anda yang menjadi perokok aktif, saat radang amandel sebaiknya kurangi kebiasaan merokok. Bagi penderita lain yang menjadi perokok pasif, hindarilah paparan asap rokok atau zat lain yang dapat menambah iritasi pada saluran pernapasan Anda.

3. Banyak Minum

Cara mengobati amandel secara alami bisa juga dengan memperbanyak asupan cairan bagi tubuh, bisa dengan mengonsumsi minuman hangat, sup, kaldu, dan teh hangat. Saat sedang radang amandel sering-seringlah untuk minum air hangat. Sediakan air minum dalam botol besar yang selalu Anda bawa sambil nonton TV atau di samping tempat tidur, supaya ingat untuk memperbanyak cairan tubuh.

3 of 5

Cara mengobati amandel secara alami yang cepat

4. Gunakan Humidifier

Udara kering di ruangan rumah Anda akan memperlambat proses kesembuhan radang tenggorokan, serta memperparah iritasi. Cara mengobati amandel secara alami gunakanlah humidifier sebagai alat pelembab ruangan. Hal ini akan membantu menenangkan ketidaknyamanan pada amandel, terutama bila digunakan pada malam hari. Tidur ditemani humidifier akan sangat baik meredakan amandel.

5. Berkumur Air Garam

Cara mengobati amandel secara alami yang mudah selanjutnya ialah dengan berkumur-kumur menggunakan air garam. Anda bisa melarutkan garam dalam segelas air hangat, kemudian kumur dengan menengadahkan kepala beberapa saat, lalu ludahkan. Lakukan hal ini beberapa kali, guna mengurangi rasa sakit sementara pada amandel.

6. Konsumsi Jeruk Nipis

Jeruk nipis atau lemon merupakan bahan alami dan buah yang mudah dijumpai. Dikenal memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan anti inflamasi jeruk nipis bisa digunakan sebagai salah satu cara mengobati amandel secara alami.

Kandungan vitamin C yang tinggi akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Cara meraciknya pun mudah:

- Air hangat, ingat ya bukan panas atau dingin

- Kemudian tambah perasan air jeruk nipis atau lemon (sesuai kebutuhan Anda)

- Tambah 2 sendok teh madu dan sedikit garam

- Minumlah ramuan sederhana ini 2 kali sehari selama beberapa hari

4 of 5

Cara mengobati amandel secara alami yang mudah

radang-amandel-130724c.jpg
radang amandel

7. Makan Buah Tin (Ara)

Buah berwarna ungu kemerahan yang dikenal sebagai “buah surga” ini ternyata memiliki manfaat luar biasa dalam mengobati amandel secara alami. Mengapa buah tin atau ara ini bisa membantu? Karena ia memiliki kandungan lendir mucilage yang tinggi sehingga mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat tonsillitis atau amandel itu.

Cara mengonsumsi buah tin sebagai cara mengobati amandel secara alami:

- Rebus 3 buah tin yang masih segar atau yang sudah dikeringkan

- Setelah matang, ambil dan haluskan seperti bubur

- Campurkan dengan 1 sendok makan madu

- Makanlah racikan ini 2 atau 3 kali sehari

8. Minum Jus Jambu Biji

Selain enak dan menyegarkan, jus jambu biji juga termasuk nominasi cara mengobati amandel secara alami. Buah jambu memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, serta dipercaya mampu membantu mempercepat penyembuhan. Konsumsilah jus jambu biji setiap hari untuk membantu meringankan sakit amandel.

5 of 5

Cara mengobati amandel secara alami lainnya

9. Kumur dan Minum Cuka Apel

Selain bermanfaat menjaga kesehatan jantung, sari cuka apel juga baik untuk membantu menyembuhkan radang amandel. Cara mudahnya ialah dengan mencampur 1 sendok makan cuka apel dengan air hangat, kemudian berkumur-kumur sambil menengadahkan kepala, lalu telan perlahan.

Jika tidak terbiasa dengan rasa kecut cuka apel yang menusuk, Anda bisa menambahkan 1 sendok makan madu untuk membuatnya lebih nikmat.

10. Makan Bawang Putih

Sudah ribuan tahun bawang putih dipercaya sebagai senyawa antioksidan, antibakteri, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Itulah alasan bawang putih layak menjadi cara mengobati amandel secara alami. Berikut ini caranya:

- Anda bisa memakan 1 siung secara utuh

- Kalau khawatir dengan rasa “pengar” yang menyengat dari bawang putih, bisa dimakan 1 siung langsung dengan air putih seperti anda meminum obat tablet

- Cara lainnya, gepreklah 2 siung bawang putih lalu rebus selama 5 menit

- Kemudian saring air bawang putih

- Boleh ditambahkan 1 sendok teh madu dan sedikit perasan lemon untuk menambahkan rasa manis segar, serta mengurangi efek menyengat si bawang putih.

 

(Reporter: Kurnia Azizah)

Lanjutkan Membaca ↓