Sukses

Menurut Ahli, Ini Alasan Sisi Kiri Wajah Lebih Menarik saat Difoto

Penelitian ungkap sisi kiri wajah dianggap lebih menarik untuk difoto karena berkaitan dengan emosi pada manusia.

Liputan6.com, Jakarta Selfie sudah menjadi bagian dari kehidupan sebagian besar orang. Selain menjadi bentuk ekspresi diri dan kesenangan pribadi, generasi milenial juga menjadikan selfie sebagai tolak ukur eksistensi diri di sosial media. Jadi, jangan heran kalau banyak foto selfie bertebaran di media sosial.

Bahkan seiring perkembangan zaman, gaya selfie pun ikut berkembang. Tapi bagi kalian yang suka selfie pasti tidak sadar kalau setiap foto selfie yang diambil dari sisi kiri wajah selalu terlihat lebih menarik saat difoto.

Menurut para ahli fenomena semacam ini disebut sebagai 'left side bias' atau bias di sisi kiri. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh dosen senior di bidang neuropsikologi eksperimental di La Trobe University, Melbourne, Annukka Lindell menemukan bahwa sisi kiri wajah memiliki hubungan dengan bagaimana otak memproses emosi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sisi Kiri adalah Sisi Terbaik

Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa memang banyak orang suka menampilkan sisi kiri saat selfie, seperti yang Liputan6.com lansir dari US National Library of Medicine, Kamis (7/11/2019). Kebiasaan tersebut sudah menjadi kesadaran setiap orang, bahwa sisi kiri merupakan yang terbaik saat berfoto.

Untuk menyelidiki sisi wajah mana yang sering ditunjukkan orang saat melakukan selfie, Annukka Lindell, dosen senior di bidang neuropsikologi eksperimental di La Trobe University, Melbourne, menjelajah Instagam menggunakan hastag "selfie" (#selfie).

Mereka menganalisis 100 foto selfie terbaru yang dibagikan oleh 100 laki-laki dan 100 perempuan pengguna Instagram. Ini artinya, ada 2.000 foto selfie yang diamati. Lindell mencatat ada 779 foto selfie atau 41 persen yang menampilkan sisi kiri wajah.

Kemudian, orang yang selfie menampilkan sisi kanan wajah ada 686 foto. Sedang sisanya, 535 foto diambil dari depan.

"Kecenderungan untuk berulang kali melakukan pose yang sama saat selfie menunjukkan bahwa hal tersebut sudah menjadi kesadaran mana sisi terbaik," tulis Lindell dalam studi yang terbit di jurnal Frontiers in Psychology.

3 dari 3 halaman

Rahasia Sisi Kiri Wajah

Dari penelitian tersebut, sisi kiri wajah dianggap lebih menarik untuk difoto karena berkaitan dengan emosi pada manusia. Sisi kiri wajah kita menunjukkan lebih banyak ekspresi, terutama ketika sedang tersenyum dan merasa bahagia.

Hal itu disebabkan karena sisi kanan otak adalah bagian yang mengendalikan semua emosi serta ekspresi kita. Sisi kiri wajah adalah area eksklusif karena terdiri dari otot khusus, yang mampu mengirimkan emosi yang unik.

Fakta ini tak lepas dari kenyataan kalau ekspresi wajah kiri dipengaruhi oleh otak kanan yang cenderung berpikir secara visual. Bahkan sebanyak 60 persen lukisan sejak abad ke-14 menunjukkan wajah yang dilukis dari sisi kiri modelnya. Lukisan ini termasuk potret wajah Monalisa, yang dilukis oleh Leonardo da Vinci.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.