Sukses

4 Gerakan Sederhana untuk Mengecilkan Perut Buncit

Gerakan sederhana untuk mengecilkan perut buncit efektif dilakukan dimana saja

Liputan6.com, Jakarta Gerakan sederhana untuk mengecilkan perut buncit bisa dilakukan di rumah. Kamu bisa melakukannya di mana saja, karena gerakan-gerakan ini tidak memerlukan alat khusus dan tidak perlu area yang luas. 

Selain itu, melakukan gerakan sederhana ini juga tidak akan menghabiskan waktumu karena bisa dilakukan dalam beberapa waktu saja, asalkan sesuai dengan porsi latihan kamu. Dengan begitu, kamu tidak akan kewalahan lagi dalam mengatasi perut buncit.

Gerakan sederhana untuk mengecilkan perut buncit efektif dilakukan dimana saja. Dengan berbagai langkah yang cukup mudah dilakukan dan waktu yang tidak terlalu lama, kamu bisa mendapatkan kembali perut rata yang tidak buncit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (31/10/2019) tentang gerakan sederhana untuk mengecilkan perut buncit

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sit up

Gerakan sederhana yang pertama tentunya adalah gerakan sit up. Sit-up bisa jadi gerakan sederhana yang ampuh mengecilkan perut jika rutin dilakukan. Berikut cara melakukannya:

- Pertama, berbaring telentang di lantai beralas matras.

- Tekuk lutut dengan telapak kaki menapak di lantai, atau tahan kaki tertekuk menggantung di udara.

- Lalu, silangkan lengan di depan dada, atau menaruhnya di belakang leher atau kepala.

- Angkat bahu kamu menuju langit-langit menggunakan otot perut dan berhenti setelah sampai agak ke atas. Kamu harus memperhatikan agar punggung kamu tidak terangkat, karena hal tersebut bisa menyebabkan otot punggu menjadi tertarik dan cedera.

- Kembalikan tubuh ke posisi berbaring, lalu ulangi lagi.

3 dari 5 halaman

Cross Crunch

Cross crunch juga bisa dijadikan gerakan sederhana untuk mencegilkan perut selanjutnya. Selain membuang lemak, gerakan sederhana mengecilkan perut ini sekaligus membuat otot paha dan punggung kamu jadi semakin kuat. Begini cara melakukannya:

- Berbaring telentang dengan tangan dan kaki diagonal keluar, sehingga tubuh kamu membentuk huruf “X”.

- Jaga lengan dan kaki lurus, kemudian bawa tangan kanan ke arah kaki kiri kamu, kemudian tangan kiri ke arah kaki kanan kamu, lalu angkat kepala, leher, dan bahu dari tanah.

- Lakukan sebanyak satu set atau 10 repetisi lengkap.

Dalam melakukan Cross Crunch ini, kamu perlu untuk berhati-hati karena walaupun gerakannya sederhana, jika kamu melakukan gerakan yang salah, maka dapat mengakibatkan cedera.

4 dari 5 halaman

Side Plank

Selain sit up, kamu juga bisa melakukan side plank. Berbeda dengan plank biasa, olahraga mengecilkan perut ini akan menantang kamu menopang berat badan pada dua titik saja, yakni kaki dan siku.

Gerakan ini akan membuat otot inti tubuh, termauk perut dan punggung bekerja lebih keras sehingga postur jadi lebih stabil. Begini cara melakukan side plank:

- Mulai dari salah satu sisi

- Posisi siku tepat berada di bawah bahu dan lengan tegak lurus dengan tubuh.

- Lalu, luruskan kaki kamu dan tumpuk keduanya. Atau kamu bisa juga menempatkan satu kaki lebih ke depan daripada kaki sisi lainnya.

- Selanjutnya, kontraksikan otot perut dengan mengangkat pinggul yang masih menempel dengan lantai sampai tubuh benar-benar terangkat dan lurus dari bahu hingga kaki.

- Tahan posisi menahan pinggul ini selama 30-45 detik. Kemudian turunkan kembali, dan ulangi beberapa kali.

- Ulangi pada sisi sebaliknya.

5 dari 5 halaman

Leg Raise

Gerakan sederhana selanjutnya untuk mengecilkan perut buncit adalah leg raise. Pada gerakan ini, kamu harus bisa menaikkan kaki ke atas tanpa menekuknya sama sekali. Diperlukan kekuatan dari otot perut yang sangat besar di gerakan ini. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

- Berbaring telentang di lantai dengan kedua tangan di kedua sisi kanan dan kiri. Telapak menghadap ke lantai.

- Kemudian arahkan jari tangan kamu terbuka ke luar sambil mengangkat kedua kaki ke atas.

- Naikan kaki hingga tubuh membentuk sudut 90 derajat dengan lantai. Ketika mengangkat kaki, jangan sampai lutut menekuk

- Tahan pose ini selama beberapa detik.

- Perlahan turunkan kaki kamu ke lantai.

- Ulangi gerakan ini sebanyak 2-3 set dengan pengulangan 10 kali tiap setnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini