Cara Membuat Blog, Mudah dan Praktis untuk Anak Muda

Oleh Liputan6.com pada 07 Nov 2019, 14:00 WIB
Ilustrasi Blogging

Liputan6.com, Jakarta Blog kini semakin banyak digunakan masyarakat. Selain dijadikan tempat untuk curhat, kini blog berkembang sebagai sarana bagi anak muda untuk memberikan informasi kepada orang lain.

Blog merupakan website berisi konten personal dengan bentuk artikel, gambar, hingga video yang dibuat oleh penulis blog, bahkan juga bisa menambahkan link ke website lain. Blog masa kini biasanya tidak hanya ditulis oleh satu penulis saja, namun bisa beberapa penulis untuk mengelola blog.

Fungsi dari blog sangat beragam, misalnya digunakan untuk media publikasi sebuah kampanye, program media, dan catatan harian. Jadi, blog ini sangat cocok digunakan bagi orang yang suka menulis, membuat konten, dan akrab dengan media sosial.

Jika Anda tertarik membuat blog, berikut caranya seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (7/11/2019).

2 of 7

1. Menentukan Topik Utama

Ilustrasi blog
Menulis blog

Topik utama adalah bagian paling penting dalam suatu blog. Tentunya dengan menentukan topik utama akan mempunyai fokus dan tidak berantakan. Untuk menentukan topik utama, pastikan sudah sesuai dengan hobi dan kesukaan Anda, karena blog akan dikelola dalam waktu yang lama.

Dengan begitu, Anda tidak akan terbebani oleh pembuatan kontennya. Tidak memiliki topik utama merupakan hal fatal bagi sebuah blog, berikut adalah macam pilihan ide yang saat ini sedang trend dan bisa Anda jadikan topik utama:

- Blog Tutorial

- Blog Food

- Blog Travelling

- Blog Review sebuah Produk

- Blog Kesehatan

- Blog Fashion

- Blog Riset

- Blog Lifestyle

- Blog Pribadi

3 of 7

2. Memilih Platform

Memangku Laptop
Ilustrasi Foto Memangku Laptop (iStockphoto)

Cara selanjutnya adalah memilih platform, merupakan cara yang lebih teknis dalam pembuatan blog. Platform dalam blog adalah media yang akan digunakan untuk mengelola blog, mulai dari mempublish hingga proses optimasi blog.

Pastikan memilih platform yang terbaik. Seiring dengan perkembangan zaman, membuat blog tidak harus dihadapkan dengan kode rumit untuk membuat kualitas blog yang bagus. Saat ini membuat blog lebih mudah karena adanya platform seperti Blogspot juga WordPress.

Jika Anda kurang suka dengan sesuatu yang agak rumit, maka pilihlah WordPress sebagai platform, selain mudah digunakan, platform ini juga berkualitas baik sehingga banyak perusahaan besar yang sudah menggunakannya, seperti Disney salah satunya.

4 of 7

3. Memilih Layanan Hosting

Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop. Kredit: StartupStockPhotos via Pixabay
Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop

Diperlukan adanya hosting untuk menggunakan Blogspot atau WordPress. Hosting merupakan tempat penyimpanan semua file data. Mulai dari gambar, audio, video, tema, teks, dan pengaturan. Sebelum memilih layanan hosting, Anda harus mengetahui perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org.

Jika Anda memilih menggunakan WordPress.com hosting akan otomatis disediakan oleh platform, berbeda jika Anda menggunakan WordPress.org, maka Anda harus menyewa hosting secara mandiri.

5 of 7

4. Menentukan Nama Domain

Ilustrasi mengetik
Ilustrasi mengetik surat (sumber:Pixabay)

Sebisa mungkin Anda menentukan domain yang familiar dan mudah diingat. Misalnya seperti Merdeka, dengan nama domain merdeka.com. Domain sendiri adalah alamat untuk mengakses website Anda. Dan berikut merupakan nama domain yang biasa digunakan:

.co

.id

.net

.org

.com

.id

6 of 7

5. Menginstall WordPress.org

WordPress.org dapat di install dengan mudah oleh penggunanya, berikut caranya:Login cPanel (melalui tautan yang dikirim lewat email, missal: http://merdeka/cpanel)Bukalah Softaculous Installer, kemudian klik

- log WordPress

- Kemudian klik “Install Now”

- Pilihlah Domain yang Anda inginkan

- Isi Detail Website yang tersedia

- Masukkan username dan password

- Pilihlah tema sesuai dengan selera (semenarik mungkin)

- Instalasi selesai

7 of 7

6. Memahami Dasar WordPress

Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan WordPress. Jadi setelah Anda sudah melakukan instalasi, langkah selanjutnya adalah login ke WordPress admin area. Dengan begitu Anda dapat mengakses seluruh konten yang ada pada blog Anda. Dan berikut merupakan cara untuk login ke WordPress admin area:

Bagi Anda yang sudah membuat suatu blog, tentunya nanti tidak akan asing dengan SEO. Karena SEO juga sesuatu yang penting dalam blog. Sebenarnya apa itu SEO? Merupakan singkatan dari Search Engine Optimization.

SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis bertujuan untuk meningkatkan volume serta kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencarian.

SEO ini juga memiliki tujuan yaitu menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci atau keywords tertentu yang sudah ditargetkan. Hal ini akan terlihat ketika blog Anda sudah menduduki posisi di halaman pertama di Google.

Jika itu terjadi, maka peluang blog Anda mendapatkan banyak pengunjung akan sangat besar. Jadi untuk membuat konten yang ada di blog Anda, usahakan Anda sudah mengenali SEO lebih dalam, karena akan sangat membantu viewers pada blog.

 

Reporter: Billy Adytya Kurniawan

Lanjutkan Membaca ↓