Jenis-Jenis Kapasitor Beserta Gambarnya, Komponen Elektronika Penting

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 07 Nov 2019, 14:20 WIB
Kapasitor

Liputan6.com, Jakarta Jenis-jenis kapasitor beserta gambarnya menjadi bagian penting dalam komponen elektronika. Kapasitor adalah perangkat yang menyimpan energi listrik di medan listrik. Alat ini merupakan komponen elektronik pasif dengan dua terminal.

Kapasitor juga kerap disebut kondensor atau kondensator. Bentuk fisik dan konstruksi kapasitor sangat bervariasi. Ada beberapa jenis-jenis kapasitor beserta gambarnya yang dikenal secara umum. Kapasitor dibagi menjadi dua kelompok mekanik. Kapasitor tetap dengan nilai kapasitansi tetap dan kapasitor variabel dengan nilai kapasitor variabel (trimmer) atau dapat disesuaikan.

Jenis-jenis kapasitor beserta gambarnya terbagi berdasarkan bentuk, gaya, panjang, ketebalan, dan dari banyak bahan. Jenis-jenis kapasitor beserta gambarnya ini semua mengandung setidaknya dua konduktor listrik dipisahkan oleh lapisan isolasi.

Kapasitor banyak digunakan sebagai bagian dari rangkaian listrik di banyak perangkat listrik umum. Mengenal jenis-jenis kapasitor beserta gambarnya cukup penting untuk memiliki kapasitor mana yang tepat. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis kapasitor beserta gambarnya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (7/11/2019).

2 of 7

Kapasitor keramik

Kapasitor keramik
Kapasitor keramik (sumber: Wikimedia Commons)

Jenis-jenis kapasitor beserta gambarnya yang pertama adalah kapasitor keramik. Kapasitor keramik adalah kapasitor bernilai tetap di mana bahan keramik bertindak sebagai dielektrik. Kapasitor ini dibentuk dari dua atau lebih lapisan bolak-balik dari keramik dan lapisan logam yang bertindak sebagai elektroda. Komposisi bahan keramik menentukan perilaku listrik.

Bentuknya ada yang bulat tipis, ada yang persegi empat berwarna merah, hijau, coklat dan lain-lain. Dalam pemasangan di papan rangkaian (PCB), kapasitor boleh dibolak-balik karena tidak mempunyai kaki positif dan negatif.

3 of 7

Kapasitor poliester

Kapasitor poliester
Kapasitor poliester (sumber: watelectrical)

Kapasitor poliester adalah kapasitor yang terdiri dari pelat logam dengan film poliester di antaranya, atau film berlapis logam disimpan pada isolator. Kapasitor poliester dianggap sebagai standar untuk banyak aplikasi DC dimana biaya adalah pertimbangan utama untuk nilai toleransi yang rendah.

Sebuah kapasitor Polyester menawarkan nilai toleransi yang sangat rendah, yang setara dengan 5% atau 10%. Kapasitor ini menggunakan lapisan logam dan dielektrik atau polyester Mylar untuk membuat berbagai nilai kapasitansi. Film poliester ditempatkan di antara dua pelat kapasitor ini.

4 of 7

Kapasitor kertas

Kapasitor kertas
Kapasitor kertas (sumber: wikimedia commons)

Kapasitor kertas ini sering disebut juga kapasitor padder. Kapasitor kertas adalah kapasitor yang menggunakan kertas sebagai dielektrik untuk menyimpan muatan listrik. Komponen ini terdiri dari lembaran aluminium dan lembaran kertas. Lembar kertas ditutup atau direndam dengan minyak atau lilin untuk melindunginya dari lingkungan luar yang berbahaya.

Kapasitor kertas adalah jenis kapasitor tetap yang berarti kapasitor ini menyediakan kapasitansi tetap (kapasitansi berarti kemampuan untuk menahan atau menyimpan muatan listrik). Dengan kata lain, kapasitor kertas adalah jenis kapasitor tetap yang menyimpan jumlah muatan listrik tetap.

5 of 7

Kapasitor elektrolit

Kapasitor elektrolit
Kapasitor elektrolit (sumber: wikimedia commons)

Kapasitor elektrolit memiliki anoda logam yang ditutupi dengan lapisan teroksidasi yang digunakan sebagai dielektrik. Elektroda kedua adalah elektrolit non-padat (basah) atau padat. Kapasitor elektrolit terpolarisasi.

Kapasitor elektrolit mempunyai dua kutub kaki berpolaritas positif dan negatif, ditandai oleh kaki yang panjang positif sedangkan yang pendek negatif atau yang dekat tanda minus ( - ) adalah kaki negatif.

Kapasitansi besar per satuan volume kapasitor elektrolit membuatnya berharga dalam sirkuit listrik frekuensi tinggi dan arus rendah. Kapasitor ini biasa digunakan pada AC atau sebagai kapasitor kopling pada amplifier audio, untuk melewatkan atau memintas sinyal frekuensi rendah dan menyimpan energi dalam jumlah besar.

6 of 7

Kapasitor variabel

Kapasitor variabel
Kapasitor variabel (sumber: wikimedia commons)

Kapasitor variabel adalah kapasitor yang kapasitansinya dapat sengaja dan berulang kali diubah secara mekanis atau elektronik. Kapasitor variabel sering digunakan dalam sirkuit L / C untuk mengatur frekuensi resonansi. Misalnya digunakan untuk menyetel radio atau pencocokan impedansi pada antena tuner.

Kapasitor variabel termasuk kapasitor yang menggunakan konstruksi mekanis untuk mengubah jarak antara pelat, atau jumlah luas permukaan pelat yang tumpang tindih. Mereka kebanyakan menggunakan udara sebagai media dielektrik. Kondensator ini dapat berubah kapasitasnya karena secara fisik mempunyai poros yang dapat diputar dengan menggunakan obeng.

7 of 7

Supercapacitor

Supercapacitor
Supercapacitor (sumber: powerelectronics)

Supercapacitor kadang-kadang disebut ultracapacitor adalah istilah umum untuk kapasitor double-layer listrik (EDLC), pseudocapacitors dan hybrid kapasitor. Supercapacitor tidak memiliki dielektrik padat konvensional. Nilai kapasitansi kapasitor elektrokimia ditentukan oleh dua prinsip penyimpanan, yang keduanya berkontribusi pada total kapasitansi kapasitor.

Super kapasitor menyimpan banyak energi. Superkapasitor dibuat dari karbon aerogel, karbon nanotube, atau bahan elektroda yang sangat berpori, menawarkan kapasitansi yang sangat tinggi.Super kapasitor menjembatani kesenjangan antara kapasitor konvensional dan baterai isi ulang. Mereka memiliki nilai kapasitansi tertinggi yang tersedia per satuan volume dan kepadatan energi terbesar dari semua kapasitor.

Lanjutkan Membaca ↓