Perbedaan Headset, Headphone dan Earphone yang Sering Salah Sebut

Oleh Husnul Abdi pada 07 Nov 2019, 14:40 WIB
Perbedaan Headset, Headphone dan Earphone yang Sering Salah Sebut

Liputan6.com, Jakarta Masih banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan headset, headphone, dan earphone. Hal ini mengakibatkan banyak yang salah sebut dan salah menyangkan headset sebagai earphone, begitu pula sebaliknya.

Walaupun memang memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda, yaitu sebagai perangkat untuk mendengarkan suara langsung ke telinga, ada beberapa perbedaan antara perangkat-perangkat tersebut.

Perbedaan headset, headphone dan earphone yang sering salah sebut perlu kamu ketahui agar tidak salah dalam membeli nantinya. Kamu juga harus mengerti apa saja fitur yang dimiliki masing-masingnya agar bisa memilih sesuai kebutuhan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/11/2019) tentang perbedaan headset, headphone dan earphone. 

2 of 5

Headset

Perbedaan Headset, Headphone dan Earphone yang Sering Salah Sebut
Headset (Sumber: Pixabay)

Headset merupakan gabungan dari headphone dan mikrofon atau lebih jelasnya memiliki 2 device, yaitu input (untuk berkomunikasi) dan output (untuk mendengarkan). Perangkat input di headset adalah mikrofon dan perangkat outputnya adalah speaker.

Melihat bentuknya yang besar dan menutupi telinga, headset merupakan alat yang ditujukan untuk perangkat yang lebih besar. Bentuknya ini mendukung kamu untuk mendengarkan suara dengan lebih maksimal. Biasanya di sebelah kanan atau kiri speaker aka nada mikrofon kecil sebagai output dari headset ini.

Penggunaan headset lebih sering digunakan pada perangkat PC dan laptop dibandingkan pada perangkat mobile. Headset biasanya dipasangkan dengan PC dan di gunakan untuk video chat, video call, skype, game, dan lain-lain.

Headset juga biasanya memiliki 2 jack yang berguna untuk input pada mikrofon, dan output pada speaker. Seiring dengan perkembangan teknologi, fitur yang dimiliki oleh heaset pun sudah jauh berkembang. Sekarang ada headset yang telah memiliki fitur bluetooth dan USB yang terintegrasi di dalamnya.

3 of 5

Headphone

Perbedaan Headset, Headphone dan Earphone yang Sering Salah Sebut
Headphone (Sumber: Pixabay)

Selanjutnya, selain headset ada headphone yang memiliki bentuk dan desain yang tidak jauh berbeda dengan headset. Perbedaan paling kentara dari kedua perangkat ini adalah headphone tidak memiliki mikrofon.

Oleh karena itu, headphone hanya bisa digunakan untuk mendengarkan, namun tdiak untuk berbicara atau berkomunikasi. Headphone juga biasanya digunakan untuk keperluan pekerjaan profesional, seperti editing audio atau video. Banyak juga sekarang variasi desain headphone yang menarik dan sering digunakan untuk mendengarkan musik.

4 of 5

Earphone

Perbedaan Headset, Headphone dan Earphone yang Sering Salah Sebut
Earphone (Sumber: Pixabay)

Selanjutnya adalah earphone. Earphone merupakan salah satu perangkat yang mungkin paling sering kamu gunakan pada smartphone. Memiki fungsi sama dengan headphone, earphone memiliki bentuk yang lebih simpel. Hanya perlu menyumbatkannya pada telinga kamu dan bisa dibawa kemana-mana.

Earphone memiliki bentuk yang lebih kecil sehingga lebih ringkas dan mudah dibawa kemana mana. Bahkan akan lebih nyaman digunakan dibandingkan headphone yang ukurannya lebih besar.

Sekilas earphone memiliki kemiripan dengan handsfree, tapi tanpa menggunakan tombol audio tambahan.

5 of 5

Handsfree

Perbedaan Headset, Headphone dan Earphone yang Sering Salah Sebut
Hansfree (Sumber: Pixabay)

Sedangkan yang terakhir ada Handsfree. Handsfree adalah jenis earphone yang diberi tambahan beberapa alat tertentu, seperti mikrofon dan tombol fungsi. Dari segi bentuk dan desain, handsfree sangat mirip dengan earphone.

Tombol fungsi pada handsfree biasanya digunakan untuk menerima atau memutuskan panggilan, atau digunakan saat sedang memutar media, tombol ini digunakan untuk memainkan atau menghentikan.

Begitulah perbedaan headset, headphone, earphone, dan handsfree yang sering salah sebut. Dengan mengetahui berbagai ciri dan bentuk dari perangkat-perangkat tersebut, kamu tentunya tidak akan salah lagi dalam menyebutkannya. Jadi mulai sekarang kalau mau meminjam earphone jangan bilang headset lagi ya!

Lanjutkan Membaca ↓