Sukses

5 Makanan Ini Bantu Bersihkan Pembuluh Darah, Jaga Kesehatan Jantung

Hindari plak pada pembuluh darah agar tak terjadi penyakit jantung.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan jantung. Menjaga kesehatan jantung merupakan salah satu kunci untuk hidup sehat hingga tua. Namun, tak banyak orang yang peduli dengan kesehatan jantung.

Tak sesulit yang dibayangkan, ternyata menjaga kesehatan jantung sangat mudah. Salah satunya dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Mengonsumsi makanan merupakan cara termudah untuk menjaga kesehatan jantung.

Penting untuk menjaga kesehatan jantung karena rawan terkena plak pada pembuluh darah. Plak ini mengakibatkan jantung koroner, yang merupakan penyakit jantung dengan angka sangat tinggi di dunia.

Plak tersebut terbentuk akibat kolesterol jahat (LDL) yang terakumulasi dalam jangka waktu tertentu. Adanya plak pada pembuluh darah koroner jantung menyebabkan terjadinya penyumbatan dan pengerasan yang mengakibatkan fungsi jantung menurun secara perlahan hingga rusak total.

Sebelum terlambat, maka penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah jantung. Berikut ini ada lima makanan yang bisa bantu membersihkan pembuluh darah yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (31/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Alpukat

Alpukat punya kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, alpukat juga mengandung elektrolit bernama potasium yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan pengapuran pembuluh darah.

Senyawa ini bisa mencegah terjadinya hipertensi alias tekanan darah tinggi, sehingga menjaga kesehatan pembuluh darah.

3 dari 6 halaman

Ikan

Ikan memiliki kandungan lemak sehat yang mampu melindungi kesehatan pembuluh darah dan jantung. Salah satu jenis lemak yang terkandung dalam ikan adalah omega-3.

Omega-3 dikenal sebagai lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah, sehingga mengurangi risiko serangan jantung. Jenis ikan lainnya yang memiliki kandungan omega-3 adalah tuna, salmon, dan makerel.

4 dari 6 halaman

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga kaya akan lemak tak jenuh, vitamin, serat, dan antioksidan. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga merupakan makanan sehat untuk jantung dan pembuluh darah jika diolah dengan cara yang benar.

Hindari untuk mengolah atau megonsumsi kacang-kacangan yang digoreng. Karena pengolahan kacang dengan digoreng bisa merusak manfaat sehatnya.

Kamu bisa mengonsumsi aneka kacang-kacangan seperti kacang almon, kacang tanah, kedelai, dan kacang mede. Jenis kacang-kacangan ini dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah apabila diolah dengan dikukus atau direbus.

5 dari 6 halaman

Jeruk dan Delima

Jeruk dan delima (pomegranate) merupakan jenis buah yang kaya akan vitamin C. Buah ini memiliki kemampuan antioksidan yang mampu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Kalau kamu mengonsumsi buah-buahan ini secara rutin dan teratur, kedua buah ini dapat mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah.

6 dari 6 halaman

Gandum Utuh

Gandum utuh baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah karena mengandung serta tinggi yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Serealia gandum, oatmeal, atau roti gandum utuh dapat dijadikan sebagai sumber karbohidrat utama, khususnya bagi kamu yang ingin terhindar dari penyakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini